pakupaku
Tuesday, 30.09.2008 21:31

Blogger, Hati-Hati IDFaker di Internet !

Posted on Psychoblogology.

Pagi ini, sebelum berangkat PKP ke puskesmas yang jauhnya sekitar 30 Km dari rumah, saya mengecek email dan mendapatkan beberapa email yang berasal dari blog ini. Beberapa email itu merupakan pemberitahuan adanya komentar baru. Rupanya ada perdebatan seru pagi ini antara dua orang pada tulisan saya tentang Front Pembela Islam.

Tujuh email itu masuk pada saat yang bersamaan, dan karena tertarik melihat siapakah orangnya, maka saya mengecek referensi di pencatat web statistik. Saya menemukan link referensi masuk dari salah seorang seseorang yang sedang berdebat tersebut, yaitu :
http://www4.shoutmix.com/?acex_apiper2008

Welehh! Saya melihat nama saya sedang berkomentar di shoutbox blog tersebut, padahal saya baru pertama kali mengunjungi blog itu. Pantas saja, terkadang saya mendapatkan komentar yang isinya makian karena ternyata ada si IDFaker! yang berpura-pura menjadi saya dan memancing permusuhan dan kebencian dengan orang lain melalui komentar atau shoutbox blog lain.

Siapapun orangnya, entah pro FPI yang ingin memprovokasi saya ataupun kelompok lainnya yang kontra FPI, pembajakan identitas saya adalah tindakan pengecut dan tidak tahu aturan.

Perlu saya tegaskan dan informasikan kepada seluruh teman-teman saya dimanapun berada :
Akhir-akhir ini (1 tahun terakhir) saya jarang melakukan blogwalking karena kesibukan saya menjalani kuliah di profesi. Hal tersebut juga membuat saya jarang menuliskan komentar di postingan blog orang lain ataupun juga di shoutbox.
Oleh karena itu, jika ada seseorang yang menuliskan dengan nama saya dengan mengacu situs ini, saya mohon dikonfirmasikan pada saya sebelumnya. Saya cenderung menggunakan IP address tetap dan email yang konsisten dengan suatu pola tertentu untuk penulisan komentar serta shoutbox.


IDFaker, saya akan menyebut orang-orang ini dengan sebutan itu. Orang-orang pengecut yang tidak berani menggunakan identitas dirinya untuk mempertanggungjawabkan perilakunya di internet. Mereka menggunakan nama orang lain dengan suatu tujuan jahat, yaitu untuk mengadu-domba, memperkeruh suatu hubungan, mencemarkan nama baik dan menipu orang lain.

Jadi IDFaker menurut saya adalah seseorang yang berpura-pura menggunakan identitas orang lain untuk menipu atau memfitnah orang lain di internet.

IdFaker is someone who pretend to use the identity of the other person to cheat or slander on that other person in the internet.

IDFaker akan leluasa memainkan perannya di internet daripada di dunia nyata, anonimitas dunia maya memungkinkan seseorang memalsukan diri menjadi orang lain dengan mudah untuk maksud-maksud tertentu. Oleh karena itu, para pengguna internet harus waspada dengan bahaya ini, khususnya blogger yang memiliki mobilitas tinggi dalam berinteraksi antar blogger melalui komentar suatu postingan ataupun shoutbox.

Kasus kejahatan IDfaker sebenarnya sudah cukup banyak terjadi di internet, tidak hanya untuk mengadu domba tetapi juga untuk mencari keuntungan dengan menipu orang lain. Beberapa modus yang kerap terjadi, misalnya :
Mengadu Domba.
Berpura-pura menjadi teman baik yang telah dikenal A, lalu mengatakan hal-hal negatif ataupun yang tidak sepantasnya pada temannya tersebut melalui komentar di postingan blog atau shoutbox.

Mencemarkan Nama Baik.
Membuat Friendster/blog palsu tentang seseorang, lalu berpura-pura menjadi orang itu dengan menunjukkan semua hal yang buruk (fitnahan).

Menipu Untuk Mendapatkan Keuntungan.
Berpura-pura menjadi teman dekat A, melalui email atau komentar blog, dia meminta tolong untuk ditransfer sejumlah uang karena sedang kecelakaan atau terdampar di daerah tertentu.

Tips Mengatasi IDFaker untuk sementara ini :
1. Gunakan identitas tetap seperti ip address, browser dan nama tertentu, disertai dengan pola-pola tertentu yang konsisten terhadap penulisan di suatu postingan. Misalnya di situs tertentu, kita hanya menggunakan email tertentu, nama tertentu, browser tertentu dan ip tertentu sebagai kode identitas.

2. Beritahukan teman-teman terdekat Anda agar selalu melakukan konfirmasi jika terdapat hal-hal yang penting seperti permohonan bantuan, dan lain sebagainya. Beritahukan juga suatu nomor kontak atau alamat email kontak pribadi untuk melakukan konfirmasi tersebut.

3. Gunakanlah fake email ataupun email skunder ketika mengisi suatu komentar di blog atau situs lain. Lindungi alamat email primer Anda dan batasi penyebarannya hanya pada orang-orang terdekat Anda.

4. Lakukan konfirmasi dan hubungi pemilik blog yang bersangkutan jika Anda menemui identitas Anda telah digunakan orang lain untuk tujuan tertentu. Jelaskan dengan segala niat baik Anda untuk memulihkan suatu hubungan.

5. Jadilah diri Anda sendiri, dengan menggunakan kata-kata dan tulisan khas Anda karena setiap orang adalah pribadi yang unik.

6. Laporkan ke aparat penegak hukum, jika Anda memiliki bukti-bukti yang menguatkan adanya penyalahgunaan identitas Anda.

7. Waspadalah selalu dan jangan berhenti untuk mengingatkan orang lain agar tetap waspada. Kejahatan penipuan ini selalu ada dimanapun dan bisa terjadi pada siapapun.

8. Patuhilah Etika Dasar BerInternet.

Kesimpulannya, IDFaker adalah orang-orang pengecut yang tak bermoral dan tak bertanggungjawab. Mereka adalah orang-orang yang kalah, tidak lagi memiliki sumber daya diri untuk bertahan terhadap ketidakmampuan mereka sehingga akan menghalalkan cara demi tercapainya tujuan mereka. Mereka tidak lagi mengindahkan Cyber Ethics.

Kejahatan penipuan identitas (IDFaker) ini sama seperti phising, hacking, Typosquatting dan kejahatan cyber lainnya yang sulit dicegah. Jadi berhati-hatilah selalu ketika berada di dunia maya !

Tags: , , , , , , ,

Mood : Marah emoticon

8 Responses :


1. ACEX Says:

Untuk mas Kenz yang ASLI. Saya mnt maaf lahir dan batin.
Saya baca Posting saudara tentang FPI dan banyak komentar, saya pun jadi ikut berkomentar dan da comment balek dari seseorang yang bernama Kenz (Asli ato Palsu) saya gak tahu. Ya kami perang komentar.

Coba Saudara cek siapa orang yang menggunakan identitas saudara (Kenz). Jangan sampe dia SI PALSU tu mengadu domba kita dan pembaca blog lainnya.

Terima kasih.



2. ACEX Says:

Saya juga gak tahu IP Kenz PALSU tu karena waktu komentar ya masuknya ke blog Saudara ini.

PERHATIAN :
Untuk para BLOGGER mohon untuk tidak menggunakan Identitas Orang lain. Gunakan Identitas anda sendiri.



3. Kenz Says:

@ACEX
Anda bisa mengetahui IP orang yang mengaku dengan nama KEN dengan cara masuk ke admin di :
http://www4.shoutmix.com/?acex.....2008=admin

dan setelah masuk admin, di sebelah kanan tanggal ada tanda #, coba arahkan kursor kesana dan anda akan melihat IP saya yang asli dan juga KEN yang palsu.

*saya curiga ini sebuah rekayasa saja, kalau IP itu saya ketahui saya akan mencoba melacak dan menganalisa siapa orangnya/pihak yang bertanggung jawab untuk itu.

** kita tidak bisa memaksa blogger ataupun orang lain untuk tidak menjadi seorang IDFaker, percuma saja, semakin dilarang semakin menjadi, jadi ya berhati-hatilah.



4. zam Says:

ini zam yang asli ato palsu, hayo?

hehehe..
iya, saya juga resah karena ada yg memalsukan id saya.. niatnya cuma becanda sih, tapi rasanya kok risih juga lama-lama.. :D



5. nonadita Says:

internet semakin tidak aman saja :( *keluh*



6. samsul Says:

terima kasih sharing pengalamannya, mas. tentang ip addr tetap bagi yang mengakses lewat warnet mungkin susah, cara satu2nya datang ke warnet yg sama jika posting komentar/shoutbox.



7. sa Says:

hal spt ini pernah terjadi 3-4 th lalu.
adu domba para wanita di blogosphere.
bawa2 agama juga.
moga yg satu ini jg ndak keterusan.



8. Dayat's Artikel Says:

Benar sekali Gan, hal ini adalah suatu tindakan yang pengecut, Aku kagum sm ketegaran Agan, ini motivasi yang bagus, soalnya aku juga pernah jadi korban…



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.093s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia