pakupaku
Friday, 22.03.2019 6:21

Pelajaran Berharga Dari Layanan Email UGM yang Dimatikan Sepihak

Posted on Anything.

Saya memberitahukan kepada semua rekan bahwa saya tidak lagi menggunakan email kenz[@]mail.ugm.ac.id. Email itu telah dimatikan oleh DSSDI UGM dengan alasan yang ‘aneh’ dan ‘tidak sewajarnya’ pada bulan September 2018. Saya cukup  terkejut karena saya merasa tidak melanggar ketentuan penggunaan email UGM.

Saya masih ingat bahwa pada saat pertama kali membuat @mail.ugm.ac.id di Puskom UGM pada tahun 2000an (saya lupa tepatnya), saya diberitahu bahwa email tersebut adalah email yang diberikan kepada mahasiswa UGM dan berlaku seumur hidup terkecuali pengguna melanggar ketentuan penggunaan email, silakan baca di http://web2.web.ugm.ac.id/index.php?link=faqmailhost :

Alasan DSSDI UGM mematikan email saya adalah sebagai berikut :

 

Fakta-Fakta Terkait :

1. Saya membuat chatbot yang bernama ASRI (Automatic Social Response Intelegence) pada tahun 2011. ASRI adalah chatbot pertama di Indonesia yang berbahasa Indonesia dan bertujuan untuk memberi psikoedukasi tentang depresi kepada remaja. ASRI merupakan modifikasi saya dari aplikasi chatbot Program O.

2. Saya membuat tesis tentang ASRI sebagai tugas akhir di S2 Magister Profesi Psikologi UGM tahun 2012, dosen pembimbing saya meminta ASRI untuk dihibahkan ke fakultas. Pada waktu itu saya dipercaya untuk membuat dan mengelola situs web Psikologi UGM termasuk web UKP (Unit Konsultasi Psikologi) Psikologi UGM. Sejak itu saya meletakkan ASRI di http://ukp.psikologi.ugm.ac.id tetapi server masih saya letakkan di server pribadi saya agar saya bebas mengembangkan dan terkait kompabilitas server.

3. Pada tahun 2013, saya sudah tidak mengembangkan ASRI lagi karena saya menyadari adanya kelemahan pada sistem chatbot tersebut, dan teknologi yang digunakan sudah tertinggal dibandingkan teknologi AI sekarang. Meski demikian, server ASRI masih saya hidupkan sehingga masih dapat digunakan oleh pengunjung web UKP Psikologi UGM.
Pada tahun 2017, saya menggunakan ASRI dalam sebuah penelitian untuk mengetahui interaksi dari sisi pengguna. Saya semakin menyadari bahwa saya tidak menguasai kode program itu lagi.

4. Pada awal September tahun 2018, ada beberapa pihak dari Psikologi UGM yang menanyakan ASRI, dan mengajak berdiskusi tentang ASRI. Saya sudah mengatakan tidak tertarik mengembangkan ASRI, karena daya yang dikeluarkan untuk konfigurasi aplikasi tersebut, instalasi dan lain-lain cukup sulit dan membutuhkan waktu dan tenaga karena aplikasi tersebut adalah aplikasi lama (versi beta-nya program O paling awal). Saya sudah mengkomunikasikan bahwa ASRI hanya tinggal menunggu ajalnya saja. Saya juga sudah memberitahukan bahwa ASRI hanyalah modifikasi dari program O tetapi versi paling awal sekali. Dengan kata lain, saya mengatakan secara implisit bahwa saya sudah tidak ingin mengembangkan ASRI  karena menurut saya itu membuang-buang waktu saya, jika berminat mengembangkan silakan modifikasi sendiri dari sumber kodenya di program O.

5. Pada tanggal 23 September 2018, email kenz[@]mail.ugm.ac.id tidak bisa saya buka. Saya menanyakan ke DSSDI (dulunya PPTIK ) UGM melalui aplikasi SIAP. Saya mendapat jawaban bahwa saya harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke DSSDI untuk konfirmasi terkait aplikasi saya di klinik.psikologi.ugm.ac.id.

6. Saya tidak berniat untuk datang ke DSSDI UGM untuk melakukan konfirmasi apapun karena SAYA MERASA TIDAK TERKAIT APAPUN DENGAN situs klinik.psikologi.ugm.ac.id. Apalagi waktu saya terbatas sekali, saya harus bekerja dan juga bergantian mengurus 2 anak yang masih kecil dengan istri saya.

Kerugian yang ditimbulkan dari kejadian ini :

1. Saya kehilangan hak saya untuk mengakses email tersebut.
2. Saya tidak bisa lagi membuka jurnal nasional dan internasional yang dilanggan oleh perpustakaan UGM.
3. Saya kehilangan kontak teman-teman yang terbiasa berkomunikasi dengan email tersebut.
4. Saya kehilangan berkas-berkas presentasi yang tersimpan di email tersebut.
5. Publikasi beberapa karya penelitian saya menggunakan email tersebut sehingga menutup kemungkinan orang untuk berdiskusi tentang hasil penelitian saya.

Pelajaran berharga dari penghentian sepihak layanan email UGM  :

  • Hindari penggunaan email universitas untuk mahasiswa ketika melakukan publikasi penelitian atau hal-hal penting lainnya untuk berjaga-jaga jika email tersebut dimatikan ketika sudah tidak lagi menjadi mahasiswa di universitas tersebut atau karena hal lain-nya.

Pada akhirnya, dan demi nama baik kampus yang saya banggakan bertahun-tahun, saya menerima penutupan email tersebut. Saya hanya menduga bahwa penutupan tersebut karena permintaan seseorang (beberapa orang) bukan atas nama lembaga UGM dengan tujuan untuk memancing saya berdiskusi terkait pengembangan chatbot di sebuah situs yang sedang mereka kembangkan.

UGM merupakan universitas yang berperan dalam pengembangan akademik saya karena 19 tahun saya menuntut ilmu di sana. Masa-masa yang penuh kenangan, dan pembelajaran dalam interaksi sosial maupun pengembangan diri. Ada banyak kenangan baik, ada pula banyak kenangan buruk yang membawa banyak pelajaran hidup, termasuk dengan penutupan email ini yang mengajarkan saya untuk tidak terlekat dengan apapun di dunia ini. Saya menerimanya sebagai bagian dari karma saya :)

Selamat tinggal email kenz[@]mail.ugm.ac.id, yang telah menemani perjalanan saya lebih dari 12 tahun.

 

Tags: ,

Mood : Kecewa emoticon



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 14423 days
Emotional
62.3%
Bioritme Status
Physical
52%
Bioritme Status
Intellectual
37.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

25q. 0.096s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia