pakupaku
Tuesday, 04.04.2006 10:12

Musang : Si Pemakan Kepala Ayam?

Posted on Anything.

Semalam terjadi keributan di kandang ayam bapak saya. Jeritan suara ayam dan juga suara-suara gaduh lainnya membuat kami semua berlarian ke belakang rumah. Saya melihat seekor musang dengan ekor yang besar dan panjang sedang menggigit leher ayam dan membawanya ke atap kandang. Tidak tampak terlalu jelas karena lampu penerangan yang terdekat dengan kandang memang mati.

Berdasarkan pengalaman lalu dan melihat ciri-ciri tubuhnya, saya memastikan itu adalah musang bukan kucing ataupun wirog (tikus besar). Musang memiliki moncong yang agak panjang, dengan ekor yang besar. Cara berjalannya khas seperti berjinjit, badannya sebesar kucing.

Kabarnya daging musang enak dimakan. Sayang, saking buru-burunya, saya malah mengambil pentungan bukan senapan angin. Kalau saja saya mengambil senapan angin, mungkin pagi ini saya mendapat tambahan gizi ;)

Musang itu berhasil kabur melalui atap kandang dan menghilang di kegelapan malam. Saya melihat tubuh seekor ayam tergeletak tanpa kepala di atap kandang. Ibu saya menyuruh saya mengambilnya besok pagi saja.

Pagi harinya saya melihat kembali ke kandang. Tampak jelas bekas – bekas perlawanan para ayam di sekitar kandang. Saya mengambil bangkai ayam yang tak berkepala dan menguburnya di sekitar kandang.

Ini adalah pengalaman kedua bagi kami karena serangan musang. Sebelumnya musang juga telah memakan kepala ayam kami yang lain. Sejak Bapak saya memasang lampu penerangan dekat kandang, tidak terjadi lagi serangan karena musang. Semalam, lampu penerangan itu memang sengaja dimatikan untuk menghemat listrik. Tapi ternyata ini mengundang kedatangan musang.

Ada beberapa hal yang saya pertanyakan :
1. Mengapa musang hanya memakan kepala ayam saja, padahal kucing atau wirog akan memakan ayam sampai tinggal tulang?
2. Mengapa jika lampu penerangan dinyalakan tidak terjadi serangan musang? Apakah musang takut ketahuan perilaku gilanya, mengingat musang digambarkan sebagai makhluk yang jaim dan penuh tipu daya di cerita-cerita fabel?

Saya lagi malas mencari tahu, ataupun searching tentang perilaku musang hari ini. Jadi buat PR saja, deh ;)

Tags:

Mood : Bercanda emoticon

15 Responses :


1. moon Says:

saya tidak pernah tahu musang boleh dimakan, dagingnya sedap pula..huhuhu..



2. dyna Says:

tumben males…btw smsku kok ngga dijawab2 toh? ;0(



3. hericz Says:

coba aja dijebak, nanti siapa tahu bisa buat makan-makan itu kepala musang.

Tapi baru tahu juga kalau musang hanya makan kepalanya saja.



4. hotma Says:

Hem.. begitu ya? yg aku liat sih, musah bisa jalan di kabel telpon tanpa gemeteran sdikitpun :P



5. joko bedil Says:

musang tidak memakan kepala ayam tapi hati n jantung ayam,katak burung2 kecil juga makanannya selain itu musang juga suka makan buah2an ,musang binatang malam dia akan lebih berhati2 bila susana sekitarnya terang .klo anda kreatif buat saja jebakan gampang kok.daging musang juga enak apalagi klo di sate dgn bumbu kecap .wuih nikmat tenan .



6. RENFLY Says:

kenapa ketika lampu kandang ayam sengaja dimatikan,,kemudian musang datang kembali…

tahu kah anda musang adalah hewan yang aktif di malam hari…jadi jgn heran biarpun lampu tidak ada…tetap saja musang bisa lihat di kegelapan malam..

asal anda tahu saja…saya melihra musang ..
jadi saya mengerti perilaku musang..

anda tidak perlu takut dgn musang,karena musang adalah hewan yg paling takut dgn manusia..



7. willy Says:

Selamat jumpa, baiknya anda lihat baca buku halalharam 86 binatang wikipedia .org karangan sulaiman bin shalih yang menyatakan musang haram dimakan karena bercakar bertaring membunuh mangsa. Supaya gak dicuri ayamnya lagi perbaiki sistem kandangnya aja seperti memasang kawat. Musang sangat efektip menjadi pembantu pertanian dengan menjadi predator/pemakan tikus, jadi jangan sampai mementingkan sepihak donk. Terimakasih.



8. intermezzo Says:

musang itu sama saja seperti makhluk ALLAH lainnya, memiliki nafsu tapi g punya akal, tapi juga bukan berarti g punya adaptasi dan berevolusi. ALLAH menciptakan musang bukan tanpa sebab musabab, semuanya pasti mengenai keseimbangan di alam ini.
saya dulu juga pernah punya yang namanya musang kalo saya nggak salah pernah 8 kali melihara sampe tua trus sakit trus mati deh, dan kesemuanya menurut saya lebih mirip kucing di rumah2 dan bagusnya lagi musang itu nggak haram ato najis kalo dipelihara apalagi dulu musang saya biasa ngejar kalo mau sekolah dan loncat kepelukan kalo pulang sekolah trus jilatin muka sampe keringetnya kering….musang itu bukan gak bagus…musang itu OK !



9. reloadrojali Says:

musang?????kopi luwak juga enak…



10. dinar Says:

Musang skarang banyak dicari dan dibudidayakan di perkebunan kopi, soalnya dia makan buah kopi dan ngupas, trus besok pagi keluas feses kopiyang udah dipermentasi, trus diambil da dijemur dah kering harganya 500- 1jt, dibanding kopi kupasan manusia yang cuma 10rb/kl,aku jga punya banyak musang untuk kopi



11. beny Says:

@joko bedil: gmn cara bikin jebakan musang?



12. Darlisman Dalmy,SE,M.Si Says:

Pengalaman yg sdh saya alami, musang tsb bukan hanya makan kepala ayam, tetapi pertasma kali yg dimaam adalah kepalanya karena utk menghindari dari jeritan ayam ybs, kemudian baru bagian hati dan isi perutnya, setelah itu kalau ada yang mengancam keselamatannnya lalu ayam tsb ditinggalkan begitu saja, kemudian untuk malam berikutnya akan diulangi lagi untuk memakan ayam yang ditinggalkan, nah jika mau memusnahkannya teman saya bilang taburkan saja racun tikus pada ayam yang ditinggalkannya, karena walaupun ayam tsb sdh jadi busuk, tetap akan dimakan oleh musang ybs, jadi jika musang dimakan oleh kita, rasanya haram sih…………..



13. Kurcil Says:

Yang namanya Musang itu makhluk rakus (licik), jadi basmi aja klo udah mengganggu ternak kita, dari mulai ayam, burung dan anak kucing gw mati d bunuh Musang. tp klo tikus kok ga d makan, masih tetep banyak d rmh gw. apa ga sebel. perangkap musang ada kok yg jual.

Salam.



14. cah alas Says:

musang manjat dengan kekuatan kukunya yg menancap pada dahan-dahan kasar, dan jika pada kaleng/dinding yg terjal dan licin kukunya tidak bisa menancap oleh karena itu perangkap yg jitu menggunakan drum bekas minyak/oli, caranya drum dibuang atasnya lalu taruh di tempat-tempat musang sering lewat , kasih kayu yg disandarkan didrum, lalu taruh ayam/burung pakai kurungan lalu digantung, bisa juga buah-buahn yg di suka musang ,kemudian atasnya kasih kayu-kayu kecil yg jika di injak saat musang mau menangkap ayam akan jatuh masuk kedrum..
selamat mencoba….



15. pecinta ayam Says:

ayam ane jga kmaren diabisin oleh predator, gk tau kucing,musang ato tikus yg pasti ayam ane dibunuh dgn sadis, dasar kampang tu predator.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12749 days
Emotional
90.1%
Bioritme Status
Physical
94.2%
Bioritme Status
Intellectual
86.6%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

28q. 1.106s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia