Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

ASEAN Youth Philately and Tourism Expo 2012

Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) Cabang Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan filateli yang diberi nama ASEAN Youth Philately and Tourism Expo 2012. Acara ini diselenggarakan di Mal Malioboro, Yogyakarta, hari Rabu hingga Minggu, 18-22 April 2012. Acara yang berisi berbagai kegiatan ini diselenggarakan oleh PFI Yogyakarta bekerja sama dengan berbagai pihak, yaitu PT Pos Indonesia, Kementerian Kominfo, Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Sleman, Panitia Indonesia 2012, dan Pos Malaysia. Kegiatan yang akan diselenggarakan juga lumayan lengkap, yaitu: Philately and Culture Workshop, City Tour, Visiting Museum, Speech Competition, Blogger Competition, dan sudah barang tentu pameran dan bursa filateli, termasuk numismatik.

Follow our Twitter: @FilateliJogja

Info lebih lanjut, kontak: Uul : +6281726867, Hendro : +62812271109, Romadhon Hariyanto : +62818523375, Tovic : +6281802799911

15/04/2012 Posted by | Filateli, Pameran, Pos | , , , | 2 Komentar

Pameran Indonesia 2012: World Stamp Championship

Indonesia akan menjadi tuan rumah pameran filateli dunia yang diberi nama INDONESIA 2012 World Stamp Championship. Tema yang diusung adalah “Bridging to the World of Peace through Stamps”. Pameran ini diselenggarakan atas kerjasama Perkumpulan Filatelis Indonesia, PT Pos Indonesia, dan Federation Internationale de Philatelie (FIP). Pameran akan diselenggarakan pada tanggal 18-24 Juni 2012 bertempat di Jakarta Convention Center.

Baca lebih lanjut

13/03/2012 Posted by | Filateli, Informasi, Pameran, Pos | , , | 4 Komentar

JOGJA STAMP & NUMISMATIC SHOW 2011

PAMERAN FILATELI NASIONAL
“JOGJA STAMP & NUMISMATIC SHOW 2011”
30 Maret – 3 April 2011
Plaza Ambarrukmo Lt. 2 Yogyakarta

PT Pos Indonesa bekerjasama dengan Pengurus Daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia (PD PFI) DI Yogyakarta dan Plaza Ambarrukmo akan menggelar Pameran Filateli Nasional “Jogja Stamp & Numismatic Show 2011” sebagai awal campaign World Stamp Championship & Exhibition yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2012.

Dalam pameran kali ini akan kami hadirkan koleksi-koleksi terbaik Indonesia:
– Prangko Pertama Indonesia dan Dunia
– Koleksi – koleksi terbaik anak bangsa peraih Medali di tingkat Nasional maupun Internasional
– Benda filateli terbitan Nederlands Indie – Modern “Perjuangan Menegakkan Proklamasi RI Melalui Prangko”
– Uang ORI dengan judul “Oeang Repeblik Indonesia membingkai Jogjakarta sebagai ibukota RI”
– Media Tukar (Uang) Majapahit
– Koin Timah Kesultanan Palembang Abad XVI – XVII

Selain itu akan diluncurkan Prangko seri Batik & Tenun Nusantara #1 (penerbitan khusus menjelang kejuaraan dan pameran prangko dunia 2012), peringatan 146 tahun Prangko Indonesia, tour filateli pelajar-pelajar se-DIY, serta bursa dan pameran yang diikuti sekitar 20 booth holder (Filateli, Numismatic, Barang Antik & Kerajinan).

Pameran sedang dimohonkan untuk dibuka oleh Gubernur DIY Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono X. Mudah-mudahan beliau berkenan membuka pameran ini dan tidak ada tugas lain yang lebih urgen 🙂

Teman-teman para kolektor dari berbagai kota sudah memastikan kedatangannya, sehingga akan ada reuni yang meriah. Bagi para kolektor yang ingin melengkapi koleksi, juga akan disediakan konter penjualan benda-benda koleksi dan souvenir. Kami tunggu ya…

14/03/2011 Posted by | Informasi | , , , , , , | 4 Komentar

Pameran Filateli & Numismatik 2011

Perkumpulan Filatelis Indonesia Cabang Yogyakarta akan mengadakan pameran filateli dan numismatik. Pameran dilangsungkan di lantai 2 Ambarrukmo Plaza (depan Centro). Pameran akan dilangsungkan pada tgl 30 Maret-3 April 2011.

Pameran sedang dimohonkan untuk dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Di hari pameran nanti akan dipajang prangko pertama di dunia (Black Penny) dan prangko pertama di Indonesia. Selain itu juga akan dipajang koleksi2 anggota yang sudah meraih banyak medali di berbagai pameran di luar negeri.

Sudah barang tentu pameran ini akan dilengkapi dengan bursa benda2 koleksi, termasuk buku2 dan majalah. Lokadi pameran sangat bagus, karena di dalam mal tetmegah dan terbesar di Jateng & DIY. Kami tunggu kedatangan teman2 semua ya…

12/03/2011 Posted by | Filateli, Pameran, Prangko | , , | 4 Komentar

Bursa dan Seminar Filateli

Dear Fellow Philatelist,

A. Pertemuan rutin filateli di Semarang dilaksanakan pada setiap hari minggu ke-3. Meski banjir di sana sini, tapi untuk bulan Maret ini (hari ini, 21 Maret 2010) cukup ramai. Kejutannya, mungkin seperti di KFJ; stock-stock lama kantor pos yang dianggap berprospek baik – diborong tuntas oleh rekan-rekan kita. Rekan kita, Romadhon Hariyanto dari Surabaya, dan Anggoro dari Solo, juga kolektor-kolektor yang lama tertidur lelap, bangun lagi melengkapi koleksinya. Tiger effect, katanya! Jangan main borong, ya! Yang penting, aksi nyata (sekecil apapun) gerakkan filateli Indonesia! Tanpa aksi: sosialisasi dan promosi – transfer of knowledge – revitalisasi organisasi, maka main borong tersebut tak akan berguna!

B. Menurut info dari Surabaya, pertemuan rutin di beranda/ selasar/ teras kantor pos Surabaya (setiap minggu pertama dan kedua) pun mulai bermunculan filatelis-filatelis baru atau yang lama tertidur, sejak terbitnya seri Tahun Macan. Tiger effect, juga! Kepala Kantor Pos Surabaya (Kebonrojo), tolong rekan-rekan kita di Surabaya dan sekitarnya, diuwongake (lebih diperhatikan), sehingga pintu vestibule kantor pos Surabaya diijinkan dibuka untuk pertemuan rutin filateli. Ada Perjanjian Kerjasama antara Posindo dan PP PFI tentang pemanfaatan fasilitas Posindo dalam rangka pengembangan filateli, khan?! Bagaimana bisa menarik filatelis baru, kalau lokasi pertemuan rutinnya kelas kaki lima? Rekan-rekan kita dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Madiun, Tulung Agung, Kediri, Malang, Blitar, (Lasem, Jakarta, Bandung, Jogja, Solo), dll rutin minggu pertama dan kedua bertemu di lokasi (teras) tersebut.

C. Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur pun tak mau ketinggalan kereta. Menyambut peluang dan greget pengembangan filateli di tahun 2010, akan mengadakan seminar filateli bertema “Filateli dalam kaitannya dengan dunia pendidikan”, pada hari Rabu, 24 Maret 2010, bertempat di Hotel Utami, Jl. Raya Juanda, Sidoarjo, waktu pk 08.30 – 12.00 WIB. Pembicaranya, Bpk Agus Wahyudi (Posindo) dan Bpk Wing Wahyu Winarno (PFI-Filatelis). Contact Person: sdr Romadhon Hariyanto (Ketua PD PFI Jawa Timur).

Ayo koleksi prangko (lagi, secara jujur dan benar)!
Fellow philatelist, ayo berkiprah dan memberi warna filateli 2010 ke depan, yang tentu saja lebih pure pleasure, enjoy, fun, easy!

Philatelically yours,
AWmind-set
Agus Wibawanto, Semarang

22/03/2010 Posted by | Filateli, Informasi, Pertemuan, Pos | , | 7 Komentar

Pameran Filateli Yogyakarta 1983

Perkumpulan Filatelis Indonesia Cabang Yogyakarta mengadakan pameran filateli remaja pada tahun 1983. Berikut ini foto-fotonya, yang baru saja dibuka-buka oleh mbak Dona, yang dulu masih imut-imut, tetapi sekarang sudah menjadi seorang ibu rumah tangga yang sibuk. Bagi teman2 yang wajahnya muncul di sini, silahkan menyampaikan komentar ya…

Panitia Pameran Filatelis Yogyakarta 1983

08/03/2010 Posted by | Informasi | , | 12 Komentar

Pameran Filateli Johannesburg 2010

Anda yang senang mengikuti pameran filateli, terutama yang dilombakan, ada berita gembira nih. Pada tanggal 27-31 Oktober 2010 nanti, akan ada pameran dan lomba filateli tingkat internasional. Lomba diselenggarakan di Johannesburg, Afrika Selatan. Judul kegiatannya sih Stamp Exhibition, tetapi karena yang menyelenggarakan adalah anggota FIP dan FIAP, maka isinya tidak melulu prangko, tetapi menyangkut benda filateli juga.

Download ketentuan pameran

Syarat & ketentuan pameran

Pendaftaran pameran ditutup tanggal 31 Maret 2010, jadi supaya aman, sebaiknya dikirim jauh hari sebelumnya. Oh ya, pengiriman dari masing-masing negara FIAP/FIP sebaiknya dilakukan bersama-sama melalui seorang komisioner.

Aturan lengkap pameran dapat diunduh dengan mengklik gambar di sebelah ini, atau bisa juga ke situs http://www.wingit.co.cc lalu carilah di kotak download box.

Informasi lain yang berkaitan dengan pameran, dapat dibuka di http://www.joburg2010stampshow.co.za namun tetap tidak ada link untuk mengunduh syarat-syarat mengikuti pameran.

(Kontributor: Tono D. Putranto)

14/02/2010 Posted by | Filateli, Informasi, Pameran | , , , | Tinggalkan komentar

Pameran C & S di Yogyakarta

Karta Pustaka, Jln. Bintaran Tengah 16, Yogyakarta.
Rabu 11-15 November 2009

Logo 4

Setelah Philex 2009, Yogyakarta giliran berikutnya menyelenggarakan pameran prangko. Pameran diselenggarakan bersama oleh Pengurus Daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia DIY, PT Pos Indonesia (dalam hal ini Kantor Pos Besar Yogyakarta), LSM Society of Social (SOS), dan Karta Pustaka.

Pameran filateli ini diselenggarakan 11-15 November 2009 (hari Rabu – Minggu), dari jam 10:00 hingga 17:00. Menurut rencana, pameran akan dimohonkan untuk dibuka secara resmi oleh GKR Pembayun, selaku tokoh pemuda di DIY.

Pameran bersifat eksibisi atau pameran saja, tanpa ada perlombaan koleksi filateli. Direncanakan, ada 10 peserta yang berasal dari anggota PFI Cabang Yogyakarta. Selain pameran, juga akan diselenggarakan bursa filateli, konsultasi filateli, dan lomba menulis surat untuk siswa SD/SMP.

 

27/10/2009 Posted by | Informasi, Pameran | , | 1 Komentar

Jakarta International Philatelic Expo 2009

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, 28 Oktober s.d. 1 Nopember 2009

Jipex 2009

Jipex 2009

(Kiriman: Lisa Mulyana) Jakarta International Philatelic Expo 2009 adalah sebuah event pameran filateli tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI). Kegiatan ini akan menjadi ajang tertinggi untuk mengukur prestasi filatelis Indonesia agar dapat mengikuti ajang serupa di tingkat regional Asia Pasifik, maupun tingkat dunia, sekaligus dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi pariwisata Jakarta melalui pameran prangko.

Latar Belakang

Jakarta adalah salah satu kota yang banyak terkait dengan berbagai tema penerbitan prangko. Banyak artefak kebudayaan di Jakarta yang telah dicetak ke dalam prangko, namun tidak diketahui secara luas oleh masyarakat. Dengan banyaknya tema penerbitan prangko, dipastikan eksplorasi atas koleksi prangko dalam pameran menjadi menarik dan beragam. Hal ini dapat menjadikan daya tarik  kunjungan wisata jika dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Baca lebih lanjut

20/10/2009 Posted by | Filateli, Pameran | , , | 2 Komentar

Pameran Filateli Nov 2008

Bersamaan dengan pemberian medali dari Pameran Jakarta 2008 dan Sosialisasi Filateli, PFI Yogyakarta dan Kantor Pos Besar Yogyakarta juga menyelenggarakan Pameran Filateli selama 3 hari, yaitu dari Sabtu hingga Senin, 15-17 November 2008. Pameran diselenggarakan di selasar Kantor Pos Besar Yogyakarta.

pfi_0096 pfi_0097

Koleksi yang dipamerkan merupakan sebagian koleksi yang ikut dipamerkan (dan mendapat medali) di Pameran Jakarta 2008. Pengunjung cukup banyak, terutama pada hari Sabtu. Sayang sekali pameran ini kurang gencar promosinya, sehingga tidak banyak diketahui oleh warga masyarakat.

19/11/2008 Posted by | Pameran | , | 3 Komentar