pakupaku
Monday, 07.08.2006 6:55

Ada Banyak Nadine di antara yang Menertawakan Nadine

Posted on Social Life.

Penulis idola saya, Ariel Heryanto dalam kolom asal usul di harian Kompas menulis tentang Nadine :

Indonesia semakin mirip bangsa-bangsa bekas jajahan Inggris. Semakin banyak orang Indonesia yang tidak mampu menulis satu halaman atau bicara lima menit dalam bahasa Indonesia yang mulus, tanpa istilah-istilah bahasa Inggris mutakhir yang sedang pop. Mereka juga tidak mampu menulis satu halaman atau bicara lima menit dalam bahasa Inggris yang mulus, tanpa berlepotan logat dan pengaruh tata-bahasa bahasa Indonesia. Ada banyak Nadine di antara yang menertawakan Nadine.

Saya sangat setuju dan mendukung pernyataan itu karena realitanya adalah seperti yang telah dijelaskan juga dalam tulisan itu :

Sudah puluhan tahun istilah dari bahasa Inggris bertaburan di media Indonesia. Juga sebagai nama tempat atau judul filem atau dalam percakapan sehari-hari. Tetapi, ada beda yang penting di antara 30 tahun lalu dan sekarang. Dulu istilah-istilah asing itu sering dipakai pada saat tidak diperlukan. Istilah itu sengaja dipilih pemakainya justru karena banyak yang tidak paham, supaya tampak keren atau hebat. Mirip istilah-istilah Arab yang sekarang mulai bertebaran dan naik pamornya di Indonesia. Atau istilah Sansekerta di zaman Orde Baru.

Sekarang ungkapan bahasa Inggris bertaburan sehari-hari tanpa disengaja penuturnya. Tanpa memberi kesan hebat atau keren. Istilah-istilah itu hadir dalam tulisan dan percakapan orang berbahasa Indonesia, Jawa atau Bali, karena pemakainya tidak tahu cara lain untuk merumuskan pikirannya.

Asal Usul : Nadine [Ariel Heryanto]

Ada yang kehilangan cerminkah?

Tags: , ,

Mood : Bercanda emoticon

6 Responses :


1. thestoopid Says:

emang sih, kalo diliat dari bahasa postinganku, aku bukan warga yg pandai berbahasa dg baik…

tapi setidaknya aku ga ngejek nadine hehehehe



2. paman tyo Says:

hahahaha!
nadine, nadine. saya suka kok. :D



3. sansan Says:

nadine, blm selesai dibahas yah?



4. Riyogarta Says:

Hanya .. untuk seorang Nadine yg mewakili Indonesia di ajang Miss Universe .. mmm, menurut saya agak "kebangeten" bahasa Inggrisnya.

"Indonesia is beautifull city" … ???



5. afifa Says:

uhm… kalo nggak salah, dia sebenarnya punya pilihan untuk menjawab pertanyaan wawancara dalam bahasa indonesia kan ? terus diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah. bukankah itu lebih "Indonesia" ?? :P

menurutku, sudah sepantasnya dia bisa "mengukur" kemampuannya :) nggak perlu memaksakan diri, ataupun malu mengakui "kekurangan" diri sendiri…



6. sa Says:

ehm.. artinya banyak orang indonesia cantik ya? :D



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.086s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia