pakupaku
Monday, 06.11.2006 0:15

Mandriva 2007 di Axioo NS 658i

Posted on Linux.

Mandriva 2007 telah dapat didownload pada awal Oktober 2006 yang lalu. Seperti biasanya Mandriva selalu datang lebih cepat dibandingkan dengan linux distro lain. Strategi ini berguna untuk meningkatkan popularitas sesaat dengan cepat. Padahal sesuatu yang lebih cepat belum tentu baik seperti halnya Mandriva 2006 dengan paket software yang ketinggalan jaman dibanding Fedora 5 ataupun Suse 10.01.

mandriva2007.png

Namun demikian Linux Mandrake yang sekarang dikenal dengan Mandriva merupakan linux yang paling mudah dipelajari bagi saya sejak mengenal linux dulu. Kemudahan instalasi, manajemen kontrol yang intuitif dan bersahabat sudah menjadi ciri khas linux distro ini.

Kali ini Mandriva 2007 datang dengan paket software terbaru seperti 2.6.17 kernel, KDE 3.5.4, and GNOME 2.16. Sayangnya beberapa hari kemudian OpenOffice dan Mozilla Firefox mengeluarkan versi terbarunya yaitu OpenOffice 2.04 dan Firefox 2. Namun dua software itu bisa diinstall dengan mudah dibandingkan harus mengupgrade kernel ataupun desktop manager seperti KDE dan GNOME.

Beberapa review tentang Mandriva 2007 dapat dibaca di situs-situs ini :

Mandriva 2007: Back in the race
Mandriva 2007 Review
Mandriva Linux 2007: Look no further for the best of Linux


Awalnya saya mencoba versi download gratis Mandriva 2007 (DVD) yang dijual oleh distrolinux.net. Saya menginstalnya di notebook Axioo NS 658i.

mandriva2007-grafikcard.png

Tidak ada masalah yang berarti dalam proses instalisasi, hanya saja pada saat setting konfigurasi grafik card dan monitor saya memilihnya secara manual karena Mandriva 2007 tidak bisa mengenali dengan benar grafik card yang ada dalam NS 658i. Saya memilih Intel 945 dan monitor Flat Panel 1280×800. Untunglah tidak terjadi blank screen sehingga saya dengan sukses masuk ke desktop manager.

mandriva2007-kde.jpg

Tampilan KDE 3.5.4 dan GNOME 2.16 memang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Saya tidak tahu apakah karena pengaruh spesifikasi notebook saya yang menggunakan Intel dual core dan memori DDR 2. Namun sangat terasa sekali perbedaannya, saya dapat membuka berbagai aplikasi dengan cepat dan bahkan dalam waktu bersamaan. Perkecualian bagi aplikasi kontrol-kontrol sistem mandriva yang masih terasa lambat bagi saya.

mandriva2007-desktop.png

Seperti yang pernah saya ungkapkan dalam postingan saya sebelumnya di Axioo NS 658i : Notebook Ekonomis, Ramping dan Multifungsi. Penggunaan OpenOffice Writer dengan browser Firefox dan juga pemutar musik Amarok masih terasa ringan dan lancar. Driver untuk Bluetooth, Firewire, LAN 10/100 MB, dan juga Intel PRO/Wireless 3945ABG dapat dikenali dengan baik oleh Mandriva 2007.

Namun ketika saya mencoba aplikasi internet wifi, saya tidak berhasil menjalankannya. Ada peringatan bahwa drivernya tidak tepat dan saya disarankan untuk mencarinya di komunitas mandriva.

Saya mencoba Mandriva 2007 PowerPack+ yang merupakan versi komersial dari Mandriva. Saya pun menginstall ulang linux saya, perbedaannya yang menonjol hanya background saat instalasi yang berwarna hitam dan juga paket-paket software pihak ketiga yang disertakan seperti Kaspersky, Bit Defender, Cendega, dan LinDVD.

Aplikasi wifi pun berhasil berjalan dengan baik tanpa masalah. Selain itu saya juga berhasil menggunakan Nokia 2112 dan Fren untuk mengakses internet di Mandriva 2007 dengan KPPP. Hanya anehnya akses internet menggunakan kabel data CA 42 original malah lebih lambat dibandingkan dengan menggunakan kabel DKU 5 yang palsu.

Sebulan lebih saya bekerja dengan Mandriva 2007 di NS 658i. Saya belum menemui masalah berarti selain driver modem internal yang sampai sekarang belum terdeteksi juga, pembaca kartu memori eksternal dan aplikasi bluetooth untuk Sony Ericsson K618i yang belum bisa digunakan secara optimal.

Software-software portable di Flash Disk saya masih dapat digunakan berkat aplikasi Wine (Windows Emulator), yaitu Firefox 2 Portable, FileZilla Portable, Thunderbird 1.5.05 Portable, Opera 9 USB, OpenOffice Portable, VLC Portable, FoxitReader, LockNote dan Cport.

Beberapa software portable yang tidak jalan atau error yaitu KeePass (ada versi linux tersendiri), Essential PIM, GreatNews, Notepad++, GIMP portable, Gaim Portable, K-Meleon Pocket dan Essential PIM.

Bagaimana kecepatan Mandriva 2007 di Axioo NS 658i? Baiklah saya mencoba melakukan pengukuran dengan stopwatch.

Start Up
Tulisan LILO sampai Menu Login = 30,8 detik dengan 37 sistem service yang dijalankan pada saat booting.
Login sampai KDE terbuka semua = 17,5 detik
Dari tombol power on dinyalakan sampai KDE terbuka semua memerlukan waktu 59,5 detik atau hampir 1 menit.

mandriva2007-klaptop.png

Hibernate
Tombol Hibernate ditekan sampai komputer mati = 23,2 detik
Pemulihan hibernate dari tombol power on sampai KDE pulih seperti sedia kala adalah 31,5 detik

Shutdown membutuhkan waktu 30,6 detik.

Hasil penghitungan diatas kemungkinan tidak jauh beda dengan Windows XP. Mandriva 2007 dengan KDE 3.5.4 mungkin sudah bisa bersaing dengan Win XP. Beberapa tampilan dan perilaku KDE sudah sangat mirip dengan Win XP, bahkan Win XP tersaingi dengan adanya efek 3D Desktop pada Mandriva 2007. Efek 3D Desktop ini menurut saya sangat lucu, berdenyut-denyut kemudian muncul tiba-tiba, lalu jendela tiba-tiba bermanuver dengan bagus. Keren! Tapi saya belum terbiasa dengan efek seperti ini sehingga saya matikan saja efeknya.

Ada yang sudah mencoba menginstal Fedora 6 Zod di Axioo NS 658i?

Tags: , ,

Mood : Senang emoticon

58 Responses :


1. Hindradi Says:

Kenapa para vendor hardware belum mau mendukung linux secara serius. Sebenarnya tak ada ruginya, toch alat dia dibeli juga. Apa mereka menganggap Linux ilegal….atau mereka masih picik….

Masih banyak manusia yang bersikap kekanak-kanakan.

Bukankah di eropa microsoft sudah digugat habis. Apa mereka gak denger..alias kuper….

Memasarkan barang harsnya kemana saja, tidk harus kepada masyarakat tertentu..

Viva Linux….



2. kenz Says:

Saya setuju sekali, memang seharusnya para vendor hardware tidak hanya memberikan driver Microsoft tetapi juga menyediakan driver-driver untuk linux. Saya juga tidak tahu kenapa sampai saat ini hanya sedikit vendor hardware yang menyediakan driver linux. Apakah karena variansi linux yang begitu banyak, ataukah kesulitan dalam menginstallnya? Yang jelas sudah seharusnya para vendor hardware menyertakan driver dari berbagai macam OS, tidak hanya Microsoft. Terkecuali, mungkin mereka dibayar oleh Microsoft untuk membuat driver windows saja.



3. erya Says:

saya ada masalah dengan mandriva 2007 powerpack+ saya, yaitu printer cannon pixma 2200 dan scanner cannonlide25 saya tidak dapat dipakai. printernya ke-detect tapi drivernya tidak ada. saya sudah cari-cari drivernya di internet tapi tidak ketemu. gimana ya ngatasi masalah ini? padahal saya suka pake linux, terutama Mandriva 2007 powerpack+. mohon bantuannya? terima kasih….



4. indarto Says:

kok susah sekali menginstall webcam dan canon ip1200 di mandriva. gimana ya cara menginstal JRE untuk open opffice



5. Kenz Says:

mandriva memang enaknya pakai printer epson, drivernya cukup lengkap dibandingkan canon…. ya seperti yang saya sesalkan mengapa vendor2 tidak memberikan driver buat linux? untuk menginstal JRE.. bukannya sudah paketan sama OOffice.



6. saya Says:

semoga belum telat. ini u/ install JRE.

http://www.linuxquestions.org/.....p?t=516089



7. setyo Says:

saya baru aja pake Mandriva 2007, keren…walopun cm ngetest2 linux aja…masih nyaman pake XP bajakan…moga2 cepet2 nyaman pake mandriva.
tapi saya ga ngerti versi yg mana, saya donlot dari iso-nya UGM.ada di info.ugm.ac.id, kalo lg nge-wifi diugm, donlot aja.skalian priksain donk itu versi mandriva yg mana?mbakarnya 4cd.



8. kenz Says:

@Setyo
hehehe.. aku juga sering download dari info.ugm.ac.id, di jaringan kampus UGM download 1 Giga cuma 10 menit kalo pagi. Jadi dapat dipastikan bahwa Mandriva mu itu Mandriva versi Free dengan background warna biru dan ada tulisannya FREE ya?



9. Setyo Says:

ya..itu dia…heheheee..makasi ya…



10. toni as Says:

Wah jadi pingin coba juga nih. Saya juga pake Axioo, tp blm yg Dual Core, cuma Pentium M 735 (Centaur SL758). Sekarang ini sudah terinstall OpenSUSE 10.2. Ada 3D-Desktop juga. Sekarang lagi download Mandriva 2007.



11. Choirul Ichsan Says:

Saya baru mau belajar dan sudah Install Linux Mandriva 2007 yang Free dan saya pake koneksi internet dengan Wireless LAN D-Link DWL G520 AirPlus ExtremeG. Yang mau saya tanyakan adalah :

1. Kenapa card Wireless D-Link saya ga ke detect
2. Caranya biar ke detect gimana?
3. Caranya Install Driver D-Link tersebut gimana?
4. Saya sudah download di internet tapi ga bisa Installnya hehehe

Mohon Penjelasan

Thx



12. Kenz Says:

@Choirul
1. ga kedetect karena belum terinstall drivernya.
2. supaya kedetect mesti install drivernya
3. cari tau di google, atau baca readme nya driver tsb
4. ya.. baca readme-nya ;))



13. zen_zen Says:

saya mau nanya distro mandriva yg powerpack+ list paketnya bisa dilihat dimana, saya butuh yg bisa buat server admin sekalian seperti webmin dan berbagai app servernya…

saya juga mau tanya ttg akses wifi di mandriva 2007 free. kenapa saya selalu gagal mendaptkan IP. padahal saya sudah mengeset IP ke DHCP. koneksi yg saya pakai di ITB. —> saya memakai card MSI rt61. untuk drivernya saya memakai driver bawaan yg untuk windows, dengan memakai perantara "ndiswapper" jaringan terbaca, tapi IP tidak bisa dapat… sudah nanya ke admin-nya tapi dia nggak ngerti, padahal kalau saya pakai ubuntu tidak ada masalah.



14. kenz Says:

@zen-zen
Listnya hampir sama dengan Mandriva2007 Free , hanya saja ditambahkan repositories lengkap dari Mandriva Club dan juga beberapa komersial software. Daftar Mandriva Powerpack+ memang gak ada di internet.

Btw saya lancar-lancar saja tuh akses pake Wifi di hotspot Psikologi UGM, pake DHCP secara otomatis, langsung terkoneksi ke AP. Sudah setting di Mandriva Control Center >> Network >> Wirelles Network



15. zen_zen Says:

saya sudah mengeset semua yang perlukan, tetapi tetap unti saya tidk berhasil mendapatkan IP. seperti yang saya bilang sebelumnya koneksi terbaca. bahkan sanagat baik, yg gagal adalah mendapatkan IP melalui DHCP server di comlabs ITB. ini anehnya klo memakai ndiswraper di ubuntu malah berhasil.

klo gitu boleh nanya paket lengkap utuk webmin, apache, BIND, DHCPD dll nya sudah ada blom, soalnya di versi free, banyak yang tidak jalan dngan baik. seperti ada BIND tapi tidak ada NAMED. ada DHCPD tapi server-nya tidak mau jalan.

klo boleh bisa bikinin list app nya bisa nggak ?? saya mau minta tolong bisa dikirim ke email saya? untuk pertimbangan saya untuk membeli powerpack+ ini.



16. Kenz Says:

@zen_zen
mm.. cara bikin listnya gimana.. banyak banget lho… kan ada 2DVD..
saya pake powerpack+ lancar2 saja, memang lebih lengkap.
kalo punya koneksi bagus… download powerpack+ disini aja :
http://info.ugm.ac.id/iso/mandriva/

*ini jaringannya FO UGM, saya dengar jalur ITB-UGM sudah cepat melalui FO DIKTI.



17. WONG@MANGLI Says:

SAYA PENGGUNA MANDRAKE SAMPEK SEKARANG MENJADI MANDRIVA 2007 GIMANA CARANYA INSTALL SOFT WARE YANG BEREKSTENSI TAR.GZ, KALO .RPM MUDAH TINGGAL DOUBLE KLIK JADI DEH? TAPI .TAR.GZ SAYA TETAP GOBLOG WALAUPUN SUDAH BERLINUX MANDRIVA LAMA….TOLONG BANTUAIN KITA MAS, AJARI AKU YA….SAYA SUDAH KADUNG CINTA MADRIVA DARI PULUHAN DISTRO YANG KU COBA…..KALO DIJAWAB DI BLOG KU TRIMAKASIHKU SETARA AIR LAUT KIDUL, POKOKNYA TANKYOU BANGET……….



18. chichy Says:

ada yang bisa bantuin instal printercanon ip1200 di mandriva, trus kalo boleh disebarluaskan biar gampang nyarinya trutama yg baru migrasi. thanks



19. heru Says:

aku mau url untuk download bind untuk mandriva 2007 donk. thank’s ya



20. kenz Says:

@wong@mangli
Pak. terkadang setiap tar.gz itu punya konfigurasi tersendiri, jadi gak bisa asal install, tapi mesti baca readme-nya terlebih dahulu. Disitu nanti ada langkah2 petunjuknya, harus ngapain aja, termasuk melakukan compile program.

@chichy dan heru
wah.. duh.. saya dah pindah agama ke ubuntu ;)) jadi gak bisa bantu nih..
Ubuntu 6.10 di Axioo NS 658i



21. brams Says:

saya baru menginstall mandriva 2007 dan saya sangat tertarik untuk memakainya, tetapi modem d-link saya tidak terdeteksi oleh mandriva. gimana caranya agar modem tersebut bisa terdeteksi dengan baik.tolong dong…..



22. dick Says:

saya punya problem ketika pakai instalasi lotus notes client dengan wine di Mandriva 2007.1 dan 2007. Bengong, tuh …. :-(

ada yang punya problem yang sama?



23. Firza Says:

Nga usah ngejelekin microsoft aja, dari pada pinter ngomong doang mending cari ide biar linux jauh lebih baik dan lebih mudah dari Microsoft Windows itu yang lebih ber arti dari pada ngelekin yang laen, Wong kita juga dulu sebelum tau linux pake Sistem Opersai nya Microsoft ( bajakan lagi ), tapi kan sekarang udah pinter2x.

Gimana Mau maju negara orang2x kalo kaya gini aja habis manis sepah dibuang,



24. kenz Says:

@firza
MATA ANDA SAKITKAH? saya baca di artikel ini tidak ada tulisan yang menjelekkan Ms. Windows… LOL:D

Justru itu, negara akan maju jika menggunakan teknologi yang tepat guna, murah dan legal.



25. dreedix Says:

gimana cara ngistall tar.gz di mandriva 2007? ngeprint ke jaringan pake printer hp3920 ngejam terus euy..? bantu ya, gw dah kepalang PD pake linux walaupun masih linglunx



26. Firza Says:

Jika diawali dengan pembajakan akan kah NEGARA KITA AKAN MAJU, saya yakin masyarakat indonesia 75% pake software bajakan



27. kenz Says:

@Firza
saya belum nyambung dengan logika berpikirmu, kamu ini aneh? Menurut saya, AWAL YANG BURUK BELUM TENTU AKAN BERAKHIR BURUK. Lihatlah China yang dulu terkenal sebagai pembajak nomer 1 sedunia, sekarang sudah keluar dari peringkat 10 besar dan menjadi negara maju pula.

Saya membahas kamu di tulisan saya yg baru :
http://blog.kenz.or.id/2007/05.....legal.html



28. Zaini Hafid Says:

Saya baru menggunakan linux mandriva 2007 dan bener mudah banget penggunaannya, lebih user friendly, saya kesulitancari driver bloetooth billionton dan instal kppp di gnome, emang instal kppp harus di KDE ya??



29. kenz Says:

@zaini hafid
kenapa gak pake GPPP aja? sama dengan KPPP kok ;)) driver di mandriva memang kadang susah dicari, pindah ke ubuntu 7.04 saja, bluetooth billionton saya terdeteksi dan bekerja dengan baik bersama SE K750i ;))



30. mrcjr Says:

Hm …
aku baru aja instal mandriva 2007 [free] di dell 170, trus hd aku pindahin ke HP a50351 [di kantor], jalan sehh, kereen.

tapi ada kekurangannya, ga bisa nonton naruto seri 8-10 di mplayernya dan xine.
dan install CUps untuk printer yang network [xerox 2335] gagal
:
my first linux … that’s way my name is mandrake_mrcjr …



31. _23 Says:

ada yg bs nolongin ga..gw pk mandriva 2006 trs mau pk corel gimana caranya,gw udh nyoba install corel tp ga bs.tx b4



32. kenz Says:

@_23
saya pake INKSCAPE sebagai pengganti corel, sama mudahnya kok :D http://www.inkscape.org/

Inkscape is an Open Source vector graphics editor, with capabilities similar to Illustrator, Freehand, CorelDraw, or Xara X using the W3C standard Scalable Vector Graphics (SVG) file format. Supported SVG features include shapes, paths, text, markers, clones, alpha blending, transforms, gradients, patterns, and grouping. Inkscape also supports Creative Commons meta-data, node editing, layers, complex path operations, bitmap tracing, text-on-path, flowed text, direct XML editing, and more.



33. Raymond Says:

Pak, saya baru menginstal mandriva 2007 trus saya bingung……..habis modem prolink 56K saya nggak ke baca mandriva… Tolong dong pak, gimana caranya agar modem internal saya dapat di baca oleh mandriva. Dan bagaimana cara mengatur dial upnya………..
(saya baru migrasi dari windows ke linux) Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.



34. irma Says:

pak, tolong donk…
kasih saya tutorial linux mandrake….
ada tugas dari kampus nehhh…
kirim ke emailku yach…
terima kasih

irma



35. Sabar Nbaban Says:

Yth. Bapak/Ibu:

Mohon bantuan bgm cara : menginstal VMware pada Mandriva Linux.

Trims

Sabar



36. greffio faraldo Says:

bisa minta makalah tentang mandriva yang mendetail dari sistem data sampai pengoprasian dan bagai mana cara mendonload



37. hasan Says:

Pak kalo axioo NVE 758 C bisa diinstall mandriva ga ya?
soalnya pake fedora redhat slacky ubuntu ga bisa.
tolong penjelansannya,



38. kenz Says:

bisa pak. btw masak NVE758C tidak bisa diinstal ubuntu?
beberapa waktu yang lalu saya sukses menginstall ubuntu 7.04 di NVE758C punya tetangga saya.



39. distrolinux Says:

wew .. kenapa mesti mandriva?? gak coba Ubuntu 7.10 atau PCLinuxOS .. atau sabayon yang cool abis .. btw bisa beli linux di http://distro.bukabuku.org khusus kiriman dalam kota jogja gratis biaya antar dan harga bersaing!



40. xe0nx Says:

temen2, aku baru ngistall mandriva 2007, tapi g bisa detect format ntfs milik win xp. gmn cara detectnya ya???
please help me….
aku gunakan dual booting (walo bajakan) :)

tolong ya sobat …… :)



41. jack Says:

saya baru install mandriva 2007 di laptop saya toshiba satellite a 105, semuanya berjalan baik tapi kok wifi nya ga jalan ya , katanya file nya ada yg kurang , mohon pencerahan dari teman teman semuanya, terima kasih



42. kenz Says:

@xeonx
kok bisa tidak detect ya? defaultnya Mandriva 2007 kan otomatis mendeteksi. Mungkin setting mountnya terubah atau jangan-jangan mandrivanya menggusur partisi xp anda.

@jack
pakai Mandriva 2007 Power Pack ++ ?? coba masuk ke bagian control panel dan detect devicenya.



43. aprillins Says:

halo kenz.. website apa sih yang menyediakan berbagai driver wi-fi buat linux mandriva 2007, masalahnya udah dicari di google tetep aja gak ketemu.. tolong donk referensinya dah frustasi nih nyari driver doank…………………. andaikan diriku paham dengan bahasa komputer itu.. kubuat driver sendiri deh..

hidup mahasiswa UGM, huehehhe semoga makin lama biaya pendidikan di UGM makin murah.. amiiiinn,.. kan kasian yang ga bisa kuliah gara2 biaya..

nak psikologi yah?? tetangga donk..



44. cika Says:

hiiiii……….

q mO yanya ne apa sE starat minimum perangkat keras linux mandriva,,,,,



45. wati Says:

saya beli Axioo NVS858 tapi kenapa tidak ada distro linux yang dapat diinstall ya… padahal saya butuh untuk demo

ada yang punya pengalaman yang sama? help please….



46. Rasyid Says:

gue mau pake mandriva, sblnya pake XP, MS access, Visual Basic bajakan semua, kira2 mandriva bs ngeganti ngga ? trus cara pindahin data MS access ke linux lewat mandriva gimana, trus pengganti Visual basic kalau dimandriva pake apa ? sorry banyak nanya gue pingin migrasi ke mandriva



47. crasham Says:

mau tanya niy, dah dukung bisoncam apa belum yah, apa ada solusi untuk drivernya?

thanks



48. Benhajar Says:

baru pake mandriva nh…gw lg bingung klo mandriva biar bisa konek internet pake motorola c650 gimana sh? thx….:))



49. Mr.26 Says:

saya pake manriva 2008(powerpack) gimana ya ..? caranya konek internet pake modem CDMA venus VT12 . tolongyah di ajarin soalnya saya dah buntu bauanget nih please buanget



50. safzan Says:

susah banget nih cari driver wireless pro intel buat mac yg tipenya 3945abg kalau ada minta dong dan gimana caranya
thanks yah



51. opik Says:

saya tertarik niih ingin download mandriva…
tapi saya masih buta linux niiihh…
apa siih website utk belajar instlasi linux…
klo bnisa jawab aja ke email saya

makasih sebelumnya



52. mooi Says:

gimana cara menginstal mandrivannya??? bles yoo ditunggu



53. sule Says:

saya mo tanya klo di mandriva 2007 bisa tidak kita install mysql lalu bagaimana cara menghubungkannya bila kita menggunakan ODBC? bila tidak memungkinkan adakah solusi lainnya? terima kasih



54. andy Says:

kang bis abantuin aku
aku baru install mandriva di laptpo axioo
maslahnya aku suka ama chating jadi caranya chatin di mandriva dmana
trus aku nyoba pake kopete tapi bngung cara makeknya
thaks tlong krim ke email ku ya



55. aris Says:

ksi tau kita dong trik2 untuk bljr mandriva



56. Sosialisasi SIPLK : Open Source, Pilihan Cerdas Software Legal - Catatan Hanging Says:

[...] berapa banyak orang yang berpikiran seperti Firza, yang berkomentar dalam tulisan saya mengenai Mandriva Linux 2007 : Jika diawali dengan pembajakan akan kah NEGARA KITA AKAN MAJU, saya yakin masyarakat indonesia [...]



57. herdianta Says:

bagaimana cara mensetting modem venus seri VT12 di open suse 11.2



58. permata Says:

Mohon tanya…

Kenapa setelah saya meng install Mandriva 2007 Flashdisk saya tidak bisa terdeteksi atau terbaca keluar pesan ” COULD NOT ENTER FOLDER /MNT/INSTALLER” padahal kalau saya coba colokkan di PC yang pakai Mandriva 2010 flashdisk tersebut bisa terdeteksi dengan baik.

Mohon pencerahannya
Terimakasih
Salam



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16248 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
39.8%
Bioritme Status
Intellectual
75.6%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

25q. 0.142s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia