pakupaku
Saturday, 07.01.2012 18:35

Mencari Weton Melalui Ekstensi Browser dan SMS

Posted on Ergonomics.

Weton merupakan penggabungan antara hari pada Kalender Masehi dengan hari pada Kalender Jawa, yang masing-masing memiliki neptu (bobot angka) sehingga dapat digunakan untuk menentukan hari baik dalam melakukan aktivitas penting seperti hari pernikahan, hari membuka usaha, hari untuk melakukan ritual adat, dan sebagainya.

Perpaduan siklus mingguan pada Kalender Masehi (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu) dengan siklus pasaran pada Kalender Jawa ( Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi) memunculkan hari Senin Pahing, Kamis Legi dan seterusnya.

Meski saya orang Jawa, dan sejak kecil sering mendengar istilah weton, namun saya baru belajar tentang weton beberapa tahun yang lalu. Semua itu berawal ketika menjalani Praktek Kerja Profesi di sebuah Puskesmas di pinggir kota. Ada seorang pasien psikologis yang berkonsultasi dengan memaparkan hasil perhitungan weton untuk kecocokan pasangan hidup anaknya dan juga perhitungan hari baik keluarga tersebut.


Waktu itu saya hanya bisa mendengarkan dan terpukau dengan cerita bagaimana interaksi orang Jawa dengan penanggalannya itu. Beberapa pengalaman lain, membuat saya semakin tertarik untuk memahami dan belajar tentang penanggalan Jawa ini, terutama kasus-kasus psikologis dan spiritual berkaitan dengan budaya Jawa.

Hasil dari pembelajaran itu, selain menambah wawasan dan juga aplikasi spiritual. Saya membuat sebuah aplikasi pencarian weton yang praktis dengan ekstensi browser dan melalui sms.

Sementara ini, aplikasi weton baru dibuat untuk browser Chrome dan Opera. Ekstensi Weton untuk Chrome bisa Anda dapatkan di Toko Web Chrome secara gratis. Begitu pula ekstensi Weton untuk browser Opera dapat diunduh di sini.

Aplikasi SMS dapat digunakan dengan mengirimkan kode :

WETON dd.mm.yyyy  ke nomer 0899 545 0750

contoh : WETON 20.12.2012.

Aplikasi ini bukan sms premium, tarifnya biasa, hanya memanfaatkan tarif sms gratis saja dari operator 3. Saya juga tidak menjamin aplikasi sms ini bisa berfungsi terus 24 jam karena menggunakan server gratisan.

Saya ingatkan sekali lagi, bahwa ketiga aplikasi ini hanyalah karya iseng di kala saya sedang stres tempo hari sehingga mungkin tidaklah sempurna. Silakan beri masukan yang membangun agar suatu saat bisa saya perbaiki. Semoga ini bermanfaat bagi para praktisi spiritual Jawa dan semua pihak yang membutuhkan.

Rahayu …Rahayu .. Rahayu …

 

Tags: , , , , , , ,

Mood : Senang emoticon



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16217 days
Emotional
90.1%
Bioritme Status
Physical
52%
Bioritme Status
Intellectual
45.8%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

25q. 0.086s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia