pakupaku
Wednesday, 31.12.2008 9:52

Evaluasi Telkom Speedy Unlimited Paket Office

Posted on Internet.

Tidak terasa hampir 1 tahun saya menggunakan paket telkomspeedy unlimited paket office. Januari 2008, saya memutuskan untuk berganti paket dari paket time based ke unlimited (office) karena ada permintaan tetangga-tetangga sekitar untuk ikut menikmati akses internet dalam satu perumahan. Jadilah saya membuat RT/RW Net.

Selain itu di kantor adek saya juga terpaksa harus memakai telkom speedy paket unlimited karena ada kebutuhan akan akses internet terus menerus  yang stabil dan murah sebagai komunikasi server ke remote client dan remote server maupun sebagai web server.

Evaluasi secara umum tentang paket telkom speedy paket unlimited office yang ada di daerah rumah saya (BANTENG, KAB. SLEMAN)  dan kantor adek saya (NGAMPILAN, YOGYAKARTA)  adalah sebagai berikut :

1. Secara keseluruhan paket ini sangat membantu bagi orang-orang yang membutuhkan akses internet terus menerus dengan biaya yang terjangkau yaitu sekitar Rp 820.000,- setiap bulan (termasuk PPN). Harga paket sebelum PPN adalah Rp 750.000,- tiap bulan.

2. Hal yang sangat menguntungkan adalah pemberian IP statik sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai komunikasi host to host ataupun host to client seperti misalnya untuk web server. Sejauh ini saya sudah menggunakan komputer di rumah saya untuk menjadi server forum diskusi, sms gateway, dan web server. Ketiganya berjalan lancar sampai saat ini.

3. Kecepatan akses paket unlimited dijanjikan adalan up to 1 Mbps (125 KB/s), namun kenyataannya hanya sekitar 400-700 Kbps (50KB/s – 80KB/s) saja yang didapatkan.

Speed Test Telkom Speedy Rumah

Hasil speedtest dari rumah saya. (Jam Sibuk)

Speed Test Telkom Speedy Kantor

Hasil speedtest dari kantor adek saya. (Jam Sibuk)

4. Kestabilan secara umum dalam kategori cukup, dalam artian telkom speedy unlimited pake office tidak selalu bisa memberikan akses yang stabil karena pada waktu tertentu bisa saja putus tiba-tiba (DC). Untungnya ini tidak sering terjadi (beberapa hari atau seminggu sekali).

5. Kinerja kecepatan akses telkom speedy paket unlimited dari waktu ke waktu cenderung menurun. Pada awal April 2008, kecepatan aksesnya mencapai 800 Kbps (100 KB/s) namun sejalan dengan waktu dan mungkin bertambahnya pengguna kecepatan 800 Kbps atau 100 KB/s tidak pernah didapatkan terkecuali untuk mendownload di server INHERENT (antar universitas seperti ITB, UI dan UGM) dan server www.foss-id.web.id.

6. Kantor adek saya dan rumah saya menggunakan linux ubuntu, paket speedy unlimited ini sangat menguntungkan bagi kami karena dapat melakukan update ubuntu dengan cepat (meski sebenarnya masih tergolong lambat tapi lumayan bisa mendapatkan 80KB/s).

7. Menurut pengalaman saya, kelemahan dari paket unlimited paket office adalah ketidakstabilan kecepatan akses, kemudian juga Quality of Service (QoS) yang rendah. Hal ini berbeda dengan paket unlimited warnet yang harganya hampir 2 kali lipat dari paket office. Perbedaan paket unlimited office dan warnet bisa Anda baca di sini : Beda Paket Speedy WARNET dan Unlimited Biasa.

Perlu saya sampaikan bahwa evaluasi ini bukanlah IKLAN atau PROMOSI tapi hanya sekedar pengalaman saya untuk menambah wacana bagi para pengguna telkom speedy.

Menurut saya pribadi, produk telkom speedy paket unlimited office ini bukan produk yang terbaik, masih memiliki kelemahan-kelemahan sebagaimana produk-produk yang lain. Harapan saya semoga telkom bisa meningkatkan kualitas dari paket unlimited  ini, khususnya speedy office baik dari segi kestabilan dan juga kecepatan meski dengan biaya yang murah.

Saya juga masih melakukan pencarian ISP yang memberikan jasa sejenis, sejauh ini masih telkom speedy unlimited office yang terjangkau bagi saya dan kantor adek saya. Untuk sementara, telkom speedy menjadi ISP primer dan saya juga menggunakan ISP dari Jogja Media Net sebagai ISP skunder (Kecepatan akses dibawah 128 Kbps atau 16 KB/s, dan sangat tidak stabil).

Saya sudah mencoba paket unlimited IM2 Broom, sayangnya paket itu tidak memberikan IP statik dan juga sama-sama tidak stabil. Ada tawaran untuk menggunakan Wave Lan, tapi kompensasi pembuatan tower dan langganan per bulannya sangat mahal berkisar lebih dari 2 juta.

Mungkin ada yang tahu produk seperti telkom speedy unlimited office namun lebih baik dalam kualitas dan juga dengan harga terjangkau?

Tags: , , , ,

Mood : Biasa emoticon

10 Responses :


1. yogie Says:

betul itu…. sy juga pke speedy office… klo kata saya sie udh bagus tp temen2 satu kosan saya itu lho yg suka protes katanya terlalu lemot lah atau apalah yg lain…



2. Teguh Aditya Says:

kenapa ya.. spee di skarang sering RTO (Request Time Out)



3. Ericova Says:

wah susah neh mas pasang lagi bis putus taun lalu padahal..



4. Hermanto Iriawan Says:

sejauh ini sy ngetes, kecepatan Speedy sdh cukup oke, mudah-mudahan Telkom bs tetap mempertahankan kualitasnya. http://www.pitalebar.blogspot.com



5. fuad Says:

Evaluasi di atas BETUL SEKALI.

Beberapa bulan ini kami merasakan hal yang sama, hampir setiap jam kerja koneksi speedy kami drop. Sehinga apabila kami menghendaki akan melakukan download atau upload kami pilih waktu sore hari atau malam, karna pada jam-jam itulah koneksi speedy kami terasa seperti pesawat wuuzzz.Thanks Salam Kenal.



6. noname Says:

Saya juga pakai paket office unlimited, awalnya sering bulan lalu sering sekali DC ataupun RTO, tapi setelah saya coba pakai Simple DNS dan DNS servernya pakai milik OPENDNS, stabilitasnya menjadi jauh lebih baik dan RTO sudah sangat jarang terjadi.



7. fauzul Says:

fastnet aja 384 kbps cukup kok murah lg kalo yg mirip2x ama speedy office pake 768 aja harganya jauh loh…
BUKAN IKLAN sy kok agak kesel ya, prusahan pemerintah kok tidak membantu rakyat malah memeras rakyat…



8. Abraham Says:

Sebagai pengguna internet di indonesia, saya juga tidak pernah menemukan provider yang mampu memberikan kualitas prima.
Jadi saya juga sependapat dengan pernyataan diatas.
Salah satu hal mungkin disebabkan oleh jalur internasional yang harganya tidak murah. Ada baiknya jika pembangunan instalasi jaringan menggunkan sistem “gotong-royong”. Sehingga semua provider dapat berdiri sendiri, minimal akan banyak perusahaan raksasa yang bersaing di Indonesia.



9. Nadiri Says:

kecepatan Speedy masih oke koq, bahkan setelah pindah ke paket Multi Speed, sementara ini ga ada pemotongan kecepatan setelah kuota 3 GB. bisa dibaca di blog k-4-s.info : Optimalkan Koneksi Speedy Unlimited. Semoga bermanfaat.



10. jujuk Says:

speedy mengecewakan mending first media-lah



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

29q. 0.092s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia