pakupaku
Wednesday, 04.03.2009 9:23

Jika Bertemu Ular Di Rumah

Posted on Anything.

Apa yang kamu lakukan jika di pagi hari yang segar, dan kamu bertemu ular berwarna gelap dengan panjang sekitar 1,3 meter di halaman belakang rumahmu? Tempo hari, saya mengalami hal ini. Saya terkejut lalu lari ke dalam rumah, dan si ularpun juga terkejut lalu lari berbalik ke dalam tumpukan kaleng dekat pompa air. Untuk beberapa menit saya menarik nafas dan berpikir apa yang harus saya lakukan.

menangkap-ular

Saya memang pernah bertemu ular besar (sepaha kaki anak kecil dengan panjang 4-5 meter) di jalan ketika naik motor dari Yogya ke Cirebon, dan juga pernah bertemu anak ular ketika melakukan pendakian di Gunung Ciremai. Sedangkan ular berkepala dua pernah masuk halaman rumah saya di Cirebon, namun menghilang di balik sebuah pohon yang memang terkenal angker :)

Pertemuan dengan ular di dalam rumah Yogya merupakan pengalaman saya yang pertama, jadi wajar jika saya sedikit panik. Saya akhirnya memutuskan untuk menangkapnya, meski dengan banyak kebodohan dan kesalahan waktu itu. Melalui postingan ini saya memohon maaf pada sang ular, maafkan saya.

Kesalahan yang saya lakukan ketika bertemu ular :
1. Saya lari dan panik.
Ini membuat saya tidak tahu ular lari bersembunyi di mana sampai akhirnya si ular menunjukkan dirinya kembali setelah saya melakukan pengamatan selama 2 jam lebih. Sebaiknya jika bertemu dengan ular, justru dilihat kemana si ular ini bergerak.

2. Tidak sempat melakukan identifikasi ular
Kepanikan saya membuat saya tidak mengidentifikasi ular tersebut, apakah berbisa atau hanya ular sawah biasa. Corak kulit yang terang dan bunyi desis yang keras merupakan indikator ular berbisa, begitu pula dilihat bagaimana bentuk ekornya (tolong saya dikoreksi kalau salah). Untuk identifikasi ular, saya tidak begitu ahli. Ketidaktahuan saya membuat saya melakukan tindakan yang berlebihan terhadap ular.

Dua kesalahan itu mungkin akan cukup fatal bagi saya ataupun bagi ular tersebut. Akhirnya saya dan adek perempuan saya berhasil menangkapnya dengan menggunakan teknik seperti yang diajarkan ketika ikut PRAMUKA di SMP dulu. Ular yang berwarna gelap ini sepertinya hanya ular sawah biasa, dan tidak berbisa, dan seharusnya cukup ditangkap dengan tangan.

menangkap-ular

Saya mengambil sebuah bambu, lalu diberi kawat dan  simpul tali pada ujungnya untuk menjerat kepala dan badan ular tersebut (hanya bisa dilakukan pada ular kecil dan sedang). Alat ini saya buat dengan sangat darurat, padahal kita juga bisa membuatnya menggunakan pipa PVC  seperti di artikel berikut : Snake Catcher

Beberapa model alat penangkap ular yang dijual tidak mematikan dan cukup aman untuk digunakan. Jika Anda sering bertemu ular di rumah, sebaiknya membeli alat jenis ini.

menangkap-ular-alat

Menurut kepercayaan orang jaman dahulu, ular masuk rumah merupakan pertanda sesuatu. Beberapa di antaranya adalah :
1. Ada janji yang tidak saya tepati
2. Pertanda akan mendapat kekasih sejati
3. Serangan santet/ ilmu gaib.

Tahun 2007-2008 kemarin saya memang banyak janji dan banyak yang tidak bisa saya tepati karena keterbatasan kemanusiaan saya :( Saya mohon maaf pada klien saya, dan juga pada teman-teman yang mungkin pernah saya janjikan sesuatu. Maaf, dan beberapa di antara janji itu sedang saya usahakan untuk saya selesaikan di tahun 2009 ini. Doakan saya.

Pertanda kedua, adalah pertanda datangnya jodoh. Hahaha, semoga saja memang benar begitu karena jika melihat pada kenyataannya memang begitulah (- Surabaya Trip :).

Pertanda ketiga, semoga saja tidak, karena saya percaya akan kekuatan dan kuasa yang lebih besar yang bisa mematahkan serangan seperti ini. Semoga Tuhan melindungi saya sekarang dan selamanya.

Itulah pengalaman saya bertemu dengan ular setahun lalu pada bulan yang sama dengan saat postingan ini diterbitkan. Mungkin ada banyak yang pernah mengalami pengalaman serupa, mari berbagi cerita.

Tags:

Mood : Terkejut emoticon

37 Responses :


1. agung prasetyo Says:

salam kenal:D
Info yang sangat berguna nih mas!
say dulu pernah ngalami hal serupa, ngeliat ular dirumah, trus bingung nyariin alat buat nangkap tuh ular, eh pas saya balik ularnya dah ngilang….perasaan saya kecewa, deg2an, sekaligus lega:D



2. nadh Says:

jangan-jangan ya,
kamu kena santet,
jadi suka lupaan.
parah.

nenekku aja ga sepikun kamu. hehehe.
*becandaaa!

masa baru selesai cerita,
udah cerita lagi..
dan pas aku bilang ‘kamu tadi udah cerita itu’
kamu cuma nanggepin ‘masa? ah kayaknya belum.’

=))

btw,
kamu pernah janji apakah pada non-klienmu?

dan,
surabaya trip?
what was that?



3. Kenz Says:

@nadh: Haha, ngomongin orang pikun, kamu sendiri lupa surabaya trip…. :p ckckckck …



4. dina Says:

Ken, masih inget saya? haha..ketemu lagi di Cah Andong..



5. Kenz Says:

@dina: masih din, kabarnya kamu ke AS ya? ckckckck….. sukses ya s2nya :)



6. Ericova Says:

wah jangan sampe ahh :((



7. zam Says:

kalo ular gondrong?



8. arya Says:

@zam: =))
aku paling takut sama ular, bahkan yg ga berbisa sekalipun.



9. nadh Says:

@zams
emang kalo kamu ketemu ular gondrong mau ngapain hayoooo?
:P



10. aji Says:

hai ..
salam kenal..

wah sayang banget ularnya dibunuh..
padahal itu gak berbisa sama sekali..
namanya ular kopi. atau elaphe flavonieata…

makannya tikus dan katak..

tentang mitos ular masuk rumah itu hanyalah mitos kok..
gak benar dan gak perlu dimaknai terlalu dalam..
kenapa ular masuk rumah karena mereka mencari makanan, habitat aslinya di alam sudah terdesak lingkungan tinggal manusia…

saran kalau ketemu ular lagi jangan dibunuh ya..

thx…

SIOUX -lembaga studi ular indonesia.
cek http://www.ularindonesia.com



11. Kenz Says:

@aji: iya, kemaren saya ketemu ular lagi dan tidak dibunuh. sudah 2 minggu saya kasih makan kodok terus, sekarang bingung mau dibuang kemana? SIOUX ada cabang yang di Yogyakarta? Saya kasih ke SIOUX saja deh.



12. bona Says:

wah sayang nya ada di jogja seeh… kalo ada di jakarta buat saya aja deh mas buat dipelihara he..he..he..



13. IIS Says:

Pagi ini is ngalamin hal itu. Ular itu di kamar mandi…. Nah sekarang ularnya lum ketemu.



14. IIS Says:

Is mau berangkat kerja, pas is mandi ular itu lum ada. Udah rapih dan mau berangkat is mau buang air kecil. Kebetulan lampu di kamar mandi udah mati. Tinggal cahaya dari langit aja, Itu kejadian sekitar jam 05.43. Pertama denger desis, is minta nyalahin lampu sama ade, karna is lagi ngisi air ke bak dari kolam. Pas is nyalahin is kaget ternyata ular, is langsung lari dan ade is juga taku, baru sekitar jam 7an di liat ke kamar mandi ular itu udah gak ada. Sampe sekarang lum ketemu.



15. Fickry Says:

baru aja td pagi anak ular masuk kamar kosku. trus tak bunuh. ini ular kelima yg sampe masuk kos. T_T



16. Novi Says:

wah kalo dapet jodoh sejati tu yang bener hehehehe……!!!! emang benar kata orang jawa dulu bilang, mangkanya hati-hati aja Ok???



17. glorya Says:

katanya kalo waktu ada ibu2 hamil, keluarga atau suaminya gak boleh bunuh ular gitu…cz bisa bikin kejadian apa gitu menimpa bayinya…bener gak sih ?



18. beli rumah Says:

IH… seram…, apalgi klu ularnya berbisa..



19. neokutil Says:

hmm…. baru aja 2 hari lalu ular masuk kerumah…jenis kobra tahu jenis ini karena dia berdisis dan berdiri ..ya seperti di film2.
Terus ya …saya panggil orang untuk nangkep, ….karena ularnya panik, akhirnya kesembur bisanya…untung cuma kena tangan si orang itu. Besoknya orang itu mukanya merah2 dan bengkak…katanya rasanya badannya dingin. Memang disekitar sini (Ciawi,Bogor) banyak ular, kalajengking dsbnya. Akhirnya ular itu dibuang jaraknya sekitar 30mdari rumah, nah baru tadi babat rumput, bersih2 …eee..ketemu lagi itu ular kobra, nggak jauh dari tempat ular itu dibuang sih. Kalau diblk rumah sih kata orang itu banyak ularnya, kebanyakan ular belang putih hitam, kobra ular tanah (coklat) dan ular pohon yg hijau juga ular pemakan ikan dan kodok…saya khawatir karena saya tinggal hanya berdua dgn istri dan saya juga baru tinggal didaerah ini selama 6bln. Gimana ya caranya supaya nggak masuk rumah….Rasanya gilani tenan kalau ketemu ular.
thx sharenya



20. Rabiatul Adawiyah Says:

Asslmkm, emm,,,,,,,,,,,hari ini selasa, 25 Mei 2010 pukul 12.30 anak ular masuk ke kamar mandiq, warnanya cokelat panjang sebesar jari kelingking, emmm kaget banget, trz ularnya dimatiin sama paman kostq.



21. Hery Says:

dimana saya bisa membeli alat penjepit untuk menangkap ular spt gambar diatas

lokasi saya di jakarta



22. Avisa Pest Control Says:

Kalau boleh sy beri saran cara mengusir ular supaya tdk masuk rumah, dengan menggunakan sulfur yang dihaluskan terlebih dahulu, lalu ditaburkan pada area keliling rumah dan kalau punya alat swingfog untuk pengasapan demamberdarah, bisa dicampur sedikit formalin pada tangki solarnya. asap tersebut akan terasa perih di mata, arahkan pada lokasi yg diperkirakan terdapat ular, gunanya hanya untuk mengusir.
Yang terpenting supaya ular, kalajenking dll tdk datang kerumah kita, baiknya hindari penumpukan barang yang lama dan rumput yang terlalu tinggi disekitar rumah. Mereka datang karena ada faktor makanan dan tempat bersarang di lingkungan kita tinggal.
Sedikit tips dr sy barangkali dapat berguna.
Wslm



23. naya Says:

aduh…..ditgl 2 mei 2011 kmrn rumah saya jg didatangi ular kira2 panjangnya 40cm tp krn dia menyerang trz ahkirnya saya minta bantuan dan ular itu mati…meski lama



24. irawaty Says:

tolong tanya, kalau beli alat-alat spt gambar di atas dimana ya?



25. awan Says:

beberapa hari yang lalu saat santai dengan hubby n anak, tanpa disadari ular hitam masuk lewat bwh pintu blum semua bagian tubuhnya masuk, padahal jaraknya dekat banget dgn suami yg asik tiduran…yg nyadar desisnya aq aza krn volume TV kenceng…pas liat, lsg teriak n ngacir ke belakang…hubby s4 liat ekornya aza…kayanya kobra, ini sdh yg ke-4x ada ular masuk…maklum di pekarangan rumah dekat rawa…lsg tabur garam aza…trauma jg ini…
Th 2005 pernah ketemu King Cobra yg lagi nyantai tiduran di aspal gede n panjang amat..kirain karet ban, ketemu di jalan poros Sengata-Berau Kaltim yg hutan kanan kiri…pas naik motor, bersyukur selamat…msh kebayang ketika kepala ular itu tegak…pengen jg belajar spy berani n ndak takut kalo hadapi situasi ky gitu…



26. yaya Says:

Tau gak td siang kakakq ktm ular kecil, hitam ,berbisa kayak cobra gt, tp msh kcil, untungnya saya matiin, tp dgr2 kata orng tua itu ular pertanda ada yg jail sama qta. Tp smua ttp kembali sama yg membuat kehidupan…



27. gea Says:

Rumah saya sering banget kemasukan ular. Rumah yg pertama dulu deket kali. Jadi wajar sering disatronin ular. Rumah yang sekarang lokasinya di perumahan biasa. Tapi lebih sering kemasukan ular. Berbagai macam warna. Terakir ini masuk ular kobra. Anjing saya gonggong gak wajar, pas saya ke luar ternyata ada ular kobra. Posisinya udah kayak di film2. Sampe lemes liatnya. Ujung2nya panggil satpam buat nangkep.

Dulu pas pindah rumah nenek sempet taburin sesuatu, baunya kayak sulfur, menurut kepercayaan keluarga, rumah baru harus ditaburin itu biar dijauihi Hal Hal jahat seperti ular, tapi ternyata itu gak ngefek.



28. Sofi Says:

Hr ni senin 21 Nov 2011…
Bru j mau buang smph eh ad brng pjng hitam kecokltan mengkilat d dkt pintu dapur rmhku,,,
Aku langsung menjerit,,alnya itu ular,,si ular panik langsung kabur lewat celah d pintu,,
Ini udah k4 kalinya aku nemuin ular d sekitar rumahku,,padahal rumput d sekitar rumahku udah d tebas,,tp kl dia ngejar tikus,,emang byk tikus d daerah rmhku,,
Ngeri banget dgn yg namanya ular..



29. yessy Says:

Tgl 6 Desember 2011,
Di kamar kost ku,Aku bertemu ULar yg pnjg ny skitar 1,5 meter,
klo nggak salah ea..coz td panik bgt..
jd sekilas za liat nya..
Ular ny sih uda dimatiin, bahkan dibakar..
katanya sih ar teman2 ny gk datang..
kn klo dibiarin gt za.. nti teman2 ny mau datang ,
aq bnar2 troma x lah ..
bahkan sampe tidur pun gk brani aq d kamar ntu.
krna td asli ku liat jalan dia dari bawah lemariku truz ke bawah tempat tdurku..
jd klo dstu aq tdr, psti gk tenang aq..
jd nya di kamar kk kozt lah aq skrg,
aq bertrimaksi x lah ama Tuhan,
krna mungkin ku perkirakan ular ntu uda smalaman d bwah lemariku..



30. Wathan Says:

Apa sbbx ular takt ma bambu hijau ya?



31. Avisa Pest Control Says:

ada baiknya kita coba mencari jawaban sendiri… kenapa ular bisa berada di rumah kita atau bahkan sampai terulang. Menurut sy ular datang karena :
1. Adanya makanan ( tikusdll).
2. Adanya tempat untuk bersembunyi yang aman menurutnya (tumpukan barang bekas, gorong dibawah rumah dll).
3. Kondisi lembap yang nyaman baginya.

Mekanisme secara ekologi lingkungan adalah dengan memutus rantai makanan tersebut.
1. Basmilah semua jenis tikus yang ada di rumah terutama tikus atap (termasuk menjaga kebesihan) krn kalau tidak ada yang bisa dimakan tentu si ular akan pergi dengan sendirinya.
2. Hindari penumpukan barang barang bekas di sekitar rumah, krn kalau kondisinya tersusun rapi, si ular kan merasa tidak aman bersembunyi.
3. Buat ventilasi yang ideal sehingga ruangan tidak lembap terutama pada area gudang.

Untuk tindakan pencegahan dapat digunakan pestisida, bubuk sulfur atau garam. Tetapi tindakan tersebut harus dilakukan berulang ulang dan tidak cukup hanya dilakukan 1x saja.



32. bambang Says:

mau tanya, kalau beli alat untuk menangkap ular seperti gambar di atas dimana ya?



33. indra Says:

mohon informasi dimana beli alat penagkap ular seperti gambar, terima kasih.



34. Nana Says:

Rumah saya baru saja kemasukan ular,sebelumnya ngga pernah sih.ceritanya pas waktu saya mau bilas cucian eh tiba2 ada ular masuk lewat bawah pintu,,langsung aja saya kaget,bingung mau ngapain.anak2 lagi nntn tv langsung sj saya suruh pergi ke kamar.saya ambil sapu trus saya dorong2 lewat celah pintu eeeh si ular terjepit ngga bisa keluar,pas banget saya ambil palu lalu di pukul2 buntutnya (kepalanya diluar),berdarah sih bau amis tp si ular blm mati lalu saya pukul kepalanya smpai mati.



35. tirsa Says:

Barusan pas lagi beres2 rumahh keluar ular hitam dri kamar,besarnya kyk jari org dewasa dgn panjang kira2 1 mtr.lgsg dipotong sma suamiku,trus tabur garam deh dmana2.yg bikin penasaran apa ntar dicariin induk ularnya gk ya? Hiyyy.trus ularnya apa cma itu ato ada lagi d dlm rumah?



36. titin Says:

hari ini saya mengalaminya,saat saya berada di kantor,kakak saya mengabari baru aja ular MENGUNJUNGI rumah kita,sekilas dibenak saya gimana anak2 saya…Alhamdulillah bisa ditangani ular tsb pelan2 ditolak pake bambu dan akhirnya pergi,lalu kakak saya tanya kamu ada niat apa??dengan agak terisak saya bilang saya niat mau beri bukaan berupa semur ayam ke Panti Asuhan,belum terlaksanakan karna uang saya blm cukup..percakapanpun selesai, hitungan detik teman kantor datang keruangan saya lalu dia beri uang,atas hutangnya tempo lalu…Ya Allah Yang Maha Mengetahui, sungguh rezeki datangnya dari Mu, sungguh takut dan malu hamba dihadapan Mu…



37. aaa Says:

tolong dong ! tadi pagi ada anak ular kobra di halaman depan rumah. tp udh gtw ilang. trus, kan manggil pawang. katanya, gpp, nanti kl balik lg telpon aja. saya jadi ngeri. takut keluar. di dalam rumah juga takut. ngeriii… sebaiknya saya ngapain ? soalnya org2 sekitar juga ga berani bunuh, soalnya kobra



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12752 days
Emotional
43.4%
Bioritme Status
Physical
39.8%
Bioritme Status
Intellectual
45.8%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.123s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia