pakupaku
Tuesday, 10.03.2009 8:41

Food Court Plaza Campus UGM

Posted on Ergonomics, Journey.

Sudah lama saya tidak ke kampus karena suatu keterbatasan fisik beberapa bulan terakhir. Tempo hari saya melihat sebuah pemandangan yang aneh, dan tidak biasanya. Jalan Pancasila UGM yang biasanya kumuh dengan Pedagang Kaki Lima di sudut-sudut persimpangan, kini tampak bersih dan indah. Kemanakah para PKL itu?

foodcourtplaza-ugm-1

Ternyata sudah sekitar sebulanan para PKL menempati lokasi mereka yang baru yaitu di Food Court Plaza Campus UGM. Letaknya di belakang gedung BNI dan belakang Gelanggang Mahasiswa UGM. Semua pedagang tersebut terpusat di tempat itu, dengan tata letak yang teratur dengan dilengkapi berbagai fasilitas.

foodcourtplaza-ugm-7

Kabarnya, dulu para PKL menolak untuk direlokasi dan sempat mengadakan demo yang diprovokasi juga oleh mahasiswa UGM sendiri. Mereka takut pendapatan mereka menurun jika menempati lokasi yang baru. Dalam hal ini, saya melihat mahasiswa  justru sebagai pihak yang memperdayai orang miskin dengan menutup akal pikir mereka terhadap sesuatu yang baik. (Update : Menurut Yogie, mahasiswa menjadi mediator antara PKL dan rektorat, tidak mengarahkan PKL pada sesuatu yang tidak baik seperti apa yang saya lihat:).

Entahlah, ada apa dengan negeri ini? Jadi ingat dulu ketika BUSWAY TRANSJAKARTA ditentang dan didemo, tetapi sekarang dirasakan manfaatnya. Sama halnya dengan FCP UGM ini. Kini para pedagang justru merasakan manfaatnya yaitu peningkatan pendapatan mereka yang hampir dua kali lipat dari sebelumnya.

foodcourtplaza-ugm-4

Menurut saya Food Court Plaza Campus UGM ini sangat ergonomis sebagai tempat makan, dilihat dari fasilitas yang diberikan yaitu hotspot, mini panggung pentas, tempat duduk baik lesehan dan kursi, tempat cuci tangan, tempat sampah, musik  dan parkir motor yang dikelola secara legal (tidak liar).

foodcourtplaza-ugm-3

Makanannya juga cukup lengkap mulai dari cilok, cireng, ketoprak, lontong sayur, nasi rames, ayam dan bebek goreng, soto, bakso, es buah dan banyak lagi lainnya.

Food Court Plaza Campus UGM juga merupakan suatu tempat yang murah untuk makan atau sekedar melepas dahaga bagi mahasiswa UGM. Hanya saja, masih banyak para perokok di tempat ini yang seenaknya saja menghembuskan asap rokoknya sehingga bukanlah tempat yang nyaman bagi pembenci asap rokok, termasuk saya dan pacar.

foodcourtplaza-ugm-2

Keberhasilan FCP Campus UGM menambah keberhasilah suatu tempat relokasi yang dikelola dengan baik seperti PKL Resto Gejayan di Mrican, dan Pasar Klitikan.  Sudah saatnya orang-orang miskin tidak diperdayai dan diprovokasi untuk sebuah perlawanan, mahasiswa atau LSM sudah seharusnya memberikan pembelajaran dan pemberdayaan untuk mereka demi keteraturan dan peradaban yang lebih baik bagi semua pihak.

Tags: , ,

Mood : Senang emoticon

16 Responses :


1. nadh Says:

mas,
bayaran buat saya mana?
udah pake saya jadi model,
ga pake kontrak kerja :P

hehe.

ehem.
mau komen serius.

tapi sepertinya kurang luas dan ga oke saat hujan :(
buat saya si,
kalo ga ke sana sama pacar,
males euy.
masih mending makan di kampus lah.
hihi.



2. yogie Says:

hmm… ada yang saya ga setuju dengan pendapat anda diatas.. mahasiswa bukanlah menggiring PKL ke arah sesuatu yang baik tp karena pihak rektorat sendiri yang tidak mau berdialog dengan PKL soal relokasi itu, ketika itu rektorat secara mendadak dan arogan mengusir para PKL dr lembah dan tempat lain padahal tidak ada sosialisasi sebelumnya dan rencana relokasi itu jg blm dibicarakan saat itu… jadi mahasiswa ketika itu mendampingi dan menjadi mediator dialog antara rektorat dan PKL… ketika sudah direlokasi pun masih muncul masalah karena ternyata keadaan yang dijanjikan tak sesuai kontrak.. malah kontrak direvisi sampai 4 kali… saya tau hal ini karena saya dan teman2 advokasi fh turun langsung…



3. Kenz Says:

@yogie: thanks atas tambahan informasinya :) informasi dari Anda “sangat penting” diketahui oleh yang lain. Sebagai pihak di luar konflik itu, saya hanya mengikuti dan melihat bagaimana demonstrasi yang mengarah anarkis sehingga kesannya memang begitu.



4. Kenz Says:

@nadh: iya seharusnya dibangun juga foodcourt di lembah biar anak psikologi dan sekitarnya punya alternatif tempat makan daripada nungguin kantin yang penuh sesak, sampai membuat jadi gak niat makan kan.



5. Guntur Says:

Foodcourt menambah indah UGM..
tapi kasihan kopma… sampe harus pasang “KOPMA MASIH BUKA”. wahaha… tenggelam sama foodcourt…



6. -alle- Says:

saya juga baru merasakan enaknya foodcourt plaza campus setelah menghadiri salah satu acara yg tempatnya di situ,.. bukanya sampe jam 7 malem pula,.. bisa dijadikan alternatif tempat kopdar :p



7. PriyayiSae Says:

bulan dpan kl libur coblosan pemili, sy mau ngeliat ke TKP. skalian nostalgian 5th di ugm :)



8. nadh Says:

kalo kantin penuh sesak,
saya langsung kabur ke karang malang.
hihi.



9. ericova Says:

waduh g pernah ksana mas hwhwhw kampusku g sbagus itu wkwkwk



10. work and travel Says:

adalah situs web ini availible di English?



11. t2h Says:

Wah aku setuju banget ada foodcourt plaza kampus, jalan-jalan jadi gakumuh lagi, yang namanya kampus, masa kumuh sih… Makasih banget juga temen-temen yang udah jadi mediator antara pedagang n rektorat.. Aku yakin rektorat sebenarnya mentingin kita juga mahasiswanya, demi kenyamanan kita, n mungkin ada tambahan dana buat UGM sendiri. Alhamdulillan pedagangnya mau pindah, ya sewajarnya lah, mereka ngga boleh egois.. Kan selama ini mereka udah dapet keuntungan dari mahasiswa UGM, tempatnya gratis, kalo nyampah yang bersihin juga siapa (apa mereka sendiri ya? tauk deh) pokonya bravo..



12. Imam Muttaqin Says:

Terimakasih atas segala comment..baik yang setuju maupun yang belum begitu memahami:

Hanya ingin menambahkan saja
1. Niatan Para Pimpinan UGM sangat baik, saya jamin itu karena saya turut dalam perencanaan-perencanaan.
2. Sosialisasi sudah kita lakukan..bahkan sebelum bangunan itu dibuat (saya punya dokumen foto-fotonya)…namun para PKL pada waktu itu mungkin belum tergerak karena hambatan kebiasaan/budaya,…oleh karena itu para pelaksana dan pihak UGM berdasarkan niat dan tujuan yang baik bergerak dengan “sedikit nampak memaksakan”..yha karena memang harus ada yang berani mengawali.
3. Selang satu bulan berjalan area boulevard jadi bersih, nyaman, dan doakan saja rencana pengembalian fungsi taman dan pembuatan pedestrian beserta atap segera dilakukan.
4. Terhitung dari satu minggu buka FPC sudah ramai,..dan secara cepat dan berkala sudah banyak penyempurnaan fasilitas,..
5. Tidak ada motif bisnis, karena kalo ada motif bisnis..dana (yang tidak bisa saya sebutkan) besar untuk itu sebenarnya dapat UGM maupun PT.Gama Multi USaha Mandiri alokasikan untuk bisnis lain yang lebih menguntungkan, …murni itu adalah gerakan penataan kawasan, CSR, dan dalam rangka menyambut kedatangan para alumni pada rangkaian event-event Dies Akbar UGM ke 60 tahun ini.
6. Kami tidak menuduh aktifitas dan jualan rekan-rekan PKL tidak higenis..hanya saja muncul kasus merebaknya penyakit Hepatitis di kalangan mahasiswa UGM (data di Gama Medical Center)…nah FPC merupakan satu diantara banyak program untuk menutup “lubang-lubang” yang mungkin jadi media penyebaran penyakit tersebut.
7. Sekarang (bagi saya), ini masih 10% dari konsep perencanaan..masih banyak yang akan kita tambah dan tingkatkan..baik secara fisik bangunan, variasi menu, maupun layanan,..mohon dukungan saran maupun kritik yang membangun.

Terimakasih kami sampaikan buat Bapak Ken, commentator, dan (yang) membaca artikel ini.

Imam Muttaqin – Pengelola Foodcourt Plaza Campus UGM-



13. Kenz Says:

@Imam Muttaqin: wah selamat Pak Imam, pekerjaan Anda telah menunjukkan hasil yang baik. Penjelasan di atas membuat kita semua menjadi lebih paham tentang konflik di awal berdirinya FCP ini.

Semoga FCP terus berkembang dan merangkul semua pihak untuk maju bersama demi kesejahteraan bersama. Sebagai mahasiswa UGM, saya sendiri lebih nyaman melihat kampus yang tertata sehingga tidak kalah dengan kampus di luar negeri. Sukses selalu buat Pak Imam.



14. yudadisastra Says:

mas, aq mnta fto lokasi foodcourt
nya…



15. Yudi Says:

Ya ampun jadi beda sekali :)
Terakhir saya mampir di sana tahun 2003, tinggal di gejayan..



16. Areep Says:

aah ndak ah disana mahal. btw situ kalo parkir dimana? di parkirannya? mending di depan gelanggang mahasiswanya, ndak bayar hehehe (anak kost kan kudu irit)



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

31q. 0.099s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia