pakupaku
Monday, 17.12.2007 10:13

Http://ihateindon.blogspot.com/ tetap berjaya?!

Posted on Social Life.

Beberapa minggu yang lalu, banyak email yang masuk pada saya agar membantu untuk menghancurkan situs yang menjelek-jelekkan bangsa Indonesia. Saya sendiri cukup prihatin karena situs ini menjelek-jelekkan simbol negara sehingga sangat kurang relevan dengan kenyataan. Tapi saya belum melakukan apa-apa untuk situs ini, waktu saya habis untuk hal lain yang lebih konstruktif. Lagian saya sudah bilang bahwa nasionalisme saya sudah saya gadaikan.

Menurut saya materi yang relevan itu adalah menjelek-jelekkan bangsa Indonesia dari aspek perilaku manusia-nya. Saya tentu akan sangat mendukung karena bisa jadi itu adalah cermin bagi kita sendiri, yang membuat kita harus berintrospeksi dan memperbaiki diri.

Indon esial - bangsa koeli, PATI & kriminal
http://ihateindon.blogspot.com/

Tapi saya heran, kenapa situs ini tetap berjaya… padahal entah berapa banyak orang yang sudah mencoba melakukan penutupan termasuk mengirimkan email kepada pihak blogger.com. Hebat… !! pembuat situs ini cukup sadar arti sebuah kebebasan berekspresi dan orang-orang Indonesia yang suka sekali memaksakan kehendak dibuat kecewa seribu kali karena kehendaknya tidak bisa terlaksana :D

Moral dari situasi ini :

  • Tersadarkah kita bahwa tidak semua kehendak yang menurut kita baik adalah baik bagi orang lain. Apakah kita tetap ingin memaksakan kehendak kita sendiri?
  • Tersadarkah kita bahwa kita hidup dalam sebuah dunia yang plural dan berinteraksi satu sama lain. Apakah kita tetap tidak mau menghargai orang yang berbeda dengan kita?
  • Tersadarkah kita bahwa kita lebih sering melihat kesalahan orang lain yang kecil, tapi terkadang lupa dengan kesalahan kita sendiri yang besar. Apakah kita hanya menuntut orang lain sedangkan diri kita sendiri bebas dari tuntutan?
  • Tersadarkan kita bahwa terkadang kita berhadapan dengan suatu ancaman yang memang tidak bisa ditiadakan. Jangan kira bisa melawan seks bebas dengan meniadakan majalah playboy, atau juga dengan merusak tempat-tempat hiburan atau menangkapi para pelacur?
  • Tersadarkan kita bahwa selalu ada hukum tabur tuai, siapa yang menabur akan menuai, siapa yang menjelekkan orang lain akan dijelekkan oleh orang lain, siapa yang berbaik hati pada orang lain akan mendapat perlakuan yang baik dari orang lain.

Mungkin ini akan jadi refleksi dari saya sendiri, hidup dalam sebuah bangsa yang perilakunya semakin terpuruk dan menjadi bahan hinaan bagi bangsa-bangsa lainnya. Daripada sibuk menghancurkan situs ini, kenapa kita tidak berefleksi dengan perilaku kita? Adakah teman-teman yang memiliki nilai moral lainnya tentang situasi ini dan belajar dari situasi ini?

Ps: Sedikit saran saya untuk pembuat blog http://ihateindon.blogspot.com/ , mungkin lebih baik tidak melibatkan simbol-simbol kenegaraan dalam hal ini. Meski nasionalisme saya sudah tergadaikan dengan perlakuan pemerintah Indonesia yang tidak adil dan juga perlakuan kaum mayoritas terhadap kaum minoritas, saya masih menghormati simbol-simbol negara tersebut karena saya masih warga negara Indonesia. Salam hangat.

Tags: , ,

Mood : Ngantuk emoticon

40 Responses :


1. annots Says:

Apa yang begini ini harus pake loby politik juga? *telpon pak Wapres*



2. zam Says:

hoho..

kita sering berteriak lantang tentang kebebasan berpendapat, yg kadang sering melienceng ke pemaksaan berpendapat. ketika kita disuruh diam, kita berontak, melawan, sok melanggar hak asasi kita dalam berpendapat.

sekarang ketika "orang lain" yang mengungkapkan "kebebasannya berpendapat", kita kelabakan, kebakaran jenggot..

hehehe…



3. funkshit Says:

@zam
tapi klo pendapat orang lain tersebut menjatuhkan kita.. ya jelas kita ngga boleh tinggal diam donks



4. Totoks Says:

bukankah itu juga hak kita menolak, makanya blogger ada fasilitas flagnya. dan hak anda juga untuk tidak ikut atau berdiam diri.
tidak perlu dipertentangkan :)



5. didut Says:

saya mah berlalu aja
*berlalu*



6. halah! Says:

halah! fuck you ! y’re shit! banyak omong.. ngga usah ngomong gadai 2 segala!.. nasionalisme mu ngga jelas.. Fuck you bro!



7. kenz Says:

@halah!
halo, saya bisa merasakan bagaimana kekecewaanmu yang tiada tara karena tidak bisa mematikan situs itu. sangat kecewa.. apalagi kalau orang yang biasa memaksakan kehendak… sangat kecewa…. hmm….



8. dinidini Says:

kalo banyak org Ind yg kesel bin mangkel pas baca ihateindon,
berarti sebenarnya msh bnyk yg cinta mati ma Ind ya..



9. leksa Says:

sudut pandang berbeda ternyata…
saya ingin situs itu ditutup,..
tapi disisi laen itu bagian dari kebebasan berpendapat,..
wong kita juga bebas berpendapat,.. dengan situs yang sama di malingsia.com
so,.. ya silahkan berbantah2 lah dalam ruang yang sama ampe modar siah… waktu terbuang, energi habis,..

dan

ternyata bangsa tetep terpuruk,.. ah ga tau ngomong dan mikir apa lagi…
akhirnya cuman mikir,..
apa yang terbaik bisa gue kasih buat negara ini….



10. m_karim Says:

Buat saya sih si pembuat blog perlu dilacak trus dituntut secara hukum.Soalnya ini menyangkut harga diri orang indonesia.Kalo harga diri sudah digadaikan,artinya sudah tak punya harga diri.



11. Kenz Says:

@m_karim
mungkin secara pidana pembuat ihateindon bisa dituntut karena penghinaan terhadap simbol-simbol negara.

saya tidak tahu anda menyebut harga diri yang digadaikan itu merujuk ke saya atau pembuat situs ihateindo?

hak saya untuk menggadaikan nasionalisme saya, anda tahu nasionalisme? nasionalisme (KBBI, 1989) adalah semangat kebangsaan… bukan harga diri. saya tidak bersemangat mencintai bangsa sendiri saat ini.



12. Fa Says:

@dinidini: bukan cuman cinta mati, tapi sudha jd ciri bangsa kita mudah tersulut sama usaha provokasi murahan kayak gitu *piss*

yg saya setuju dr mas kenz, klo ada opini negatif dari org lain thd bangsa kita, saya pikir hal pertama yg harus kita lakukan adalah introspeksi, bukan langsung mengibarkan bendera perang :D



13. ucok riau Says:

Bagus lah. Sepakat soal kebebasan bicara dan berekspresi
maju terus



14. Double Gardan Says:

Bro sekarang Blog ini udah ditutup ma asosiasi bloger, so kita ga usah cape2 berkoar-koar tentang nasionalisme, gw sarananin tetap aza ma keputusan masing2 mo nasionalisme mo kagak watdefak lah
*Salam Damai*



15. Kenz Says:

oh ya, tapi kok masih bisa diakses ya. thanks. perlu juga berkoar-koar tentang nasionalisme di tengah bangsa yang kebingungan dengan identitasnya.
*salam damai juga*



16. Emanuel Setio Dewo Says:

Isi websitenya keren juga kok. Jadi refleksi bagi kita bersama.

GBU



17. FAJAR Says:

Kalo saya sangat setuju kalo dihancurkan saja. Masa diantara temen2 gak ada yang sanggup sih ?



18. fajar Says:

Eh Gimana kalo kita bales aja ngejelekin balik …



19. Gadonboy Says:

Say no to war. Jangan sampai ada perang antara indonesia-malaysia. Soalnya damai itu indah.Tapi indah belum tentu damai lho. Jadi kesimpulanya boleh sekali-kali ribut,tapi jangan sampai ada maut. Nah,kalo soal blog ihateindon ini,harusnya jangan tutup dulu.Karena baru tahap pemanasan. Ini kan asyik buat debat dua negara.Ya nggak?Maksud aku Cuman debat men,bukan perang.Karena bagaimanapun
peace is beautiful



20. Nafshit Says:

damai aja bang bung bro neng non bra…..
ga papa dech berdebat dari pada berdarah….
karna perdebatan itu bagus juga buat diri kita….
ga ada jeleknya kok berdebat itu….
paling juga klo kita kalah berdebat perasaan kita jadi dongkol dan panas di tambah deg deg gan….
berarti klo da begicu kita musti bersabar…. and kalo bisa jangan di pendam perasaan kalah itu…. karna lama kelamaan jadinya buruk loch….hanya bikin sakit hati… jadinya dendammm dechhh hehe…..

Rasa sakit itu mendewasakan kita loch….
hanya orang bodoh dan tolol yang merana dan putus asa karna rasa sakit itu…



21. nonick Says:

GW HACK AJA SITUS INI YA



22. Dino Says:

Aku setuju abis sama anda..
Kalo gak setuju sama pendapat orang lain, gak usah dibaca blog tersebut.
Yang penting kita perbaiki diri kita sendiri.
Lagian orang yang bikin situs itu pasti gak punya kerjaan yang lebih baik, kenapa berurusan sama orang kayak gitu..



23. crossover Says:

fren semuanya ini ada blog tandingannya buat debat ama malaysia
kalo mo silakan kunjungi http://malingsia.com
loe pada bisa ngungkapin semua unek2 loe



24. smiling me Says:

menurut gw hak kebebasan berpendapat itu ada batasnya, yaitu jangan merugikan hak orang lain.
terlepas dari negara kita yang begini-begitu, ga adil, ga memperhatikan rakyatnya dan sgl macem, kita ni hidup di indonesia, banyak yang udah kita dapetin dr indonesia, jadi, apa rela kita ngeliat bangsa kita dihina sebegitunya?
mana ada nasionalisme itu tergadaikan? kalo toh digadaikan kan bs diambil lagi, namanya juga digadaikan..
dan lagi kita udah cukup sabar dengan rentetan ke kurang-ajaran sebuah negara bernama malaysia yang selalu diselesaikan dengan kalimat "kita kan saudara serumpun".
kalo gw sangat menantikan seruan "ganyang malaysia!" kaya yang diserukan sm bung karno, karena dengan bertindak tegas, negara lain pasti menaruh hormat dan sungkan untuk melakukan hal2 kurang ajar ke kita!



25. pdc_romeo Says:

Wah seru nih… ikutan kasih pendapat ah…
Kalo menurut gw … memang negara tetangga itu kurang kerjaan and cocoklah dengan kata "malingsia"… pokoknya semua hal yang kita punya… bla.. bla… bla… (untuk bla..bla…bla… isi sendiri) nah gimana dengan bangsa kita… yang juga ada … weleh…weleh…weleh… (untuk weleh… weleh… weleh… isi sendiri) tapi pribadi gue yang sebel ama negara ama orang atau apa pun itu adalah pendapat gue yang gw dapat dari UUD tentang kebebasan berpendapat… biarpun orang politik sering manuver tentang hal ini…
So teman2, semua bebas untuk punya pendapat masing-masing… and gue harap biarpun negara kita yang cuma punya … (… nya isi sendiri) tetap negara kita Indonesia… and gw ngga setuju dengan cara penggadaian nasionalisme… soalnya yang salah bukan negaranya tapi orang2 yang memimpin negaranya… gimana pendapat loe tentang nyawa orang apa itu bukan harga yang mahal yang kita dapat dari arti sebuah kemerdekaan (itung sendiri berapa banyak orang yang rela meregang nyawa hanya untuk bisa ada negara yang namanya Indonesia)…
Jadi sekali lagi gw saranin, semua orang boleh punya pendapat masing2 tapi janganlah sampai kita tak punya semangat dalam mencintai negeri ini yang dibangun atas pengorbanan yang tak sedikit dari para PAHLAWAN kita entah itu dari suku Aceh, Padang, Jawa sampai ke Papua sana… tetaplah mencintai Indonesia ini sampai titik darah penghabisan biarpun pemerintahnya ataupun aparatnya ataupun apalah… yang untuk sekarang ini ngga jelas kemana… tapi toh pasti masih ada yang benar… biar cuma 1 antara seribu atau sejuta…
Tentang demokrasi gw pernah alamin untuk mempertahankan pendapat ataupun kebebasan berpendapat gw harus berlarian di antara peluru di Thamrin dan jembatan Semanggi dengan almamater terpakai dan bahu yang harus memapah teman2 yang terkena peluru… so sayang kalau usaha gw2 semua waktu itu tak ada artinya … biarpun untuk sekarang ini masih banyak teman2 gw yang ngga jelas ada dimana??? PEACE ALL
Dari gue yang sangat mencintai Indonesia …



26. huh Says:

Oke bung ..fuck with national border! saya sependapat. Tapi tidak perlu senaif itu. periksa dulu konsep kebebasan berpendapat dan jaminan atas hak asasi manusia…

Sekedar mengingatkan…! saya kira konsep kebebasan dibuat untuk mencegah terjadinya penistaan, pengebirian, dan sekaligus pembatasan agar hak2 dan kebebasan2 tidak melanggar hak2 dan kebebasan2 manusia lain…

untuk Dino atau orang2 yang sependapat…tolong bedakan antara kritik diri dan respon terhadap penistaan…saya pikir tidak ada jalan lain menghadapi kaum rasialis sakit seperti mereka kecuali bunuh!

Untuk para pengelola ihateindon.blogspot.com kalian itu tengik…bajingan rasialis…pukimak apapun kebangsaan kalian!!! saya bukan fasis tapi menghadapi orang2 kerdil picik seperti kalian saya pikir inilah cara yang terbaik… GO TO HELL !!!!.



27. kaka Says:

Kebebasab berekspresi dengkulmu….!
Rusak! Rusak! kalo konsepnya kayak gitu.

sedih deh gue liat orang dengan yakinnya ngomong tentang kebebasan berekspresi tapi gak dong blas !!!!



28. Queena Says:

Serba salah… Kalo jadi orang Indonesia musuhin Malaysia.. Tapi kalo jadi orang Malaysia musuhin Indonesia.. Pusing.. Lahir sebagai orang Indonesia salah.. Geto juga sebaliknya.. Saling memusuhi.. Kesimpulannya: Aku gak ngerti n gak paham ama hal kayak geto2 mending belajar n bekerja buat persiapan masa depanku.. Bye2.. (Jangan ada yang marah ya.. Cuman numpang lewat kok..)



29. qpunk Says:

G agak bingung ama kebangsaan lo. Dalam penulisan blog ini, lo SELALU memposisikan diri lo itu bukanlah seorang INDONESIA. Entah apa maksudnya. Walaupun pada kalimat terakhir Anda menyertakan bahwa Anda masih seorang INDONESIA, akan tetapi kalimat terakhir itu tidak terasa menolong orang yg membaca untuk menghilangkan pertanyaan di atas.

Blog ihatexxxxxx uda lama g dengar, tp sayang belum pernah sekalipun g bisa membuka web itu. Ternyata di byk negara yg pemerintahannya tegas, maju dan concern atas cybercrime seperti, china(RRC), Korea Selatan, Jepang, bahkan di Singapore blog tersebut diblokir(tdk dpt diakses). Mungkin di tempat lain, blog itu terblokir-pun secara otomatis oleh pemerintah lokal. Gk usa di-hack-pun, blog itu sudah terblokir tersendiri(kecuali diakses melalui satelit).

Org2 malingsia memang maju, tp sayang wawasan mereka kurang. Banyak tulisan2 mereka yang mencerminkan kurangnya wawasan mereka akibat pembatasan berbagai media oleh pemerintahan mereka. Ada yg mengatakan bahwa INDONESIA meng-balikkan bendera Polandia atau bahkan menjiplak tok bendera Monaco. Tp mereka tidak paham bahwa tiap negara memiliki ukuran kain(lebar dan panjang) tersendiri dan ukuran,jenis,ketebalan warna-pun berbeda. Manalagi terciptanya Sang Merah Putih-pun bukan secara kebetulan. Ada sejarah dibalik penciptaan bendera kebanggaan kita itu.

1hal yg ingin saya coba menyadarkan Anda. INDONESIA seperti sekarang ini karena byk org2 seperti Anda. Orang2 yg tidak mencintai negaranya sendiri tidak pantas mengomentari atas apa yg terjadi di negaranya sendiri, karena kecuekan Andalah yg menghancurkan NKRI.

Setetes air tidak akan bisa menghancurkan apapun kecuali bila mereka berkumpul menjadi satu. Sekarang ini Andalah setetes air tersebut, entah Anda ingin memilih jalan yg mana? Berkumpul untuk menyuburkan IBU PERTIWI dan menjadi salah satu komponen pembangun bangsa atau menghancurkan layaknya hantaman tsunami???



30. kenz Says:

@qpunk.
haha! mungkin cuma anda saja yang tidak bisa buka situs itu, sampai sekarang masih berjaya kok… dan situs itu tidak diblokir di negara manapun… *mungkin wawasan anda perlu diperluas*

dan saya rasa tidak perlu dipermasalahkan tentang nasionalisme saya, jika saya bertanya pada anda : apa sih yang telah anda berikan untuk negara anda?

mungkin anda hanya bisa mencemooh orang-orang seperti saya yang benci dengan negara ini… lalu apa bedanya anda dan saya, hehe ;))



31. qpunk Says:

wow!! langsung direply. tq sebelumnya. hahaha

Pengetahuan saya mengenai dunia computer memang gk byk. hehehe maklum, agak kuper juga neh g. ;) hehehe yah… masih belajarlah.

Maaf kalo boleh bertanya, posisi Anda sekarang berada dimana? Berpergian ke China, Korea,dan Jepang gk dalam beberapa bulan/ 1-2thn terakhir? Anda tahu bahwa website kontroversial youtube.com mulai tidak bisa diakses di seluruh China mulai 13Maret lalu? Laman wordpress, blogspot juga bernasib sama.

G emank gk mungkin berkorban secara berlebihan, misal, rela jadi pasukan garis depan buat bangsa ini. Tetapi setidaknya g gk meninggalkan bangsa ini di saat bangsa ini sedang terpuruk akibat ulah org2 yg tidak mencintai bangsa ini, termasuk para koruptor, penghianat bangsa, dsb. Faktanya selama g di Beijing 2 thn belakangan ini, g selalu membantu segala macam perayaan terutama 17an di KBRI dengan TANPA BAYARAN SEPESERPUN. Bahkan di Visit Indonesia Year 2008(yg dasar perayaannya gk tepat) ini, g juga membantu penyebaran informasi dan bahkan berhasil membujuk puluhan teman2 asing dari berbagai negara untuk menghabiskan liburan winter di Indonesia. Bahkan setelah lulus kuliah dari sini saya merencanakan untuk kembali ke indo(tidak mencari pekerjaan tetap di sini, walau di sini tersedia pekerjaan yg menggiurkan dan jaminan hidup yg pasti).

Saya menyarankan Anda mengikuti program pemupukkan nasionalisme Anda di berbagai instansi pemerintahan yang ada(misal di kantor perwakilan Departemen Pemuda dan Olahraga, serta deplu di provinsi Anda). Siapa tahu setelah mengikuti seminar2 yang diberikan, dapat membuka mata Anda bahwa Indonesia tidak seburuk yang Anda kira.

Saya lihat Anda berlatarbelakang pendidikan psikologi, ya inilah program studi terfavorit di YOGYAKARTA. Tp sayang, Anda tidak menjadikan ‘penyakit kurangnya nasionalisme’ Anda sebagai bahan penelitian Anda sendiri, siapa tahu Anda mendapatkan ‘obatnya’, amin. Karena hal ini mulai berjamuran di banyak kaum muda saat ini (maaf) terutama kalangan intelektual di luar Jabodetabek.

Kalo boleh saya berbagi di sini, sebenarnya INDONESIA tidak seburuk yang Anda bayangkan saat ini. Ketika Anda menginjakkan kaki Anda keluar negeri, mendengar cerita langsung dari org luar mengenai negaranya sendiri, Anda juga akan terheran-heran sendiri karena ‘indah’nya luar negeri tidak seindah yang kita bayangkan. Dalam bayangan bahwa Indonesia adalah negeri yang paling memalukan dan bobrok di dunia ini akan segera sirna. Percaya gk percaya buktiin sendiri dech. UGM byk ank2 luar kan yg belajar di sana???!!!

maaf kalo ada kata2 yg kurang berkenan. hehehe g jgn dihack ya, kasihan, masih cupu g. peace man!!!
It nice bisa sharing bareng.



32. kenz Says:

@qpunk
thanks sharingnya..
setidaknya tidak perlu ke china untuk membuka situs tersebut, dari Indonesia sendiri juga sangat bisa (*sampai saat ini)

wow… anda menilai bahwa pendidikan nasionalisme saya kurang.. haha! setidaknya mungkin lebih dari yang anda kira… pendidikan nasionalisme saya bisa dikatakan melebihi rata-rata orang. (*maap bukannya sombong, tapi nyatanya begitu bahkan dari SMA nilai Tata Negara dan Kebangsaan saya selalu di atas rata-rata, kegiatan kepramukaan, dan juga wawasan kebangsaan, belum lagi seminar-seminar keindonesiaan) … semangat nasionalisme saya tidak diragukan… haha! tapi itu dulu…

mengapa saya berbalik? ya, gak usah menutup mata. belajarlah melihat akar rumput yang paling bawah.. dan justru karena belajar ilmu perilaku pada akhirnya saya bisa melihat sejauh mana sih perilaku saya dan juga orang indonesia.
mungkin anda belum menjadi bagian dari sistem itu, jadi wajarlah jika masih bisa menilai dari sisi positif.

salah satu waham orang indonesia adalah Waham Kebesaran, merasa diri bangsa yang paling hebat dan juga paling benar.. hakekeke.!

indonesia memang indah dilihat dari segi pesona alamnya (yang sekarang mulai rusak akibat bencana dan ilegal logging)….

indonesia memang kaya, dilihat dari sumber daya alam yang tersimpan di bumi kita (*tapi toh banyak yang sudah dihabisi dan dikuasai bangsa asing)

indonesia memang religius dilihat dari banyaknya agama (*tapi toh koruptor dan penjahat moral justru semakin banyak)

indonesia memang mistis dilihat dari segi banyaknya jenis setan/hantu yang bergentayangan (yang sekarang mulai merasuki anak-anak sekolah)

apa lagi yang dibanggakan di sini?
ah gak usah jauh-jauh,
amatilah perilaku berlalu lintas di kota-kota besar,
ikutilah isi berita media-media di indonesia,
lihatlah setiap demo, kerusuhan, tindakan kriminal,
cermati setiap birokrasi di pemerintahan,
dan pandangi setiap bencana yang melanda,
atau mungkin di tempat ibadahpun anda akan diracuni oleh dokrinasi kebencian pada agama lain…

maap, saya memang terkesan berpikir pesimistis… karena pengalaman dan apa yang saya inderai di negeri ini memang demikian adanya.

*sudahlah, tidak perlu menilai sejauh mana nasionalisme saya. Lebih baik kita melakukan apa yang kita persepsi sebagai suatu nasionalisme kita masing-masing… dan semoga itu berguna bagi kita sendiri ataupun orang lain.*



33. qpunk Says:

http://www.liputan6.com/mediap....._id=703853



34. Anto Says:

Apakah anda pernah menjadi TKI di malaysia ?
Apakah anda pernah bekerja di bawah orang malysia ?
Apakah anda pernah melihat teman anda di perkosa oleh orang malaysia ?
apakah anda pernah melihat orang kita di injak2 oleh polisi malaysia ?
apakah anda tahu hutan kita, pulau kita diambil oleh malaysia ?

saya rasa tidak ??

pluralisme bukan berarti tanpa hukum, saya rasa anda punya masalah dengan bangsa ini, karena anda lupa bahwa asal muasal kelahiran anda sedang dihina.

tapi itu hak anda untuk tidak berbuat apa2.



35. gina Says:

mengenai blog ihateindon tu.. saya ragu2 sama ada itu milik rakyat malaysia. banyak perkataan yang saya tak pernah dengar. koeli means what???? i dont get it…



36. permana Says:

walau saya masih memiliki garis keturunan dari bangsa luar, saya sebagai warga negara Indonesia sangat berang dan murka melihat hinaan terhadap Indonesia,…saya ga rela dan ga ada kata harga dirir tergadaikan untuk masalah ke nasionalisme…tetap bagi saya sebuah penghinaan…..ganyang Malaysia



37. sonny Says:

saya tidak peduli dengan penggambaran masyarakat Indonesia dalam blog tersebut. yang saya tidak bisa terima adalah pelecehan atribut-atribut bangsa kita seperti garuda pancasila dan bendera merah putih. hal-hal ini dilecehkan oleh orang dari sebuah bangsa yang tidak pernah mengerti apa artinya menumpahkan darah dan mengorbankan jiwa demi meraih sebuah kemerdekaan. tidak pernah punya sanak saudara yang mati dalam perang. kemerdekaan malingsia diperoleh sebagai sebuah hadiah. bahkan orang-orang itu tidak cukup kreatif untuk bisa menulis lagu kebangsaan sendiri. apakah kita diam saja kala lambang negara kita, yang diperoleh dengan cucuran darah para pendahulu kita, diinjak-injak? mau bilang apa sama kakek-kakek kita yang meninggal dalam perang kemerdekaan dulu? ini bukan tentang kita. sekali lagi ini bukan tentang kita. ini tentang para leluhur kita. GANYANG MALINGSIA!!!



38. JalanTerus Says:

lebih bahaya bila yang menulis itu adalah musuh dalam selimut yang mencoba memecah kesatuan bangsa sendiri..



39. indoboiii Says:

@gina: koeli itu artinya kuli.

baiknya kita jgn balas dendamlah. krna :
kezaliman dibalas dgn kebaikan. so…(tahu lah ya…)



40. indonesia maju Says:

Saya tidak akan termakan hanya dengan kata-kata dan tulisan orang yang tidak berpendidikan . Indonesia adalah negara yang besar, luas, kaya, bersuku-suku dan jika bersatu maka akan menjadi negara yang sangat kuat hingga ditakuti menyaingi negara-negara maju. Jangan mudah terhasut untuk melakukan tindakan kekerasan dan hal2 yang merugikan karena kita adalah orang-orang cerdas. Lebih baik energi kita gunakan untuk berjuang lebih memajukan indonesia, melindunginya dari rongrong yang akan menghancurkan persatuan kita baik dari dalam maupun dari luar. Jaya indonesia tercinta maju terus menjadi yang terdepan. Karena kita negara besar dan kuat.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.135s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia