pakupaku
Monday, 13.11.2006 23:16

Jika Para Blogger Masuk Panti Asuhan Al-Barokah Prambanan

Posted on Social Life.

Kemarin saya dan teman-teman blogger yang tergabung dalam cahandong, mengadakan suatu acara lanjutan Klaten Ceria. Acara kali ini diadakan di Panti Asuhan Al-Barokah desa Madurejo, Prambanan. Misi kegiatan dalam rangka syawalan ini bertujuan untuk memotivasi mereka agar tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan meskipun mereka tidak lagi mempunyai orang tua.

al-barokah_0798.jpg

Ada dua jenis kegiatan inti untuk memenuhi misi tersebut yaitu permainan dan sharing. Permainan dimaksudkan untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas kegiatan sehari-hari sekaligus mempererat keakraban diantara mereka sendiri. Oleh karena itu permainan pada acara ini lebih bertemakan kerja sama kelompok seperti balap karet, balap kelereng dan tangkap bola dengan tali.

al-barokah_0764.jpg

Ada satu permainan yang tidak jadi diadakan padahal kami sudah berlatih sebelum berangkat ke lokasi. Permainan itu adalah tangan berputar (atau tangan berjamaah menurut istilahnya adi), saya setuju jika permainan ini dibatalkan karena menyesuaikan dengan kondisi dan karakter anak-anak di panti ini yang cenderung pemalu dan pasif.

Sedangkan acara inti yang kedua adalah sharing. Kegiatan ini sebenarnya selain untuk lebih mengenal satu sama lain yaitu sebagai sarana untuk melepaskan kecemasan terpendam ataupun trauma-trauma tertentu. Anak-anak panti asuhan ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing terdiri atas 5-10 anak. Setiap kelompok dipimpin oleh satu orang panitia yang bertindak sebagai fasilitator sharing sekaligus pemberi dukungan emosional dan empati.

al-barokah_0810.jpg


Beberapa hal yang menjadi catatan saya dalam pengalaman ini adalah :

1. Di luar dugaan, para pengurus panti mempersiapkan penyambutan yang luar biasa dengan musik dan juga beberapa orang tua yang turut menunggu. Pemberitahuan dan penjelasan keterlambatan menjadi penting untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman komunikasi.

2. Saya baru kali ini mengikuti acara yang dikoordinasi dengan sangat cepat tanpa bertemu dengan keseluruhan tim. Tidak ada waktu untuk berkenalan lebih lanjut, hanya kenal sebatas nama saja. Oleh karena itu diperlukan kepekaan dan kesiapan panitia untuk berimprovisasi dan saling bekerja sama satu sama lain. Fenomena unik ini pasti akan sering dilakukan oleh blogger-blogger yang mengadakan kegiatan darat.

3. Peserta dari kegiatan ini cukup heterogen, yaitu dari anak SD sampai anak setaraf dengan SMP/SMA. Pemilihan permainan harus cukup hati-hati menyesuaikan dengan tingkatan umur dan karakteristik anak-anak. Anak-anak dengan karakter pemalu dan pasif akan membutuhkan kesabaran dan ketekunan tersendiri. Permainan yang tepat dalam situasi di atas adalah permainan yang sederhana, dan tidak memerlukan proses berpikir terlalu berat.

4. Situasi lingkungan juga menjadi faktor suksesnya pelaksanaan kegiatan. Acara permainan tangkap bola yang diadakan di bawah terik matahari rupanya membuat anak-anak malas untuk berpartisipasi. Jadi sebaiknya tempat pelaksanaan harus diperhitungkan dengan matang.

al-barokah_0791.jpg

5. Awalnya anak-anak sulit sekali diajak terbuka untuk menceritakan suatu masalah. Mungkin malu dengan teman yang lain, ataupun masih tidak biasa bercerita pada orang lain. Saya biasanya hanya mengajak mereka untuk bercerita masalah yang ringan-ringan dahulu, lalu sampai suatu titik tertentu saya baru masuk ke bagian yang agak berat. Biasanya saya mengajak mereka menceritakan kegiatan yang mereka sukai, jika mereka sudah merasa nyaman, cerita akan mengalir dengan sendirinya. Sungguh senang dapat berbagi bersama mereka, mesti hanya dukungan dan cerita semata.

6. Ada satu hal yang membuat saya tertarik pada anak-anak disini. Ternyata mereka suka sekali difoto, tanpa diperintah mereka sudah menunjukkan gaya posenya masing-masing. Berkali-kali saya mengambil gambar dan mereka selalu bersemangat menunjukkan banyak gaya. Saya tidak tahu mereka belajar atau meniru darimana?

al-barokah_0822.jpg

7. Terakhir. Ada satu fenomena unik lain ketika blogger menjadi panitia. Apa coba? Mungkin karena blogger adalah juga turunan jurnalis maka acara ini terkesan banyak sekali fotografernya sehingga berasa konferensi pers… Ha50x… ;))

Itu saja catatan dari saya, apa yang dilakukan oleh para blogger dari komunitas cahandong saya rasa perlu terus dilestarikan terutama pada kegiatan-kegiatan sosial untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada banyak orang, tidak hanya masyarakat internet tapi juga pada masyarakat yang mungkin belum pernah mendengar tentang internet ataupun blog. Sukses untuk komunitas cahandong !

al-barokah_0887.jpg

Tags:

Mood : Bahagia emoticon

8 Responses :


1. say Says:

saya setuju dengan catatanya…. poko’e mengamini saja.
jadi intinya begini kenz… masih banyak kegiatan² seperti ini yang harus kita lakukan so kenz kudu ikut bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan² berikutnya ya…. *ngancem, sambil ngasah parang* kekeke….. kenz jangan nyesel ya ikutan kegiatan yang serba dadakan seperti kemarin…

btw fotonya saya minta kenz…. trus trus…. kemarin pas didawetan tak cari cari…. e… ternyata bener kenz pulang duluan. lain kali ya kita dawetan sama sama lagi…



2. thestoopid Says:

hihihihihi….
kesmpulan yg bagus, kereeen
ayoo poto2nya di share!



3. chocoluv Says:

sayang banget saya ga bisa ikud pas hari H… cuman seblum dan sesudah *sambil lirik sadis ke zam*
kapan kita adain acara gini lagi? ;)



4. amma Says:

mudah2an kegatan seperti ini ndak berenti sampe disini aza. bikin kegiatan yang lain yuuks :P.



5. kenz Says:

kabarnya cahandong sudah pegang tali 2 kambing tuh untuk acara selanjutnya.. hehehe ;))



6. bodi Says:

yang jelas jangan kapok2 deh … banyaknya fotografer itu dah biasa abis yang minta difoto juga banyak siy …. :D

sayang ya kemaren ga ikutan ndawet ….



7. templank Says:

hehhe… kesimpulannya kurang satu.. anak2 andong pada poto… namanya juga Anak2 Dosan Ngaya… hehhee…



8. templank Says:

ralat… anak anak andong pada narsis di poto…. hehhe slah koment



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.108s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia