pakupaku
Monday, 16.05.2005 23:49

Pendakian Gunung Sindoro [6]

Posted on Journey.

sindoro_797311.jpgbyeeer…. hujan yang tadinya gerimis menjadi sangat deras… membasahi tubuh kami berempat yang sudah kelelahan menyusuri jalan kembali ke basecamp di desa kedung gunung Sindoro… dan inilah puncak dari moodku yang ga nyaman……..

moodku ga begitu enak sebelumnya karena aku tau beberapa pikiran yang sempat berseliweran di pikiran masing-masing kami berempat.. ini membuatku semakin lelah.. dan kesal.. apalagi perjalanan pulang yang terkesan lambat… semakin membuat aku tahu banyak… beginilah kalo naek gunung dengan orang-orang yang baru kita kenal.. semua pikiran hanya dipenuhi dengan prasangka masing2…

rupanya hujan tau itu… dan menjatuhkan dirinya dalam perjalanan sepanjang basecamp….

———————————–

14.08
setelah persiapan apa adanya, termasuk memompa ban motor.. aku dan tiki langsung menuju magelang untuk bertemu dengan teman-teman tiki yang sudah menunggu di sman 1 magelang.

15.40
bertemu dengan teman-teman sma tiki.. anung, sahal, dan yogie.. tapi hanya sahal dan yogie yang ikut naek gunung.. si anung katanya lagi sakit. Sempat bingung juga untuk memutuskan gunung apa yang akan kami daki.. akhirnya tujuan ditetapkan yaitu gunung sindoro.
Kami pun berangkat dengan tak lupa membeli nasi bungkus buat entar sore.

17.35
akhirnya setelah sempat dicurangi oleh kenek bus dalam pergantian bus tadi, kami nyampe juga di basecamp kedung. btw.. medingan kalo naek bis ke basecamp pake bis yang dua pintu aja.. soalnya kalo yang satu pintu kadang-kadang curang tidak mau mengantar sampai tempat tujuan malah mengoper ke bis yang lebih besar dan kami harus membayar lagi.

di basecamp, aku menyesuaikan diri dengan hawa gunung Sindoro yang begitu dingin.. packing ulang.. dan makan nasi bungkus sembari bertukar cerita dengan yang lain…

19.40
ruangan basecamp semakin penuh dengan para pendaki yang mau naik.. beberapa diantaranya malah sudah memberangkatkan diri… setalah sedikit pemanasan kami berempat memulai perjalanan dengan foto dan doa bersama untuk keselamatan perjalanan tersebut.

20.20
perjalanan kami menempuh jalanan desa kemudian memasuki perkebunan tembakau yang panjang.. dan akhirnya kami sampe juga di pos I.. obrolan ringan menyertai perjalanan kami.. terutama si tiki yang cerewetnya minta ampun.. seakan-akan napasnya ga abis-abis.. aku menahan untuk tidak bicara banyak karena nafasku mulai tersengal.. mereka berjalan tanpa henti dan cepat.. biasanya aku jalan santai di perkebunan bakau dan beristirahat beberapa kali sambil menikmati tanah lapang yang luas, tapi kali ini benar-benar perjalanan yang cepat..

22.15
ladang tembakau mulai berganti dengan pohon-pohon semak. -hutan gunung sindoro telah habis terbakar beberapa tahun yang lalu. tidak ada pohon besar.. seperti waktu aku mendaki tahun 1997 yang lalu… dan tak terasa pos II telah kami lalui… dan perjalanan selanjutnya adalah jalanan dengan medan yang cukup berat.. berbatu dan menyusuri jalan air.. dan aku paling senang kalau sudah sampai sini.. bebas memilih pijakan yang aku mau..dan tak membosankan dari sekedar perjalanan menanjak.

23.40
kami memasuki pos III yang berupa tanah lapang.. disini banyak pendaki yang mendirikan tenda doom untuk beristirahat.. angin di sisi lereng ini cukup kencang membuat kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. malam mulai larut… beberapa kali aku melihat torehan cahaya yang dibuat bintang yang jatuh.. cukup indah.. apalagi malam itu cukup cerah sehingga ribuan bintang terlihat cemerlang..

aku mulai mengantuk… perjalanan sedikit lambat karena medan semakin berat.. sesekali harus merangkak.. dan tak jarang harus terpeleset.. [untungnya aku beli sendal eiger baru.. hehehe..sip deh tanpa selip] …andalan aku yang lain hanyalah sorotan lampu senter untuk melihat mana batu yang layak untuk dipijak dan mana yang berbahaya.

di tengah perjalanan, ada 2 pasang muda-mudi yang kehabisan baterai senter sehingga harus meminjam senter kami, dan otomatis bergabung dengan kami berempat…

ach.. bosan.. ga ada yang bisa diajak ngobrol..padahal saat-saat ini biasanya kalo mendaki berdua aku selalu curhat dengan teman seperjalananku.. tapi kali ini .. situasinya ga nyaman.. cuman bikin ngantuk….

akhirnya aku memisahkan diri dari rombongan.. hehehe.. tidur.. zzzzz….

aku terbangun… kutemukan diriku dalam gelapnya malam.. dan sunyinya dunia.. tak ada manusia.. hanya suara angin.. saat-saat ini adalah saat-saat terindah.. seakan tubuh dan jiwa menyatu dengan alam…. aku mulai mendaki dalam kesendirian.. merasakan getaran-getaran alam yang begitu mengesan.. jikapun napas tersengal.. aku berhenti.. berdiam.. mendengarkan..dan menerima suatu kekuatan alam yang begitu menggetarkan.. terkadang aku mencoba berkomunikasi denganNYA.. jikapun takut melanda.. segera kupanggil namaNYA.. dan akupun merasa berjalan bersamaNYA.. -mungkin inilah yang membuat para Nabi menemukan Allah di gunung-gunung. Karena disinilah orang benar-benar tidak dapat mengandalkan dirinya sendiri.

berjalan dalam kesendirian.. setapak demi setapak.. membuat aku memaknai setiap langkah.. begitu beratnya perjalanan hidup ini.. namun bersamaNYA dan dalam kekuatanNYA kita mampu melewati satu persatu tanjakan terjal meski harus merangkak ataupun terjatuh.. inilah sebuah filosofi makna dari suatu pendakian menuju puncak.

03.50
Puncak seakan-akan tak pernah sampai.. napasku sudah tersengal-sengal.. antara mengantuk dengan keinginan mengejar sunrise di puncak… ya inilah aku… orang-orang yang tergolong dalam PEMBURU SUNRISE.. aku memang lemah.. tapi jika saatnya tiba.. aku akan berlari mengejar suatu keindahan yang jarang kulewati di puncak.. yakni terbitnya matahari…

04.20
Perasaan kuatir menyelimuti diriku.. aku takut sunrise tak terkejar..padahal napasku dan tubuhku semakin lemah… namun semangat itu membuat aku tetap bergerak.. menaiki tanjakan-tanjakan terjal dan berbatu.. pohon-pohon mulai berganti dengan sejenis pohon edelwis.. inilah tanda-tanda aku mendekati puncak… aku sendirian.. tak ada orang di belakangku.. juga di depanku.. tapi selalu saja ada langkah-langkah yang bergerak mengikuti aku.. siapakah mereka? aku tau.. tapi biarlah mereka… ini merupakan tempat mereka jua..

04.40
akhirnya aku mencapai puncak gunung Sindoro… disana sudah ada tiki dan yogie yang telah sampai puncak terlebih dahulu.. tiki sedang terlelap tidur.. sedang yogie lagi membuat minum.. seperti biasanya aku langsung membongkar peralatan kameraku.. kupasang tripod bersiap memotret sunrise yang akan muncul.

05.20
brrr… aku kedinginan… menggigil.. menunggu sunrise yang begitu lama muncul.. aneh seh.. biasanya sunrise itu cepat sekali prosesnya.. tapi kali ini proses itu berjalan sangat lambat… akhirnya proses itu selesai.. begitu indah memandangi terbitnya matahari di atas awan.. suatu kepuasan yang jarang didapatkan…

06.30
udara begitu dingin… aku kelaparan dan akhirnya memasak emie… yogie tidur.. sahal lagi cari tempat buat ngeluarin isi perutnya… si tiki juga.. puncak gunung sindoro melingkar dan dapat diputari tak kurang dari 30menit.. kawahnya cukup luas dan berupa tanah lapang [-kawah mati] di bawah kita bisa bermain bola ataupun mandi dari genangan air hujan yang terkumpul dalam suatu kolam… wow.. asyik deh memandangi dari puncak sindoro.. belum lagi dengan padang edelwis yang begitu luas… wow…

07.30
kami memutuskan untuk turun.. terlalu dingin di puncak dan juga kami harus mengejar waktu agar aku dan tiki tidak kemalaman di magelang….

09.25
perjalanan turun sangat lambat… ini karena kondisi kaki tiki yang tidak memungkinkan.. aku sebenernya sangat terkejut ketika tau kaki tiki baru mengalami kecelakaan setahun yang lalu sehingga mata kakinya tak ada…. haaah… doh! aku merasa bertanggungjawab dengan semua ini, karena akulah yang mengajak dia naik gunung.. apalagi memilih gunung sindoro yang merupakan gunung dengan medan paling berat dibanding dengan gunung yang lainnya…

perjalanan turun dengan lambat adalah sesuatu yang membosankan.. jadi teringat dulu waktu masih di sma.. hahaha.. aku sampe pernah jatuh terguling-guling karena berlari turun.. yeaa.. kami harus turun dalam waktu 4 jam biar nyampe asrama ga telat.. daripada dihukum opera mending juga berlari dengan resiko terguling-guling.. hahahaha… itu kenanganku yang lalu.

03.40
tinggal jalan di perkebunan tembakau, tapi hujan mulai jatuh rintik-rintik… disinilah segala kesal bercampur dengan berbagai prasangka membuat situasi ga nyaman satu dengan yang lain.

04.50
kami nyampe basecamp dalam kondisi basah kuyup… setelah berganti pakaian kami nekat menembus hujan deras untuk mencegat bis ke magelang… fiuh:! akhirnya aku bisa tidur di bis barang sejam-duajam…

18.15
kami disambut oleh teman-teman tiki di SMAN1… tak ada waktu untuk ngobrol aku harus bergegas supaya ga kemalaman.. ketakutanku hanya satu.. aku takut tertidur waktu naik motor… seperti waktu dari gunung lawu dulu.

hmmm… baru aja keluar dari jalanan kecil dari SMAnya tiki.. e.. motorku mogok.. bensinnya abis.. terpaksa berhenti di Fantasia.. untunglah.. aku punya seseorang yang bisa diandalkan di kota magelang ini… hehehe.. si Angga dateng sama cowo barunya.. juga bensin 3 liter….akhirnya kami kembali menuju jogja dengan kecepatan penuh….

20.40
sampai rumah… capek… ngantuk… tapi… badan masih kotor semua.. jadi mandi air anget… terus.. maen internet sebentar… terus.. tidur…zzzzzzz…

Track records gunung sindoro:
+++ 27-28 Juni 1997 Dikejar babi hutan sama windi [well.. ini pendakian berdua pertama kalinya untukku dan di puncak hanya bertemu dengan 4 orang pendaki saja karena mendaki tidak di malam minggu]
+++ Juni 1998 Mendaki berdua sama eko ‘kodok’.. curhat terpanjang neh… nostalgia sma…
+++ Agustus 1999 Sunset di Sindoro sama Naro, Justo, Hado.
+++ Agustus 2002 CinLok pertama di pendakian masal sama anak-anak pecinta alam farmasi.
+++ Mei 2003 FUD Palapsi Jalur Dieng.
+++ 14-15 Mei 2005 Slower Rain… Pendakian dengan orang-orang baru.. yogie, sahal, tiki.

Catatan:
- naek bis 2 pintu dari magelang ke kedung adalah pilihan terbaik untuk mempercepat perjalanan (sekitar 2 jam-an).
- air 6liter yang kubawa ternyata cukup untuk perjalanan naek turun gunung sindoro.
- sekali lagi, aku menemukan diriku bahwa kekuatan psikis sangat mempengaruhi kekuatan fisik.
- ternyata ada mobil yang bisa kita tumpangi untuk mempercepat waktu turun antara pos I dan basecamp.
- bukaan diagrfragma terlalu besar di puncak akan membuat foto menjadi over.
- untuk menghindari cahaya belakang, gunakan flash fill.
- jangan pake sendal jepit.. jangan pake sendal jepit.. kalo ga mau…. hehehe….:D

Tags: , ,

Mood :

35 Responses :

1. Sugeng Pujiono Says:

Keren…The MATe ..(PA nya matematika UNNES) tgl 18-19 Nov 2006 mo ngadain penmas ke Sidoro..
cuma 45000
dapet kaos,stiker,makan 2 kali,transport dr semarang-TMG pp.
contact :
Sugeng (085225520468)
Ario (085640085477)
Adi(0246732325)

2. febri belpas (semoet irenk) Says:

salam rimba jaga terus kelestarian alam dan lingkungan kita cos cuma itu warisan bwat anak cucu kita (smoet ireng belpas)

3. ULee aja Says:

Hi, salam lestari jg,
Sbg seorng pendaki sprti anda sya sgt terksn dgn blog yg anda buat. Trm ksh ats inspirasiny, dan Good Luck sllu y boz………
LittleBee

4. Mufidz Says:

Terakhir aku menginjakkan kaki di Puncak Sindoro adalah pertengahan tahun 1998… (pendakian yang ketiga).

Tips bagi yang belum ke Sindoro… datanglah ke sana pada tahun baru Sura (hijriyah)… anda akan bertemu komunitas pendaki gunung dari seluruh penjuru negara ini.

Aku lahir dan besar di Wonosobo… 9 tahun sejak 1998 aku tiggal bersama istri dan satu anak laki2 di BATAM.

I missed u so much my lovely Mt. Sindoro, salam u/ pemilik Web ini.

5. phoerto Says:

LAM KNAL DARU AK YA

6. cahayaHidup Says:

waa…keren!! Sbnrny tgl 10-11Nov mapadok mw naek sindoro juga. tapi sayang bgt aQ ad acara yg tak bs ditinggalkan. jd mbaca cttn pjalananmu sdh mengobati rasa kecwaku. Pdhl aQ pgn bgt naek sindoro, keren kn ada edelwisnya… Yah, salam kenal ajalah…. ^_^v

7. Edhiegamz Says:

Aku ke Sindor sekitar tahun 1982 (sudah agak lupa) berdua dengan sohib ku Totok Yanuar Sunartopo, sekarang sudah jadi Dokter di Jkt .. salam untuknya bro

8. Gyman Says:

gabung

9. sonix's_riemba 184 Says:

salam kenal dari UKM KANAPALA JAKARTA…
bagus banget catatanya…..
tapi gmn ya caranya hidupkan lagi hutan lamtoronya….
kasian ya……
kangen neh dah lama gk ke sindoro….
TAKE CARE N LOVE UOR NATURE…..

10. Dilla_MAHUPA Says:

Salam kenal Bang..
Makasih banget ne bang, udah ngebantu aku dapetin informasi tentang gunung sindoro dari pengalamannya.
rencananya aku libur ini mau kesana, mudah-mudahan lancar dan jadi terlaksana.
yang pasti pengalamannya mantep.. abiz dech!!

11. aku Says:

bisa nggak Ya

12. Crew_DOECJK SMAN 1 Kebumen Says:

Thanks wat ceritanya.coz q ma temen2 iksa mau pada maen ke sindoro sebentar lagi. minta doanya ya……..

13. viram Says:

wiwiwiwiwiwi…..

Seru2….aku kemren naik gk dapet liat padang edelweissnya yg lg mekar….
uuuuuuu…..tapi kl piknik di sana buat tidur siang enak bgt…hkhkhkhkhkkh…

soalnya aku tidur siang di sana sebelum turun hihiihh…..

oya efek samping nya …kita kemaleman waktu trun….

14. mapala cartens Says:

mapala cartens da blog neech…..yaaa walo g lengkap tp bisa d liat2 koq. klik aj di http://www.mapalacartens.blogspot.com

15. greenerz Says:

hmmm.. gunung sindoro di mana yah? sepertinya menyenangkan. foto mataharinya juga…waaaah..

16. RIN NEBULA INDONESIA Says:

serasa ngebawa kita kesana.. thx buat infonya.. bentar lagi kita Insya Allah mu kesana..
titip pesan aja buat para pecinta gunung,, alam memberikan kita banyak pandangan indah maka jagalah selalu kelestarian alam. thx ^_^
salam lestari!

17. andy Says:

Wahhhh …. Sindoro Emang kueren abis …. Rugi kalo belum pernah kesana … Aq juga punya cerita tersendiri dengan sindoro, lihat di http://andyku.wordpress.com/20.....-edelwise/

18. sumarno Says:

salam kenal.kalo mo naik gunung lagi ikutan dong. boleh
umumin lewat fs ku [email protected]
add aja. da papa. q jguganmau kesana doain ya.

19. R Singgih Adhitya Says:

assalamualaikum wr wb
salam knal,mas/om manggilnya krn sy msh SMA.secra pasti sy belum pernah daki g.sindoro.tp sy hanya daki g.sumbing sebelahnya.q pny rencana mau daki g.sindoro mlh nyasar di g.slamet.mungkin stlh lulus insya allah sy daki gunung ini.

20. rizqi Says:

wahh..thanks ya mas buat ceritanya.. jadi penasaran buat ke sindoro ntar feb sm temen2..makrab sm mapala 08

doain ya..^^V

21. Urza Says:

Aku juga pernah kesana,,,,,
tapi waktu itu hujan dan angin cukup lebat dan tempat camp kita kurang strategis,,,
aQ hampir ja pesimis gak bisa pulang

22. BAMBANG] Says:

Sindoro itu Gunung yang Simetris di Jawa dan Edelweisnya bagus bagus. aku ke situ Mei 2006. Salam kenal buat Semua Pendaki se Indonesia Raya. 085655866799

23. arnold Says:

Hai, Salam Kenal
sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
email : [email protected]
thx..

24. arif "arga"rahman ((JKT) Says:

salam rimba…
saya baru mendaki jum’at kmrn tgl 29/05…rasa lelah serta pikiran yg kadang down dgn terjalnya jalan ke puncak di bayar lebih ketika sampe puncak….saya bnr2 ngerasai kenikmatan dr Tuhan yg tiada tara ketika melihat sekeliling dr puncak sindoro….sampe ggak pengen pulang…hehehe
kpn2 kl boleh gak ?gabung kl mas nya naik lg..aplg sindoro…sy msh penasaran…cos cuma menikmati sunrise dr lereng..kl dr puncak pasti lbh muantabbb..sayang nya sepanjang jalur pendakian n dipos2 t4 mendirikan tenda di penuhi sampah2 plastik yg notabene sangat2 merusak lingkungan….mudah2an para pencinta alam yg naik ke gn sindoro bnr2 pencinta alam n lingkungan bukan perusak lingkungan dgn mengotorinya dgn sampah2 plastik…

25. toso Says:

waduhh besok daki nie…

26. miftah Says:

bang mu nanya…..
btw sindoro ma sumbing skrng2 lg aman ga..?
klo dr tasikmalaya ksana kira2 brp ongkos ke seluruhan’y…??
bang minta rute’y ….star’y dr tasik…
bang klo bisa bls’y ke alamat ini ( [email protected] ) d facebook…..
mksih sblum’y bank…..salam lestari

27. gimin Says:

INFO PENTING:
insyaALLAH tgl 18 oktober (minggu)2009, akan ada acara naik ke “puncak kawi”(gunung kawi-Malang).
bagi rekan2 pendaki gunung,kalau ingin mengikuti acara ini diharap untuk menghubungi bapak SAINDUT ds. Wonosari- kec. wonosari, gunung kawi – Malang. Telp:(0341-8191700/370987).
Mari mengenal lebih dekat tentang “Gunung Kawi”.
Salam pendaki!!!

28. andi Says:

bagus, komunitas pendaki gunung harus terus jaya

29. iyan Says:

moga2 para pendaki gnung2 yg sngat indah d indonesia ingat akan pentingna menjaga,bukan hanya menikmati.
Salam lestari,
Ekstanba SMAN 3 Depok, Jabar..

30. putraprima Says:

Enjoy banget ya, tapi saya tidak kuat mendaki, gak tahan dingin dan gak tahan capek. Padahal saya mau foto-foto panorama puncak sumbing dan sindoro. Boleh ya saya dikirimi foto dalam JPG dengan resolusi cukup untuk cetak 4R ? trimakasih

31. day Says:

kira kira ngabisin ongkos berapa yah om ??
salam kenal

32. indri Says:

wah…kapan y aku bs naek gunung…?

33. mesa Says:

ckckck..keren bang blognya..salam kenal!!
q jg baru turun kemaren dari sindoro..naek ber5,,pi buma q ma temen b2 yG sa mpe puncak,,temen2 baru juga,,jD banyak prasangka awal2..
tak terlupakan dah,, perjalanan panjang dari Pos 3 mpe basecamp kLedung 7 jam,,pd kena kram kaki,,jalannya j cepetan keong ky’ny,,hihihi..
mpe basecamp jam 2 pagi,, dikunci pula :-(
tp tetep SEMANGAT!!!
sampai ketemu bang di puncak2 berikutnya ^-^
5150.Lek IX.095.07, LEKMAPALA FT-UNNES

34. damarewulan Says:

salam kenal buat semuanya .para pecinta tantangan
demi menjalin persahabatan .barangkali ada kawan 2 yg bth stand awal dan persiapan untuk pendakian sindoro sumbing
monggo panjenengan bisa mampir ke camp sy di desa kwadungan jurang.sekedar persiapan awal
[email protected]
contact 085729919500/082134411700 =damarewulan

35. octha Says:

salam rimba lestari saudara ku
haduwhh seneng bisa share” bareng
kita kita mau naik sindoro tgal 6 bulan 4 nie…
kira” jalur mana ya yang medan nya gak terlalu susahh