pakupaku
Saturday, 27.08.2005 12:25

Sebuah Arsip: Blog dan Kepribadian

Posted on Psychoblogology.

Hari ini saya menanggapi tulisan di blogfam tentang kepribadian dan blog. Saya mengcopy arsipnya disini sebagai sharing… barangkali ada yang mau mendiskusikannya secara baik-baik.

Memang benar bahwa kita tidak boleh menilai kepribadian seseorang dari postingan saja. Kebetulan saya belajar di psikologi, dan ternyata banyak sekali ilmu yang didapatkan saya tentang teknik mengetahui kepribadian seseorang. Salah satunya adalah mempelajari dari apa yang dikeluarkan seseorang melalui kata-katanya. Bukan hanya kata yang terlontar sekali atau dua kali saja… namun kata-kata yang membentuk suatu cerita. Cerita seseorang akan selalu bertema, why? karena hal ini merupakan suatu hasil kerja pikiran kita sebagai manusia. Pikiran-pikiran inilah yang akan dianalisis.


Dalam psikologi ada beberapa tes kepribadian yang mengungkap seseorang melalui kata-kata yang tertulis yaitu SCCT dan TAT. Meskipun demikian Tes ini bukan suatu tes utama namun adalah tes pelengkap. Beruntung saya bisa mempelajari TAT selama 1 tahun, dan saya benar-benar terkejut. Bahwa benar tes ini bisa membantu menjelaskan suatu dinamika kepribadian seseorang hanya dari cerita-cerita seseorang dari suatu gambar yang ditunjukkan kemudian testi disuruh bercerita atau menuliskan ceritanya.

Dalam cerita seseorang terkandung suatu tema tertentu yang terpola, yang di dalamnya kita bisa melihat adanya needs dan press seseorang. TAT ini didasarkan pada teori needs Murray yang memandang bahwa dalam suatu perilaku manusia pasti didorong oleh adanya motivasi internal dan eksternal, sedangkan lingkungan dipandang sebagai press (tekanan) yang mempengaruhi dorongan tersebut. Keduanya akan membentuk suatu interaksi antara kebutuhan dan lingkungan yang disebut sebagai tema. Kesatuan tema merupakan kesatuan interaksi itu yang terbentuk sejak jaman kanak-kanak tanpa disadari, dan ini merupakan kunci dari suatu perilaku unik (khas) seseorang.

**** Hehehe… wah bahasanya memang terlalu tinggi yea… tapi ya begitulah sedikit panjang dan rumit penjelasannya.

TAT adalah tes proyeksi, secara sederhananya begini…
seseorang mengungkapkan sesuatu baik perasaan, dorongan dan sentimennya ke dunia luar melalui kata-kata membentuk suatu cerita, meskipun dia membuatnya direncanakan namun toh tidak terlepas dari adanya pengaruh ketidaksadaran dalam pikirannya.

Pola-pola ini biasanya tetap, makanya saya yakin sekali. Jika seseorang terus menerus menulis dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari beberapa bulan. Kepribadiannya akan sangat mudah diketahui karena membentuk suatu pola-pola yang stabil.

Kasus ini saya terapkan pada kasus sHa, meski dia tidak bisa kita temui, dia adalah suatu produk dari pikiran seseorang. Ketika saya mulai berkenalan dengannya dan juga membaca tulisan-tulisannya dari awal sampai akhir. Saya menemukan suatu pola yang sama, dan bahkan saya bisa menemukan suatu dinamika kepribadian yang unik di dalam sana.

Saya belum menemukan adanya tanda-tanda splitting kepribadian (kepribadian ganda), sHa adalah suatu pribadi yang unik. Sayang sekali keadaan tidak memungkinkan saya lebih jauh untuk menelitinya. Meskipun sangat menarik namun jika itu mengganggu seseorang dan yang mengaku keluarganya, rasanya kok ya kurang etis.

Saya ngeblog adalah suatu eksperimental, kemudian ketika saya melihat tulisan-tulisan saya. Saya sadar itu membentuk suatu pola, meskipun berulang kali saya berusaha menciptakan pribadi di luar kepribadian saya. Namun pola itu tetap muncul.

Itulah mengapa saya juga menuliskan artikel lainnya tetang blog dan kepalsuan.

Dalam debat kemarin, ada yang mengaku dia menciptakan karakter natasha lima tahun yang lalu. Dia bilang bisa menjebak dan menipu banyak orang…… ya… karena dia berinteraksi melalui chatting, dan satu hal lagi.. dia tidak punya catatan blog yang cukup lama sehingga tidak bisa dilihat polanya. Demikian juga pada kasus seorang nenek yang memiliki kepribadian ganda, mengapa bisa menipu banyak orang? karena dia tidak punya blog ataupun catatan dari cerita-ceritanya sehingga sulit untuk membaca sebuah inkonsistensi pertentangan emosi kepribadiannya.

Intinya : Kesadaran dan alam bawah sadar kita adalah pembentuk suatu kepribadian. Kita bisa saja menekan alam bawah sadar sehingga yang muncul adalah hal-hal yang ingin kita munculkan dan tampakkan pada orang lain. Tapi toh kita punya alam bawah sadar yang pada suatu saat akan keluar dan mempengaruhi perilaku kita secara tak sadar.

Demikian, Sekali lagi ini adalah suatu wawasan. Bukan untuk menyangkal pendapat-pendapat yang telah ada di milis ini.

Coba deh baca kembali blog Anda dari tahun yang lalu. Jangan terkejut jika Anda akan menemukan siapa diri Anda dan polanya akan selalu tetap. Jika belum membentuk pola.. menulis saja terus… dan lihat setahun kemudian atau dua tahun kemudian.

Catatan :
** Blog yang bisa dilihat pola kepribadian dengan mudah adalah blog yang bertema curhat.
** Minimal sebulan menulis lebih dari 10 kali dan melakukan penulisan lebih dari 7 bulan.
** Semakin lama bercerita akan semakin baik dalam melihat pola yang muncul.

Tags: , ,

Mood :

13 Responses :


1. Nana Says:

punya ku udah beberapa bulan, hihihi.. bisa ketauan dong yak, tapi kalau baca suka sebel, isinya marah-marah muluh hakhakhakhak…



2. unul Says:

menarik banget!, tulisan anda hebat sekali ya. sempat juga terpikir ide yang kayak anda ungkapin, cuman sekilas gitu deh, soal nya gak punya teori yang mendukung, juga gak punya kepentingan buat mikirin hihi. selama ini saya mikirnya, blog itu masalah bakat menulis, tipe2 orang kayak wartawan pasti bakal punya blog bagus (dalam artian tulisan berupa kata2 tertata rapih), atau juga orang2 tertentu yang pengen memanipulasi kepribadiannya biar terkesan jadi orang berkepribadian tertentu. tapi ternyata blog itu ekslusif ya, bukan masalah bagus atau tidak, tapi orang akan menulis sebagaimana kondisi psikologinya, uhm, gitu gak siyy :D



3. nina Says:

bener bgt tuh, biasanya aq slalu pengen curhat klo lg sedih n seneng n biasanya kata pembuka atau penutup nya sama n yang paling banyak aq gunakan adalah KENAPA SIH



4. Ran Cliffe Says:

Waduh,..
kayaknya pengen membaca lebih jauh.
karena penasaranku terhadap kejiwaan manusia itu lumayan lebih besar ketimbang keingintahuanku tentang yang lain.
bisa ditanggapi???



5. ali Says:




6. moko Says:

TAT itu kalo gak salah, si klien diminta bercerita secara verbal bukan?
kalau dalam bentuk teks (blog) bukankah sudah ada proses2 lain seperti psikomotorik (mengetik)?
apakah masih sama, hasil analisa cerita verbal dan cerita teks?



7. kenz Says:

@Moko
Salam kenal… Anda benar bahwa TAT adalah tes verbal, sedangkan dalam proses menulis dalam blog ada proses-proses lainnya yaitu mengetik.

Dalam artikel ini saya hanya ingin membandingkan dan mendiskusikan, bahwa prinsip proyeksi yang ditangkap oleh TAT dapat pula digunakan untuk menangkap tema-tema yang muncul dalam tulisan seseorang di blog.

Jadi bukan menjadikan TAT sebagai alat untuk mengungkap tema di blog, tapi prinsip-prinsip dasar TAT dapat digunakan untuk mengetahui adanya need dan press dalam tulisan di blog seseorang.

Begitu.. hehe… atau bisa jadi kita membuat alat tes baru untuk mengungkap tema-tema needs dan press dalam blog ;)



8. moko Says:

ow, begitu to ;)
wah, bkin alat baru?
sepertinya agak berat tuh, berhubung dahulu kurang suka dgn mata kuliah konstruksi tes hehehehe

*btw, aku dan temanku membuat blog tentang psikologi populer (masih artikel2 amatiran sih =p ),. kl ada waktu, mampir2 ke http://popsy.wordpress.com/



9. yudhy Says:

kata2 anda lumayan,, bahasax tinggi. saya masih skul di tahapan jenjang smu. saya tertarik dengan ilmu jiwa tapi saya masih kurang pengalaman tolong di bantu yaaa………..
masih banyak hal yang perlu saya pelajari……..
kirimin donk email…………….
klo bisa anda ajarin saya banyak hal bagaimana secara detail mempelajari kepribadian seseorang atau diri sendiri……
thanks sebelumnnya………
salam dari saya…………..



10. iVy Says:

wah….
stuju tuh gw…..
gw jg kbetulana anak psiko jg…. jd apa yg lu omongin itu bner….
gw stuju ma ungkapan lu….

cuman gw mu ngasih tau aja.. tes TAT sbenernya bisa aja diketik tapi dengan diketik org itu akan sadar… padahal kan esensi dari TAT itu mengetahui alam bawah subjek. jadi sebaiknya sih face 2 face aj. ditakutkan ntar orangnya kburu defence. okeh….



11. hami Says:

mas.. aku tertarik tentang TAT, boleh minta bantuan kah daku padamu?hehehe



12. didan Says:

kira2 kalu saya ikutdiskusiboleh ga?

soalnya aq kurang paham ma TAT



13. metin2 yang Says:

metin2 yang
metin2 yang



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.100s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia