pakupaku
Sunday, 20.01.2008 2:21

Tipuan melalui Email (Phishing) Pertama di Tahun 2008

Posted on Internet.

Kemarin saya mendapat email phishing pertama berbahasa Indonesia di tahun 2008 dari situs BikinDuit.com, judul email yaitu informasi pembayaran sempat menipu saya karena alamat email saya itu memang saya pergunakan untuk bertransaksi dimana-mana. Jelas sekali bahwa email ini mengandung phishing, atau tipuan yang mengarahkan saya untuk melakukan sesuatu pembayaran ke alamat situs bikinduit.com padahal saya sama sekali tidak pernah berhubungan dan berurusan dengan situs ini.

Anda meminta informasi pembayaran di kirimkan kepada anda pada tanggal 18 Jan 2008.

PEMBAYARAN MELALUI KARTU KREDIT / PAYPAL
Untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit / PayPal, tolong pergunakan link berikut ini :
http://www.BikinDuit.com/payment_gateway.php
method=paypal&securecode=b2N0YXZlQGA==

PEMBAYARAN MELALUI BANK COUNTER / ATM / INTERNET BANKING
Untuk melakukan pembayaran melalui Bank Counter / ATM / Internet Banking. Di sini kami tambahkan “angka ganjil / unique” ke dalam pembayaran anda, agar kami lebih mudah untuk melakukan verifikasi pembayaran anda. Silahkan Anda setor/transfer dengan nilai Rp.240.714.

BCA ACCOUNT DETAILS
Bank : Bank Central Asia (BCA)
Nama Rekening : Supriyanto
Nomer Rekening : 2861392904
Jumlah : Rp. 240.714

Email selengkapnya :

Email Phishing dari BikinDuit.Com

Tidak heran juga jika kemudian data pribadi saya sudah tertanam dalam databasenya, ini terlihat dari nama lengkap saya, email saya dan juga nomor telpon saya yang tertera ketika saya menguji link dalam email tersebut.

Phishing BikinDuit.Com

Apa itu istilah phishing?

Phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti e-mail atau pesan instan. Istilah ini muncul dari kata bahasa Inggris fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Wikipedia Indonesia : Phishing

Email phishing kemungkinan akan bertambah menjamur di Indonesia pada tahun 2008, seiring dengan penetrasi internet pada masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Sama halnya seperti kasus-kasus penipuan melalui sms/telpon yang marak di era tahun 2001-2006.

Penipuan melalui sms/telpon saat ini cenderung berkurang drastis dan hampir nihil karena adanya kebijakan-kebijakan dari pemerintah dan juga karena kesadaran masyarakat yang semakin meningkat. Sedangkan media internet sendiri saat ini adalah media yang baru berkembang pesat di Indonesia.

Semakin banyaknya penyedia internet dan semakin terjangkaunya biaya akses internet membuat semakin banyak orang mulai mengenal internet dan menggunakannya. Hal ini adalah sebuah pasar yang potensial bagi para penipu untuk melakukan aksi phishing dengan memanfaatkan kesadaran masyarakat yang masih kurang dan juga ketidaksempurnaan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal ini.

Meski sampai saat ini belum ada hukum cyber di Indonesia tentang penipuan di internet, namun bisa saja kita melaporkan kasus penipuan di internet berdasarkan KUHP yang sudah ada. Tentunya proses ini pun tidak semudah yang kita bayangkan karena begitu kompleksnya dunia maya sehingga perlu ketekunan dan keseriusan untuk menangkap pelaku-nya.

Menurut hemat saya, salah satu sikap terbaik untuk menghadapi email phishing pada saat ini adalah dengan waspada dan tetap berhati-hati dengan semua email yang masuk dalam inbox email kita. Terutama yang mengandung tema dan ciri-ciri email sebagai berikut :

1. Email bertema tentang update data suatu keanggotaan tertentu, yang mewajibkan kita untuk menyebutkan nama login dan password atau data-data pribadi kita seperti nomor kartu kredit, alamat rumah, alamat kantor dll.

2. Email bertema tentang tawaran sesuatu yang menarik seperti hadiah, namun mewajibkan kita untuk mengirimkan uang ke rekening tertentu atau juga dengan mengirimkan kode password atau data pribadi ke alamat email tertentu.

3. Email tentang konfirmasi pembayaran, yang menyuruh kita untuk menuliskan data rekening pribadi, password ataupun juga nomor kartu kredit dalam suatu situs tertentu.

4. Email yang seolah-olah dari pengelola suatu yayasan amal untuk kemanusiaan atau kelompok agama tertentu yang meminta bantuan berupa sumbangan-sumbangan bencana alam, dengan cara mengirimkan nomor kartu kredit atau dengan hanya mengirimkan password dan login sebagai syarat pendaftaran.

5. Email yang seolah-olah dari teman dekat kita yang sedang membutuhkan bantuan dan menyuruh kita untuk melakukan sesuatu hal berupa pembayaran uang tertentu, pengiriman data pribadi dan lain sebagainya.

Tema-tema itu kemungkinan akan terus berkembang dan bervariasi seiring dengan perkembangan jaman dan juga kreativitas dari para penipu. Beberapa tips agar terhindar dari kejahatan email phishing adalah :

1. Teliti dan Waspada, bacalah email dengan teliti dan tidak sembarang melakukan klik pada link suatu email.

2. Selalu melakukan konfirmasi ulang atau pengecekan pada pihak-pihak yang bersangkutan dalam bertransaksi terutama yang berkaitan dengan uang ataupun data pribadi yang sensitif seperti nomer kartu kredit.

3. Tidak perlu membuka email yang tidak dikenal, atau berasal dari orang yang tak dikenal meskipun terkesan menarik perhatian serta menawarkan kesenangan secara instan.

4. Gunakanlah email resmi hanya pada pihak terpercaya, dan gunakanlah email tidak resmi untuk mengisi komentar, ataupun juga mendaftar pada forum-forum di internet.

5. Jangan tergoda untuk mendapat uang/barang/harta/kesenangan sesaat secara instan.

6. Tidak sembarangan mencantumkan email/data pribadi/kartu kredit dalam situs di internet.

7. Rubahlan sandi/password email ataupun keanggotaan pada situs pembayaran seperti paypal dan sejenisnya secara teratur.

8. Selalu mengikuti perkembangan keamanan berinternet.

Perlu diperhatikan bersama bahwa tips di atas tidak menjamin kita terhindar dari kejahatan email phishing namun dengan pengetahuan tersebut kita dapat mempersempit ruang gerak para penipu dan mengurangi korban kejahatan akibat email phishing ini.

Referensi :
Konsultasi Hukum Online : Phishing.
Tips Keamanan Paypal
10 Tips Melawan Phishing dari Secure Computing
Game Pendidikan Anti-Phishing

Tags: ,

Mood : Marah emoticon

20 Responses :


1. evan Says:

boleh pertamax gak ya?
salam kenal,mas..



2. evan Says:

urusan tipu menipu sekarang modelnya makin canggih ya mas..



3. Hedi Says:

sebenernya, alasan/penyebab tertipu yang paling umum adalah karena faktor tergiur materi, semakin mata duitan maka akan semakin mudah kena.



4. funkshit Says:

saya kok masih agak2 takut ya klo mainan duit lewat inet gitu .. masih ngerasa ngga aman aja



5. Cinthya Aristawati Says:

halooo……met kenal yah…

Bole numpang baca dan coret2 di blognya?

Langsung coret aja yah…=)

aku pribadi masih agak takut2 kalo pake internet untuk transaksi. Cara konvensional face to face mungkin akan membuat orang merasa lebih aman dan yang pasti harus mengeluarkan tenaga dan waktu yang lebih dibandingkan cara praktis seperti internet. Zaman modern perlu keamanan dan sikap waspada yang modern juga.



6. kim Says:

Kalau memasukkan data kartu kredit di paypal aman tidak ya mas?



7. kenz Says:

@kim
Penggunaan paypal dapat meminimalisir kita dalam memberikan nomer kartu kredit. Jadi hanya perlu satu kali saja menuliskan nomer kartu kredit yaitu di paypal sehingga jika kita melakukan transaksi menggunakan paypal, kita tidak perlu lagi menuliskan ulang nomer kartu kredit di situs-situs tempat kita melakukan transaksi.



8. Muji Says:

Mass,…. sebenarnya jujur aja. Kalo kita mau secara riil jalanin systemnya pasti oke kok kita dapetkan. Selama ini org2 cenderung berpikiran gabung trus instan terima duit. Nah itu gak bakalan terjadi lah,….masak gak ngapai2in bisa dpt duit. So kalo mau dapet ya jelas kudu jalanin sistemnya dong. Aku dpt kok dari bikin duit,… lumayan lha meski gak sampe puluhan juta. Itu aku lom semuanya jalanin sistemnya …hanya beberepa aja. Maklum waktuku nge-net hanya bisa di ktr



9. cool Says:

makasih bro buat infonya, berguna banget neh.

http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/pengeta.....ahun_2008/



10. wahzan Says:

Saya telah melakukan transaksi secara online, dan selama ini aman-aman saja memang transaksi online perlu ketelitian, ya kalau bisa transaksinya jangan pake CC tapi lewar transfer jadi amaaaan ok



11. bang izur Says:

betul mas, barusan aku mau ngangkat email phisingnya bikin duit.com e… malah sudah ada yang ngangkat. Jualan boleh, tapi minimal harus ada daftar isinya dong yang mau dijual. Iya ngga? jangan jualan Kucing dalam kardus kekkek2..
Jangan-jangan isinya cuma sampah busuk:)
Lagian tu orang namabnya bukan si Bambang dah, Tempatnya juga dirahasiakan di Jakarta Utara. Payah…



12. newbe Says:

Kira2 kalau di hack bisa ngga ya? coba ah..



13. fadly Says:

punten
saya mau tanya, saya baru saja menerima email dari jwilliams00email00@myway.com yang isinya mau ngasih duit, bodohnya saya jawab dan ngasih alamat saya..apakah itu juga kejahatan internet trus gimana ngatasinnya..pliss mohon bantuannya.thank



14. Eng Topan Says:

Tidak semua yg di internet menipu, Saya udah belanja beberapa kali dan sukses. kebanyakan yg menipu adalah program HYIP, So jadi hati2 lah, Tips Sehat berinternet, 1.Selalu bersihkan cokies anda, 2.Gunakan browser firepox versi 3 ke atas atau IE7 ke atas, 3.Gunakan firewall, 4.Aktifkan anti spyware, 5.Jangan Bertransaksi yang berhubungan dengan kartu kredit di warnet yang kita tidak tahu standar ke amanan nya. Trims



15. Ines and Hanna Says:

thank’s yo buat artikelnya

ngebantu buat buat tugas sekolah



16. andrew Says:

cara melaporkannya gimana ya..?? biar si pelaku di tangkep ama yg berwajib..ada yg tahu??



17. mandiripro.com Says:

Makanya bukunye eye kasih gratis, mandiripro.com/bonus.php

hehe biar ga ketipu lagi kaya gw seh :( hik hik



18. Dirga Says:

yg penting tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap e-mail2 yg tidak kita kenal



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.109s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia