pakupaku

Wednesday, 15.10.2008 [ Human Health ]

Saya masih ingat ketika teman saya dulu mencari psikolog untuk membantu dirinya keluar dari depresi. Saat itu memang layanan konsultasi psikologi masih terbatas sehingga saya menyarankan dia untuk datang ke Unit Konsultasi Psikologi UGM, atau ke GMC Health Center atau ke rumah sakit. Meski demikian teman saya itu masih ragu-ragu dengan alasan takut biayanya mahal.

Saat ini, alasan-alasan seperti itu mulai hilang, karena layanan psikologi mulai mudah diakses dengan biaya yang terjangkau, salah satunya dengan adanya Layanan Konsultasi Psikologi di 24  Puskesmas wilayah Kab. Sleman. Layanan tersebut mulai dirintis pada tahun 2006 oleh Fakultas Psikologi UGM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Sleman. Hal tersebut didorong adanya kesadaran bahwa kesehatan manusia seutuhnya tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental dan sosial yang saling berkaitan satu sama lain.

Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat tersebar di seluruh kecamatan Kab. Sleman sehingga mudah diakses, begitu pula biaya layanan konsultasi psikologi yang sangat murah yaitu Rp 11.250,- (tanpa rujukan dokter), atau Rp 3.400,- (dengan rujukan dokter). Para pemegang ASKES dan JAMKESMAS (Gakin, Askin) pun dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan cuma-cuma (Gratis). Jadi kesan bahwa jasa layanan konsultasi psikologi yang tak murah dan juga tak terjangkau rakyat kecil terbantahkan.

Read the rest of this entry »


Posted by Kenz at 0:12 on Catatan Hanging | 16 Comments |
Saturday, 05.05.2007 [ Human Health ]

Sudah sebulan saya sakit batuk tidak kunjung sembuh, malah sekarang tambah parah karena saya terkena pilek berat. Lengkap sudah penyakit saya, badan sakit semua, mata perih karena bawaan penyakit CVS yang belum juga sembuh, belum lagi modem internet saya juga mati… oalaaah… cyaaapeeee de…..

Sayang, saya tidak berhak lagi berobat di GMC dan mendapatkan obat gratis seperti yang lalu-lalu. Akhirnya saya membeli obat batuk di IndoMaret dekat rumah saya. Obat Batuk Hitam (OBH COMBI) rasa cengkeh dengan harga sekitar 4000an rupiah.

Meskipun rajin minum obat batuk itu, delalah.. kok yo… tetap batuk ya… malah penyakitnya nambah, jadi pusing, dan sakit perut. Lalu saya perhatikan saat-saat saya sakit perut, ternyata setelah dipelajari, sakit perut mulai terjadi setelah minum obat batuk ini. Apa saya gak cocok dengan rasa cengkehnya? atau karena apa, saya juga tidak tahu persisnya?

Saya lihat tanggal kedaluwarsanya, kemudian saya usap-usap dengan tangan, lho kok.. tanggal kedaluwarsanya mudah memudar. Huh sial! Obat Batuk Palsu !!!!

Obat Batuk Palsu?

Read the rest of this entry »


Posted by Kenz at 0:30 on Catatan Hanging | 90 Comments |
Monday, 12.02.2007 [ Human Health ]

Selama seminggu lalu saya sakit perut dengan disertai diare yang berkepanjangan. Obat-obat semacam entrostop, diapet dan lain-lain tidak mengurangi gejala penyakit ini. Beruntung sekali bahwa saya masih memegang kartu GMC Mahasiswa UGM, sehingga saya bisa berobat secara gratis di klinik GMC Health Center yang terletak di belakang Gelanggang UGM, atau samping Koperasi Mahasiswa (Kopma) UGM yang lama.

gmc-health-center.jpg
[GoogleEarth 7°46'29.38"S - 110°22'31.03"E]

gmc-klinik-front.jpg

Menurut brosur yang pernah saya baca, GMC Health Center merupakan suatu badan pengelola santunan kesehatan civitas akademik UGM yang bersifat not for profit. Jadi bisa dikatakan semacam badan pengelola ASKES (Asuransi Kesehatan) yang diperuntukkan bagi civitas akademik UGM mulai dari mahasiswa, karyawan dan dosen. Saya sebagai Mahasiswa UGM secara default menjadi peserta GMC dengan membayar uang iuran sekitar tiga puluh ribu rupiah per semester ketika melakukan registrasi pada awal semester. Mahasiswa yang telah membayar iuran tersebut akan mendapat kartu GMC sebagai tanda peserta asuransi kesehatan ini.
Read the rest of this entry »


Posted by Kenz at 14:16 on Catatan Hanging | 18 Comments |
Friday, 24.11.2006 [ Human Health ]

Seminggu yang lalu teman blogger saya menceritakan pengalamannya ketika keracunan makanan di blognya. Saya sendiri sudah berkali-kali mengalami keracunan makanan. Saya kira kejadian tersebut bukan suatu kejadian luar biasa dan bisa saja terjadi pada semua orang. Apalagi pengawasan mutu makanan dan kesadaran masyarakat untuk menyajikan makanan yang baik dan sehat di negeri ini masih sangat kurang.

Berbagai makanan yang sudah kedaluwarsa masih saja dijual bebas di toko-toko dan swalayan, belum lagi makanan-makanan yang dicampur dengan berbagai zat kimia yang berbahaya. Terkadang saya tak habis pikir ketika suatu kali saya disajikan jus mangga yang rasanya begitu aneh, setelah saya lihat langsung ke dapur warung barulah saya tahu mangganya sudah busuk. Tanpa rasa bersalah mereka menyajikan makanan yang tidak sehat untuk pelanggannya. Masih ingat dengan tayangan investigasi pembuatan saos dari cabe busuk tempo hari di televisi?

Sebenarnya hal yang lebih penting untuk menghindari makanan yang tidak sehat juga berasal dari diri kita sendiri. Saya pribadi terkadang menyepelekan masalah ini dengan memakan makanan sembarangan tanpa memperhatikan tanggal kedaluwarsa ataupun kondisi makanan.

Pengalaman keracunan pertama yaitu ketika makan mie instan beberapa tahun yang lalu di asrama Muntilan. Begitu laparnya saya sehingga tidak memperhatikan kemasan mie instan tersebut telah rusak. Sesaat setelah makan, badan terasa dingin, perut mulai mual dan kepala pusing-pusing. Pada waktu itu saya belum sadar kalau saya sedang mengalami gejala keracunan. Untunglah seorang teman saya membuatkan segelas susu dan menyuruh saya meminumnya sampai habis. Entah bagaimana tiba-tiba terjadi reaksi di perut saya sehingga saya muntah-muntah dan beberapa jam kemudian kondisi badan saya sudah membaik.

Read the rest of this entry »


Posted by Kenz at 0:07 on Catatan Hanging | 28 Comments |
Wednesday, 19.07.2006 [ Human Health ]

Pemanasan global sedang melanda seluruh dunia saat ini dari mulai perang di Timur Tengah sampai bencana alam di beberapa bagian dunia. Pikiran pun jadi semakin panas ketika mendengar berita-berita yang memancing emosi, belum lagi memikirkan pekerjaan yang tak kunjung selesai, tugas yang menumpuk dan berbagai hal lainnya.

Akhir-akhir ini saya merasakan pikiran saya ‘semrawut’ yang pada akhirnya membuat fisik juga menjadi kelelahan dan sakit-sakitan. 12-15 jam di depan komputer membuat tulang belakang terasa pegal dan sakit, suhu tubuh juga semakin kacau, kadang panas kadang dingin sekali.

Sampai pada akhirnya saya diajak oleh teman saya tersayang untuk merasakan terapi pijat Giok di suatu tempat kota ini. Begitu masuk ke dalam ruangan saya melihat tiga buah tempat khusus berbentuk tabung berwarna putih. Saya dipersilahkan untuk mengganti pakaian saya dengan sepasang pakaian training yang berwarna putih. Lalu saya membaringkan diri di tempat tersebut dan operator menanyakan apakah saya ingin panas atau biasa saja. Saya memilih panas, meski saya tidak tahu bagaimana rasanya nanti.

Read the rest of this entry »


Posted by Kenz at 7:43 on Catatan Hanging | 23 Comments |


pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 14824 days
Emotional
43.4%
Bioritme Status
Physical
-13.6%
Bioritme Status
Intellectual
97.2%
Bioritme Status

SideNotes
November 20th 2015
Susu Almond Adele
Susu Almond Terbaik dan Terenak se-Jogja.

January 1st 2012
Fakultas Psikologi UGM
Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

January 1st 2012
UKP Psikologi UGM
Unit Konsultasi Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

More SideNotes »




Shout Box
Nama :
Email :
URL Blog :
Message :
NID

Recent Comments
May 17, 2017
1105 days 16 hours
Hiatus
Sudah 11 tahun dari post ini dibuat, semoga abang tetap sehat disana by Nianovi

November 17, 2015
1652 days 7 hours
45 Butir Pengamalan Pancasila
Panjang banget,,,karna besok maju depan kelas buat ngapalin,,,aku nya harus ekstra buat ngapalin butir2pancasila,,,strong✊ by allen deraci

November 8, 2015
1661 days 17 hours
Mengurus STNK yang Hilang
waduh agak ribet juga ya,….. gimana nih, BPKB blm keluar, by Id Info

December 20, 2012
2714 days 7 hours
Jika Bertemu Ular Di Rumah
tolong dong ! tadi pagi ada anak ular kobra di halaman depan rumah. tp udh gtw ilang. trus, kan manggil pawang. katanya, gpp, nanti kl balik lg... by aaa

December 17, 2012
2717 days 21 hours
Makanan Untuk Mocha Mochi dan Mochu (Kura-Kura Brasil)
AQ jg px KKB skrang masih kecil,,nmax Tsuna ma Natsu,,kasian natsu ada benjolan putih” gt d tubuhnya..... by Tita Hinata


Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

23q. 0.084s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia