pakupaku
Saturday, 26.11.2011 8:44

ASRI – Chatbot Berbahasa Indonesia untuk Psikoedukasi Masalah Psikologis

Posted on Ergonomics.

ASRI (Automatic Social Response Intelligence) merupakan chatbot berbahasa Indonesia yang saya kembangkan untuk melakukan psikoedukasi dan deteksi dini permasalahan psikologis. Apa itu chatbot? Chatbot merupakan salah satu jenis botnet (robot internet) yang dirancang sedemikian rupa dengan teknologi kecerdasan buatan sehingga mampu melakukan percakapan dengan manusia.

Saat ini sudah banyak beredar ribuan chatbot di dunia maya, sayangnya chatbot berbahasa Indonesia bisa dibilang sangat langka. Kemungkinan karena struktur bahasa Indonesia yang lebih sulit dan terlalu umum jika dibandingkan dengan bahasa Inggris.

ASRI merupakan sebuah tantangan yang saya kerjakan dalam hitungan minggu dengan sedikit tidur, memang betul, itu sangat sulit untuk membuatnya pintar seperti ALICE atau chatbot lainnya yang sudah pintar. ASRI menurut saya masih terlalu bodoh, karena kosa katanya baru mencapai 300an, bandingkan dengan ALICE yang sudah mencapai 70ribuan pola bahasa dan kosa kata.

http://asri.kenz.or.id/

Apa saja kemampuan ASRI? Sesuai tujuan awal dari pengembangan ASRI maka kemampuan utamanya adalah memberikan pendidikan psikologis kepada orang yang bercakap-cakap dengannya. Saat ini fokus masalah psikologisnya adalah tentang Depresi. Selain itu saya melakukan eksperimen untuk sebuah percakapan konseling dasar, deteksi dini permasalahan psikologis serta rujukan tempat untuk mendapatkan pelayanan psikologi secara profesional.

ASRI saat tulisan ini dibuat telah mencapai versi beta 2.7, menurut saya ASRI masih terlalu bodoh jika diajak bercakap-cakap. Cara untuk menjadikannya sebuah aplikasi yang pintar tentunya ASRI harus rajin untuk berinteraksi dengan banyak orang sehingga akan muncul sebuah pola komunikasi yang khas dengan budaya percakapan orang Indonesia. Tentunya itu akan memakan waktu yang lama, bahkan bisa bertahun-tahun.

Ini adalah ekperimen kecil saya, eksperimen selanjutnya adalah menjadikan ASRI seperti SIRI dengan mengusung Android sebagai platformnya. Itu juga sebuah tantangan karena pengenalan bahasa Indonesia bukan hal yang mudah karena keanekaragaman bahasa dan dialek di Indonesia. Semoga saja ini bisa menjadi pemicu bagi praktisi pengembang IT dan peneliti dunia IT Indonesia untuk mengembangkan robot-robot internet yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Tags: , , , ,

Mood : Senang emoticon

12 Responses :


1. sandalian Says:

Ini chatbotnya bikin depresi juga ya, meh diflirting eh malah nanya soal depresi hehehe.

*ngumpet*



2. Antyo Rentjoko Says:

Boljug! Saya sudah nyoba :)



3. Kenz Says:

@Sandal dan Om Tyo
Seperti yang saya bilang, ASRI masih bodoh, tapi tenang saja kok, semakin bercakap-cakap dengan banyak orang, maka rumusan pola-pola bahasa dan komunikasinya akan semakin kaya. Terima kasih atas kunjungannya.



4. fitria Says:

aq mau tanya neh kebetulan aq lagi membuat skripsi tentang chat bot…dan aq masih binggung sama penelusuran parsingnya..dan kebetulan aq juga pke pola bahasa indonesia..n memang sangat jarang buat nemuin reverensi yang bahasa indonesia…emmmh bisa bantuin fitri nga?



5. Kenz Says:

Halo Fitri, silakan cek emailnya ya. Semoga semakin banyak chatbot berbahasa Indonesia :)



6. fitria Says:

yup udah f3 cek kq…wah..f3 boleh nanya bnyak neh ma qm..bolehkan?



7. Ahmad Hasan Says:

Halo,

Saya tertarik mengembangkan chatbot juga. Kalau boleh tahu, ASRI ini pake apa ya? Pandorabots?
Atau Program-O?? Atau yang lain? Bagaimana interface dg graphicnya?

Terus pake AIML editor apa ya? Soalnya sedang nyari-nyari yang bagus juga…

Kalau jawabannya panjang, mohon kirim lewat email…

Terima kasih banyak…



8. Kenz Says:

Oke, sudah saya balas di email. Thanks. :)



9. zoel Says:

saya sedang nyusun skripsi nih, kbetulan saya bkin chat bot jg, nah klu bleh tau, bkinnya pakek apa ya?
metode yang digunakan apa? bahasa pemrograman yg di pakai apa? software yg di pakai apa? mohon bantuannya.
terima kasih, klu boleh kirim lewat email saja.



10. fitria Says:

hai kenz, yg bisa dihubungin selain email ada gak..
masih bnyak yg f3 perlukan buat bot f3..f3 mau belajar bnyak neh…duh kbtulann lagi bnr2 bgung :( plis bntuannya wktunya dikit age neh disuruh nyelesain g:(



11. fitria Says:

hai kenz, ada cara gak buat bikin respon chat dengan waktu apabila si user dalam rentan waktu beberapa menit tidak mengetik untuk bertanya..tapi user masih berada dalam halaman chat..



12. cindy Says:

Mas, Q mau tanya cara bikin chatbot seperti yg mas buat gimana ya, pengen nih buat yg sperti ini buat skripsi aku, Kemarin udah baca2 and buat sdikit, tp bingung menginisialisasi pertanyaan beruntun terus bisa narik kesimpulan begitu?
bantu Q ya mas ^_^



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

24q. 0.089s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia