pakupaku
Saturday, 16.12.2006 13:15

Virus Flu Burung Membuat Windows XP Tidak Bisa Login

Posted on Computer Health.

Belum genap sebulan berlalu, sekali lagi saya harus membantu seorang teman menghadapi virus yang sangat merepotkan. Virus ini adalah modifikasi virus W32/GNURBULF.B (Virus Flu Burung) seperti yang dikenalkan oleh vaksin.com. Saya sebut modifikasi karena Kaspersky Anti Virus yang sebelumnya mengenali virus ini tidak lagi bisa mengenalinya dalam kondisi tidak terupdate selama 20 hari.

Menurut saya virus W32/GNURBULF.B adalah virus paling merepotkan di tahun 2006. Cara kerjanya adalah membuat sistem operasi windows XP terkunci dari dalam. Bayangkan saja jika kita memiliki sebuah rumah, tetapi kita tidak bisa masuk rumah tersebut karena terkunci dari dalam. Begitu juga cara kerja virus ini yang membuat Windows XP tidak bisa login atau selalu ditolak ketika login (begitu login langsung logout secara otomatis). Sungguh merepotkan sekali karena kita tidak diberi kesempatan untuk membersihkan virus dari dalam sistem operasi.

Mungkin orang yang tidak mau pusing lebih memilih menginstall ulang windows, tetapi bagi yang memiliki data-data penting akan memilih cara untuk masuk ke sistem operasi melalui berbagai cara. Install ulang sistem operasi sama saja dengan membongkar rumah secara keseluruhan, oleh karena itu saya memilih berusaha mencoba masuk ke sistem seperti yang disarankan oleh vaksin.com dalam artikel berjudul W32/Gnurbulf.B Solusi tidak bisa logon Windows.

Secara lengkap Anda bisa membaca artikel tersebut untuk menangani virus ini. Berikut ini adalah ringkasan dari pengalaman saya dalam menghadapi virus ini dan variannya.

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus flu burung dan modifikasinya :

Windows tidak bisa login atau selalu logout secara otomatis meskipun memasukkan password yang benar.

Dekstop terkunci, hanya bisa menampilkan layar biru dan sejenisnya. (seperti W32/Gnurbulf.A)

Fungsi Printer terganggu, atau sering gagal dalam melakukan proses pencetakan tanpa sebab yang jelas.

Muncul banyak sekali file .scr dalam berbagai direktori.

Muncul banyak file asing .exe dalam direktori c:/windows/ (seperti W32/Gnurbulf.A)

Beberapa file Microsoft Word tidak bisa dikopi atau hilang begitu saja setelah dikopi ke UFD (USB Flash Disk).

Cara penanganan secara singkat pada Windows XPadalah sebagai berikut :

1. Baca terlebih dahulu artikel di W32/Gnurbulf.B Solusi tidak bisa logon Windows, kemudian siapkan dan kopikan file-file berikut ini dalam floppy disk atau cd : ntfs4dos, fix.reg, fix.bat.

2. Pastikan setting BIOS dengan prioritas booting melalui CD ROM atau Floppy Disk.

3. Masukan CD Booting seperti CD dari majalah Chip atau sejenisnya, atau gunakan sistem operasi DOS Windows 98 pada Floppy Disk/ USB Disk. Bila belum memiliki CD Booting bisa juga melakukan download berbagai ISO Dos untuk booting disini.

4. Lihat file di direktori C:/ dengan mengetik DIR C:/ Jika muncul direktori windows berarti Anda menggunakan FAT32 pada partisi windows tersebut. Lanjut ke langkah 6.

5. Jika Anda tidak menemukan direktori windows, panggil aplikasi ntfs4dos.exe. Kemudian jika ada pertanyaan penggunaan pribadi, ketik YES. Setelah masuk menggunakan DOS NTFS segera cek semua partisi. Pastisi yang berisi direktori windows merupakan partisi sistem operasi. Mungkin terbaca di D:/ atau F:/ bukan C:/ (!!!)

6. Copy file FIX.REG ke direktori C:\ dan FIX.BAT kedirektori C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup. Perintahnya seperti ini, semisal F:\ adalah direktori yang berisi file fix.reg dkk. :

c:\>copy f:\fix.reg
c:\>cd docume~1\alluse~1\startm~1\programs\startup
c:\cd docume~1\..\..\..\ > copy f:\fix.bat

7. Ganti nama Spoolsv.exe menjadi nama lain, misalnya SPOOLSV.OLD dengan perintah :

c:\windows\system32> ren spoolsv.exe spoolsv.old

Mungkin ada baiknya tidak mengganti namun memindah ke direktori lain atau membuat backupnya lalu hapus file ini. Terkadang file disembuyikan atau berstatus read only sehingga tidak bisa dihapuskan. Oleh karena itu gunakan perintah attrib sebelum merubah nama spoolsv.exe ke spoolsv.old atau menghapusnya. Contoh : ATTRIB -R -S -H SPOOLSV.EXE

8. Ganti nama userinit.exe menjadi Spoolsv.exe

c:\windows\system32> ren userinit.exe spoolsv.exe

Kesalahan umum yang sering dilakukan yaitu file SPOOLSV.EXE masih ada belum diganti namanya atau belum dihapuskan sehingga USERINIT.EXE tidak berubah menjadi SPOOLSV.EXE.

9. Restart komputer, dan cobalah masuk melalui login. Jika berhasil maka lanjut ke langkah 9. Jika tidak periksa kembali penempatan file fix.bat dan fix.reg ataupun langkah 6 dan langkah 7.

10. Jika berhasil masuk windows, hapus segera file fix.reg di dan fix.bat di posisi sebelumnya kemudian klik kanan file repair.inf dan pilih install.

11. Restart komputer kembali. Jika sudah berjalan dengan normal, Anda dapat mengembalikan SPOOLSV.OLD menjadi SPOOLSV.EXE melalui dos agar fungsi printer dapat dijalankan kembali.

12. Update anti virus dan lakukan proses scanning. Bisa juga secara manual untuk menghapus file .scr yang tidak diperlukan terutama di direktori data.

Catatan:
Saya mencoba menggunakan Linux Live yang bisa dijalankan versi CD untuk mengganti file-file yang bersangkutan di windows tetapi tidak berhasil karena proteksi file system dan tidak diijinkan untuk akses ke root. Padahal dengan KDE atau Gnome yang seperti windows, saya kira tugas mengganti file dan menghapus file mudah menjadi mudah di linux. Ternyata sebaliknya, cukup sulit juga.

Berikut ini saya sertakan direktori fluburung yang berisi file-file diatas juga backup dari userinit dan spoolsv.exe. Silakan download sini : fluburung.zip

Sebenarnya pembuat virus dan pengembangnya bisa menambah tingkat kerumitan virus dengan memblokir fix.bat, fix.reg dan penggantian spoolsv.exe. Cara mudahnya dengan menempatkan terlebih dahulu beberapa file tersebut pada posisinya masing-masing, kemudian attributnya diganti menjadi hidden dan system. Orang awam akan sulit mengkopikan file-file diatas, tapi bagi yang tahu prinsip kerja virusnya saya kira tidak akan menjadi masalah untuk mengatasi virus ini.

Sekitar tanggal 7 dan 8 Desember 2006 Kaspersky memblokir lisensi bajakan sehingga para pengguna KIS (Kaspersky Internet Security) atau KAV (Kaspersky Anti Virus) bajakan tidak bisa lagi mengupdate antivirusnya. Menurut saya produk Kaspersky merupakan produk yang bagus dan tangguh dalam pendeteksian virus dengan catatan selalu terupdate setiap hari. Oleh karena itu kemungkinan tingkat korban virus akan semakin banyak pada masa status quo yaitu pada masa user mencari alternatif pengganti Kavpersky yang expired. Masa-masa ini bisa dimanfaatkan oleh penyebar virus untuk semakin giat melakukan penyebaran dengan berbagai cara. Hati-hati bila bertukar data dengan teman, ataupun membuka email yang tidak dikenal. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki yang bisa menghabiskan waktu seharian.

Tags: , , , ,

Mood :

78 Responses :


1. thestoopid Says:

wah bagus-bagus…..
sip!
mantep!

besok aja kalo keserang, baca di sini

eh kalo pake deepfreeze aman kan?
hohohoho… anak IT memang wajib make DF



2. yanto Says:

Buat temen-temen ngak usah bingung, klo kespersky nggak bisa update U layak coba PCMAV(pc media anti virus), spesialis ngatasi virus lokal yang nggak punya etika tu. U beli tabloid dapat CD antivir. tapi ingat kita harus punya alternatif lain, misalnya belajar SO lain: LINUX. soalnya aku juga punya pengalaman, saat LAPTOP temen kena virus Fluburung saya kesulitan anbil datanya (kendala kondisi Hardware) akhirnya saya gunakan CD Linux (UBUNTU ato Knopix) bisa ngatasi masalah tanpa masalah. pokoknya trus belajr, pantang menyerah, mari kita dukung IGOS (Indonesia go open source). salam kenal saodaraku (Admin) Bravo!!



3. PriyayiSae Says:

sip.. bisa buat tambahan referensi nih. he2.



4. Hidayat Says:

First, salam kenal balik…Tulisan anda juga juga bagus nih, buat referensi. Thanks ya. Btw..aku juga pake Deepfreeze..aman gak ya?



5. raffaell Says:

Thanks banget nih infonya berguna banget, thanks ya…tulisanya bagus



6. deti potter Says:

Thanks bgtz wat artikle nya…………….
lain kali gw langsung bca di sini aj
Lam kenal dech…………………….



7. Mpie Says:

gue pengguna linux cuma smlm ada temen gue yg ngalamin kayak gini stlh di instalkan AVGfree, bingung juga semalaman nih, langsung kepikiran mau di instal ulang :)..wah wah wah

makasih bgt infonya bro….



8. ilham Says:

makasih ya. makanya sekarang buang tuh windows ganti ama linux. thx.



9. briant Says:

manstab!!! thx ya



10. Ferdy Says:

thank’s atas infonya, sgt berguna buat aku, krn kebetulan PC ku kena gejala demikian, nggak bisa di login and restart melulu.

thank’s very much



11. Diva Says:

coba aja software alternatif. Mungin joss



12. soca Says:

bagus sekali artikelnya
eh blogmu juga bagus
koq gaka ada SB nya ya



13. thuns Says:

wadooooh kemaren laptopku dah kadung re-install :(
tau gini gak usah repot2 yah!!!



14. sinovia Says:

Berkali2 coba masuk di vaksin[dot]com tetap gak bisa2. Untungnya ada artikel ini bisa membantu. Thanks yaaaa



15. Adham Somantrie Says:

make windows emang mesti extra hati-hati… palagi bajakan… heheheh…
maka dari itu, gunakanlah FreeBSD…. hehehehehe….

*kaboooorrr*



16. kiyat Says:

bagus om… artikel tentang flu burng nya

You came here from http://www.google.co.id searching for belajar membuat virus. These posts might be of interest:



17. abed Says:

bagus sekali…. baik sekali… bagi orang 2 indonesia yang masih memikirkan orang lain…. tanpa pamrih…thanks… ngomong2 kalau os nya original dan selalu di update aman gak sih..? aku pakai win xp home sp2 original. anti vir.. rencana pakai pcmav..



18. Kenz Says:

@abed
baik OS original ataupun bajakan, selama ada celah yang bisa digunakan oleh ‘program asing’ sama saja resiko terinfeksi virusnya.
hanya saja update OS original secara teratur akan memperkecil kemungkinan virus masuk, begitu pula dengan update antivirus tiap hari.
saat ini saya menggunakan Free AVG yang diupdate setiap hari, kompie saya masih baik2 saja.
http://free.grisoft.com/freewe.....php/doc/2/

btw katanya pcmav bagus untuk virus lokal, tapi saya masih suka pake AVG ;))



19. Noris Sunandris Says:

kayak setiap menit pasti terkena virus baru



20. Triawan Mardiasa Says:

Wah, menambah wawasan saya nih tentang virus,, soalnya saya pernah juga ngeliat kasus kaya gini.. Makasih informasinya,, trus berkarya..



21. CLO Says:

Mas, masih bingung nih…saya coba ngelakui step by stepnya tapi blom bisa. di Laptop sekolah yg terserang fluburng.b ini gak ada floppy disk, jadinya pek CD booting. trus gimana masukin (mengkopi) 2 filepenting dan juga ntfs4DOSnya saya bingung….mohon pencerahannya mas..thx



22. CLO Says:

Thx banget mas, problem solved



23. Rizki Says:

Thanks pengalaman dan solusinya. kalo ada solusi2 lain tolong dimuat/dikabari.
Semoga kebaikan anda dapat balesan yang baik.



24. narendro Says:

Thanks untuk infonya…
Btw, itu bisa diterapkan untuk virus romlah/as sleem bay gak ya???
soale kasusnya hampir sama dengan W32/GNURBULF.B ini.
Soale ada temen minta tolong untuk benerin laptopnya gara2 si romlah ini. Tadi aku dah coba… and resultnya: ga bisa…
apa aku yang salah… atau memang tidak bisa diterapkan untuk romlah..
mohon infonya…

Matursuwun,
Depok



25. kenz Says:

@narendro
setiap virus punya karakter kepribadian yang berbeda mas, namun sebenarnya beberapa memiliki teknik kerja sama, sehingga cara yang satu bisa diterapkan untuk membasmi cara yang lain, namun biasanya hanya satu-dua.

beberapa bulan terakhir ini ada banyak virus yang meniru virus flu burung, mereka membuat user tidak bisa masuk windows, misalnya virus wayang .. dan juga virus romlah…
sering-sering saja mbaca di http://vaksin.com/ untuk teknik-teknik pembasmiannya secara manual.



26. narendro Says:

Thank you ya untuk prompt reply-nya….
Saloet untuk blog & testi2nya….
Btw, boleh tau alamat downloadnya Mini PE yang free?? Tapi yang bootable CD ya??
Maklum… anak kost. Thanks be4 :)



27. kenz Says:

@narendro
Mini PE ? coba pake Bart PE (freeware) :
http://www.nu2.nu/pebuilder/#start

atau kalo mau keren lagi pake Ultimate Boot CD
http://www.softpedia.com/get/S.....t-CD.shtml



28. narendro Says:

Thanks lagi untuk prompt reply-nya… bener-bener admin yang care.
Matursuwun juga untuk alamat website download mini PE-nya…
Ya… skrg aku masih berpusing ria soal laptop temen yang ga bisa logon gara2 si romlah.
Td aku dah coba step-nya dari vaksin.com tapi gagal lagi.
Sbagai info: tadi aku dah coba pake Bart PE yg mas Kenz sarankan untuk ngopi file fix.reg, fix.bat dan ngerename spoolsv.exe. Waduh… belum bisa juga..
Mau di-repair windows-nya sayang ‘coz punya dia windows xp home original (parahnya dia ga bawa cd dari rumahnya di Sumatra). Ada saran?
Once more, thanks :)



29. kenz Says:

@narendro
wah sayangnya saya belum pernah nangani virus yang kayak gini… jadi saya hanya bisa menduga-duga saja, bahwa anda terjebak di windows logon.
sudah baca ini :
http://adoeblog.wordpress.com/.....us-romlah/

hehe, banyak jalan sih menuju masuk login windows, bisa pake jaringan, bisa pakai linux, bisa pake dos. Tapi ya gitu deh, mesti telaten…. dan punya waktu banyak.

Kabarnya PCMAV, AVG, dan Kaspersky sudah bisa membasmi virus ini. Jadi kalo dari masalah pembasmian sepertinya tidak menjadi masalah, hanya bagaimana cara masuk ke windowsnya itu kan?

Format mungkin jalan mudahnya, saya sarankan mending melakukan langkah penyelamatan data terlebih dahulu. Caranya gunakan linux versi LIVE-CD (yang mendukung automount hardisk), seperti ubuntu 7.04 http://ubuntu.com atau mandriva, kemudian pindahkan semua data penting ke hardisk eksternal, atau partisi selain windows yang akan kita format.

Data yang aman, jangan lupa di periksa dengan antivirus update terbaru, supaya tidak menular lagi.

Saran terakhir, ganti windows dengan linux aja deh.. supaya terbebas dari virus windows…. ;))



30. narendro Says:

thanks ya untuk sarannya,
http://adoeblog.wordpress.com/…..us-romlah/ aku sudah baca. Dan seperti yang dialami cah gemblung (yg nge-reply artikel tsb), tapi ga ada reply u/ kasus tsb dari adoeblog (keliatannya admin-nya sibuk, ato ga bgitu care sm pengunjung blog-nya ato lbh ekstrimnya:blog tsb cm pengen nunjukin ssuatu,tp tdk mau share ssuatu). Makanya SALOET UNTUK BLOG INI (http://blog.kenz.or.id) dan ADMIN-nya yang telah nge-reply (care) sm pengunjung blog ini.
Smoga jasanya dibalas sm Tuhan YME :)



31. Donny Says:

startup disk mesti bikin di floopy atau bisa juga di CD-R?



32. narendro Says:

@Donny,
Startup disk bisa dibuat lewat disket untuk ntfs for dos, download di alamat :
http://www.free-av.com/down/wi.....ntfs_h.exe
Untuk buat di CD, mas dony bisa pake BartPE (tampilan windows) atau Ultimate Boot CD (tampilan dos).
Semua hal tersebut telah dibahas mas Kenz dalam artikel ini seperti tsb diatas (reply pertanyaannku : @narendro), dan aku dah coba sendiri, and OK lho sarannya mas Kenz.
Btw, kalo repair registry untuk kasus ini, jangan pake repair.inf yg disarankan adoeblog
http://adoeblog.wordpress.com/%E2%80%A6..us-romlah/
soale repair.inf tsb kucoba ga bisa.
Smoga sukses!!!



33. Donny Says:

Thanks yah…mau nyoba dulu…nanti kalo gak sukses mau nanya lagi…hihihihihi…thanks banget…mudah mudahan jadi nih….jadi gila nih saya karena flu burung di pc…..



34. pepy Says:

kena virus d komputer dah gila,apalagi aslinya,haha, mkananya pake OS LINUX terbukti aman,oke LINUXER!!!



35. rio Says:

assalamualaikum mas Kenz! saya sebagai pemula seneng nih dengan adanya blog nya mas kenz, saya jadi tertarik dngan kpeduliannya yang tanpa pamrih itu. Bisa jadi referensi loh buat saya. Oh ya mas, saya ada problem nih ama sesuatu di kompi saya, kategori virus atw apa jg ga tau. Hampir semua/ sebagian besar file format *.exe berubah menjadi *.vir _exe.vir. Sebagai contoh; setup.exe berubah menjadi setup_exe.vir dan icon dari file juga ikut berubah. Memang secara manual bisa diperbaiki dengan me-rename tapi repot juga kan merubah semua file .exe tsb. Apa file sistem beserta registry tidak ikut berubah/rusak. File .pdf juga sempat ga kebaca walaupun pdf reader tlah terinstall dan file format .pdf gah berubah. Setelah restart, file-file yg terinfeksi sebagian besar udah ga brubah lagi ke *.vir tapi masih ada beberapa yg membandel. Udah nyoba pake beberapa antivirus uptodate seprti ; kapersky,NOD32, Avira, BitDefender, McAfee, Panda, F-secure, Norman, AVG dan terakhir kombinasi PCMAV paling Update ga ada satupun kedetek, yaa seperti ga ada masalah. Sampai saat ini saya belum melakukan re-install OS (pake Windows XP SP2). Saya jadi penasaran nih, apa ini virus baru atw dah lama. Sebagai tambahan Komputer saya terkoneksi intrnet setiap hari. Mohon bantuannya mas Kenz..terimakasih!



36. kenz Says:

@rio
sama-sama mas.. saya juga masih pemula dalam hal pembasmian virus.. tidak seperti mas Alfons (vaksin.com), atau Anton Pardede (PC MAV) yang memang ahli virus kompie.

untuk masalah Anda, saya belum pernah menangani virus seperti itu. Saya heran, semua antivirus tidak mendeteksi keberadaan virus, bahkan KASPERSKY yang sangat terkenal pun tidak, mungkin bukan virus atau mungkin antivirusnya bukan update terbaru jadi tidak mengenalinya.

coba lakukan scanning di luar windows, misal gunakan AVAST http://www.avast.com atau coba scanning dalam keadaan safe mode.



37. rama Says:

trims, mudah2n komputer&laptop dikantor bisa sembuh lagi.. hehehe…

wassalam..



38. andri Says:

judul nya sering pada window lewat dos kok isi nya tentang virus fluburung sich ? terangin sedikit dong apa bisa kita melakukan sering pada windows lewat dos /commend prompt



39. Akina_id Says:

Thanx…..!! bagus untuk perbendaharaan penganganan virus2…!!
success slalu..!



40. Akina_id Says:

Thanx…..!! bagus untuk perbendaharaan penanganan virus2…!!
success slalu..!



41. Joe Says:

Thanks….



42. Saka Says:

Thanks infonya..



43. sarasto Says:

halo minta informasinya dong mengenai virus flu burung



44. dama Says:

thank’s dan tetap semangat tuk menghadapi virus2 yang semakin canggih….



45. reno Says:

file fix.bat n fix.reg kok g mau dicopy kan ke drive system nya, pesan error nya "invalid directory specified"
aduh,….. pening dah gua



46. adet Says:

bunuh pembuat virus !!!!!!!!!!!!!!barang siapa mengerjakan kerusakan/kejahatan sekecil zarah pun, maka ia akan mendapat balasannya…………



47. fbi_intelegen Says:

kalo w32 modifikasi jadi virus flu burung mah biasa aja, lw semua pake anti virus mCAffe aja nTar ke deteksi ndiri,.. n langsung Bisa DI HApus NTuhh Virus,..
Caranya GamPAng LW JadiIN HarDDisk yg Virusan JADi HarddisK Slave Or GAnDeng KE HarDdIsk ORang laen tentunya Yang ADa ANTi VIRus MCAffe nya okey n LW SCan Daggh ntuh,..
BraVO TO HACker InDoNEsia,n ANK2 TI…..



48. andri354 Says:

thanx b 4….
gw mau coba skrg, coz di kantor gw lg kna virus ini..edaannn!



49. Tari Says:

thanks nih..
pas banget ketemu situs ni di net..padahal cuma coba2 aja ;p
pas juga laptop hen..syiep!! banyak pahalanya nih…



50. jimmik4 Says:

aloow kenz gimana yaaa gw juga ngalamin virus flu burung nih, windowsnya ngga masuk masuk gw coba langkahnya ngga berhasil juga bete juga nih, mana ada data penting di backup hdd nya sata (notebook) klo biasa sata bisa pake usb hdd
oops gimana yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…
thanks artikel nya bagussssssssssssssssssss



51. alle Says:

saya sangat tertarik dengan site ini, karena sangat kebetulan saya mendapat masalah dengan kesulitan log in ke windows XP system saya. Jadi saya mohon bantuan rekan-rekan untuk memberikan petunjuk kpd saya bagaimana caranya untuk fixing my computer regarding problem login tsb. terimakasih banyak sebelumnya.



52. sigap Says:

pengalaman gw pake windows mini PE ( CD buat OS ) trus pake antivirus yang update kebetulan gw pake Norman …. alhamdulilah..semua jadi mudah.. data Tesis gw selamat….

kalo bandel tuh Virus…. trus dari pada komputer bengek terus ….
selamatkan data kerja… semua… reformat >> install ulang

……………………………… Bravo Egos ……………………………



53. togaye Says:

OK GUA MO COBA, MUDAH MUDAHAN MUJARAB..

THANK Banget yaa..
togaye Lampung..



54. andika Says:

klo make flash disk bisa ga??coz skrng dah jrng yg nama ny disket…daku jg kena nih,jd ga bisa masuk windows.. mau instal ulng CR ROM ny lg rusak…T_T
tolong plisssss…………………………..



55. bejo Says:

uiiii sebenar ny file hasil download dr avast ‘ntfs4dos’ ny d instal d komp yg ga ada firus ny apa d copy ke diskt??daku baca d artikel laen blng ny d instal bkn d copy…kok d sini d copy??



56. ALies Says:

point no.6 bener ga tuh perintah nya??
pas ngetik… (c: directori windows f: tempat file fix.reg sama fix.bat)

c:\>copy f:\fix.reg muncul tulisan :
unable to open ‘fig.reg’

c:\>cd docume~1\alluse~1\startm~1\programs\startup muncul tulisan :
syntax eror

c:\cd docume~1\..\..\..\ > copy f:\fix.bat muncul tulisan :
syntax eror



57. kenz Says:

@bejo
ya, diinstall dulu ke komputer yg normal (kalo gak salah cuma mengekstrak file aja kok) dan sama aja seperti mengkopi hasil ekstraknya itu ke cd supaya mudah digunakan. lihat manual di ntfs4dos.

@alies
—–
semisal F:\ adalah direktori yang berisi file fix.reg dkk. :
—–
F itu disesuaikan dengan tempat dimana drive file fix.reg dkk berada, kalo di cdnya kedetek di G:\ ya dirubah menjadi G:\



58. bejo Says:

tuh software ga ada manual ny….pass download cuma 1 file doank..file ntfs4dos.exe
trus guna ny buat apa??kok flsh disk 2gb ny daku tak coba instal pake ntfs4dos.exe jd seukuran disket 1.44mb



59. kenz Says:

@bejo
kalo di install kan ada manualnya : START >> PROGRAMS >> AVIRA NTFS4DOS >> Online Help NTFS4DOS

kalo masih gak ngerti, mending pake ini aja :
http://www.ultimatebootcd.com/.....nload.html
lengkap toolsnya.

dan kalo masih gak ngerti juga, bisa cari di google cara yang lainnya. Intinya dari NTFS4DOS supaya DOS bisa akses hardisk NTFS.



60. bejo Says:

oh..tq ya
maklum anak kemaren sore baru belajar…ahahha



61. Alies Says:

oya pass mau ngerubah nama spoolsv.exe jd spoolsv.xex kan perintah ny

c:\windows\system32> ren spoolsv.exe spoolsv.old

trus ada tulisan ‘file not found’

apa ada yg salah ya??



62. obin Says:

tolong dong jelasin gimana cara mengaktifkan partisi yang kehidden melalui DOS/command prompt, tepatnya partisi yang kehidden adalah partisi system(OS)…
terima kasih sebelumnya,,,



63. Ghost602 Says:

hehehehe, tulisan yang aneh…



64. aCe Says:

thx, gw lagi keserang virus ini, petuah lu bakalan gw praktekin, moga aja berhasil
gw dah stress laptop gw modar gara² nih virus

sekali lagi thx
nice post



65. gunadi Says:

wah mas baru kemarin aq ngalamin yg seperti ini, thx mas atas info nya.



66. madara uchiha Says:

muuuantebb rek,…
artikel ini bisa jadi referensi saya dan juga bisa menambah ilmu bagi teman2 saya yang ingin belajar tentang komputer lebih jauh,..
matur suwun kagem Mas Kenz, artikel sampeyan pancen oye,..hehehe…



67. gunawan Says:

thank bro…artikelnya sangat mbantu sekali…kemarin laptop sekolahan saya ngalamin gak bisa login ke windows, saya coba berkali-kali gak bisa masuk, akhirnya tanya ama mbah gogle trus ketemu ma web ini,saya coba copy file fix.reg, fix.bat, userinit.exe dan spoolsv trus restart Alhamdulillah….jalan normal lagi dan virusnya juga udah ilang…sekali lagi thanks bro….



68. YUDHI Says:

setelah aku baca, fungsi ntfs4DOS sepertinya hanya untuk memasukkan fixreg dan fixbat ke C:, dan me-rename spoolsv. misalnya aku ga pake ntfs4DOS untuk itu, tp pake cara memakai konektor IDE/SATA to USB untuk melakukan trik di atas bisa tidak? jadi HD PC yang terinfeksi aku koneksikan dengan PC yg sehat untuk di scan AV terupdate (yg sudah aku lakukan). semua data2 pribadi masih ada kok, tp windows gak mau login aja. jd konsentrasiku ke arah memperbaiki windows drpd instal ulang. bukan masalah data. tp rasa penasaran itu. gimana mas?



69. diko Says:

ini dy kasus yg w alamin..tx bgd ya buat jawaban’a..dasar tukang servis bego,,masa w dibilang lupa sama pasword’a..haduh



70. BodybuilderJason1983 Says:

Thanks! I have been searching for this info all day now. My computer is not running like used to and I need to figure out how to fix it soon. I have bookmarked your post so others can find it to on digg.



71. yosep Says:

maaf kk saya udah coba cara yg diatas.. tp kenapa ampuh na cuman sementara ya…
jd pas udah login trus muncul cmd (startup na jalan), repair.inf udah di jalanin, beberapa lama kemuadian dy log off dan ga bisa masuk lag….
mohon di balas… butuh banget
terimakasih



72. Faruq Says:

terima kasih, atas postingan yang membantu ane,, juag script yang bagus untuk repairnya____matur sembah nuwun___salam kenal



73. ajo-ftp Says:

thank’s… untuk loggin sudah bisa, tp semua aplikasinya tidak ada yang dapat digunakan….



74. diablo Says:

klo masih tidak bisa ntu gimna



75. Ferma Says:

thans semoga komputer di rental jalan dengan aman dan sehat lagi………………….oooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk



76. Ferma Says:

kaka kenapa virus flu burng itu tetap mlekat di PC saya trus dan ramit ituuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…………………kakakakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkaaaaaaaaaaaaaaaa

By Ferma

From Timor Leste.



77. Oiim Says:

kan di sana di suruh masukin cd boot nya, pas masuk ke link download nya (untuk xp proff) ada 3 macem pilihan, sp1 sp2 dan profesional di mana ke tiganya terbagi lagi kedalam dua subbag :
Automatic Boot Disc
Diskette images
apa yang harus saya download dan yang mana yang harus saya download ?

saya masih sma – orang awam, mau nyoba belajar karna saya butuh komputer saya, tolong di bales mohon bantuannya
terakhir saya juga tidak tahu yang mana yang saya butuhkan di antara 3 pilihan tadi, terima kasih sebelumnya



78. Kenz Says:

@Oiim
pakai http://www.allbootdisks.com/do.....d/iso.html pilih iso sesuai dengan sistem operasi kamu yg rusak, setelah itu download iso nya (usahakan download dengan kecepatan akses internet yg stabil biar tidak terputus), lalu bakar di cd dengan software pembakar seperti nero dll, dan cd booting pun sudah siap dipakai. semoga bisa mengakses os nya kembali.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.171s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia